Inilah Ibu Kota Norwegia dan Kota-Kota di Norway yang Terkenal

Ibu Kota Norwegia – Norwegia adalah salah satu negara yang terkenal dengan keindahan alamnya, dengan deretan pegunungan yang indah, serta fjord dan danau yang menakjubkan. Negara yang berada di Eropa Utara ini berbatasan dengan Denmark, Finlandia, Rusia, dan Swedia.

Ibu kota Norwegia terletak di Oslo, yang juga menjadi kota di Norway yang terbesar. Dengan luas wilayah sekitar 323.802 km persegi, Norwegia memiliki kota-kota yang menawarkan perpaduan antara modern dan tradisional, termasuk troll atau Viking, serta sejumlah atraksi dan kegiatan lain yang tentunya membuat setiap orang yang mendatangi kota-kota di Norway ini akan takjub.

Inilah 6 Kota di Norwegia yang Terkenal

1. Oslo

Oslo adalah ibu kota Norwegia sekaligus menjadi kota terbesar di Norwegia dengan jumlah penduduk sekitar 600.000 jiwa. Kota di Norway ini berada di Oslo Fjord yang terkenal keindahannya dengan garis pantai luas. Oslo dikelilingi oleh perbukitan dan hutan, yang membuat pemandangan kota ini menjadi indah.

Ibu kota Norwegia ini selain menjadi pusat ekonomi dan administrasi Norwegia, juga menjadi pusat perdagangan, perbankan, serta industri Norwegia. Kota di Norway ini menjadi sebuah kota percontohan Dewan Eropa dan European Commission Intercultural Cities Programme.

Oslo mendapat julukan “the land of midnight sun” karena memiliki siang hari yang bervariasi, bahkan pada musim panas matahari masih bersinar hingga malam hari. Kota di Norway ini menawarkan banyak tempat wisata dengan kehidupan budaya yang berkembang. Terdapat istana kerajaan, museum-museum, dan juga tempat ski jumping yang populer.

2. Bergen

Bergen adalah kota terbesar kedua di Norwegia dengan jumlah penduduk sekitar 270.000 jiwa. Kota Bergen didirikan pada tahun 1070 oleh Raja Olav Kyrre dan kota ini pernah menjadi ibu kota Norwegia pada abad ke-13. Kota di Norway ini berada di antara 7 gunung dan 7 fjord, salah satunya adalah Gunung Ulriken dengan ketinggian 624 m.

Itu sebabnya kota di Norway ini mendapat julukan ‘the city between seven mountains’. Kota Bergen saat ini menjadi pusat penting untuk industri perkapalan dan minyak, industri pengolahan makanan, serta pendidikan tinggi. Kota Bergen memiliki suasana yang menyenangkan dengan adanya kehidupan malam dan panggung musiknya yang meriah.

Bangunan-bangunan kota yang berwarna cerah menambah semarak kota di Norway ini. Para turis bisa mengunjungi museum-museum seni, menaiki perahu dan mengelilingi fjord terdekat, ataupun bisa juga mendaki gunung yang ada di sekitar kota ini.

3. Alesund

Alesund merupakan kota di Norway yang didirikan pada abad ke-19. Kota ini pernah mengalami kebakaran yang menyebabkan sekitar 850 rumah terbakar dan membuat lebih dari 10.000 penduduk kehilangan tempat tinggal mereka.

Namun, kota ini segera dibangun kembali dengan gaya Art Nouveau, gaya arsitektur yang baru dan unik pada masa itu. Alesand juga dikenal sebagai ‘Venice of the North’, ini karena Alesand terdiri dari tujuh pulau yang semuanya terhubung baik oleh jembatan atau terowongan.

Dengan populasi sekitar 50.000 penduduk, kota pesisir ini menjadi salah satu pelabuhan dengan pengiriman Klipfish terbesar di dunia. Setiap tahun, kota Norway ini menjadi tuan rumah Festival Makanan Norwegia yang menarik banyak pecinta makanan.

4. Stavanger

Stavanger adalah kota terbesar ke-4 di Norwegia dengan populasi sekitar 130.000 penduduk. Selain memiliki keindahan alam yang bervariasi berupa gunung, fjord, dan pantai, di kota Norway ini juga terdapat ‘Old Stavanger’ yang terdiri dari 173 rumah kayu yang terdaftar dan dipugar.

Dengan salah satu koleksi rumah kayu terbaik di Eropa Utara tersebut, kota ini menerima beberapa penghargaan. Museum paling populer di kota Norwegia ini adalah Norwegian Petroleum Museum, yang merupakan satu-satunya museum perminyakan di Eropa. Stavanger menjadi pusat administrasi penting untuk kegiatan industri perminyakan Norwegia.

5. Trondheim

Trondheim merupakan salah satu kota tertua di Norwegia yang dibangun lebih dari 1000 tahun yang lalu. Kota di Norway ini adalah ibu kota Norwegia yang pertama. Trondheim terletak di Trondheimsfjord dengan dikelilingi oleh bukit-bukit berhutan yang indah dan sungai Nidelva yang melintasi kota.

Di kota ini terdapat katedral abad pertengahan yang berasal dari abad ke-11, yaitu Katedral Nidaros. Pengunjung dapat menjelajahi semua lanskap Norwegia yang indah berupa bukit-bukit, hutan, saluran air, bangunan yang berwarna-warni, museum, restoran-restoran, kafe-kafe, warisan budaya berupa seni kontemporer, dan panggung musik.

6. Tromsø

Tromsø adalah kota terbesar di utara Lingkaran Arktik di negara-negara Nordik. Kota ini terletak di ujung utara Norwegia , di sebuah pulau di tengah-tengah fjord biru dan pegunungan yang tertutup salju. Kota ini terkenal dengan sebutan ‘the Northern Lights’ dan ‘the Midnight Sun’.

Di kota ini Midnight Sun terlihat dari sekitar. 21 Mei hingga sekitar. 21 Juli. Antara 21 November dan 21 Januari. Selain pemandangan yang indah, pengunjung dapat menemukan banyak olahraga musim dingin dan perjalanan ke Kutub Utara.

Leave a comment