Mengenal Google Ads Express Beserta Tips Menggunakan Google Adwords Express

Google Ads Express – Bisnis di era digital saat ini semakin berkembang pesat baik melalui media sosial maupun iklan di platform Google. Aplikasi dan platform-platform yang bisa diakses dengan mudah baik melalui PC/laptop dan smartphone ini tentu sangat membantu banyak para pelaku bisnis. Bagaimanapun juga promosi dan iklan menjadi salah satu faktor penting yang mendukung kesuksesan bisnis yang sedang dijalani.

Google Ads Express adalah salah satu platform yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan bisnis. Semakin banyak iklan yang dipromosikan melalui platform seperti itu, maka semakin meningkatkan kemungkinan naiknya omzet penjualan Anda.

Google sebagai salah satu perusahaan mesin pencari yang paling besar di dunia ini memanfaatkan peluang tersebut untuk menyediakan platform iklan bagi yang membutuhkan. Platform baru Google Adwords Express ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengiklankan produk Anda.

Apa Itu Google Ads Express?

Google Adwords Express tidak sama dengan generasi sebelumnya Google Adwords biasa. Platform ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat Adword lebih efektif agar traffic serta lead untuk semua bisnis bisa lebih meningkat.
Google Ads Expres sendiri merupakan Google Adwords yang dirancang dengan versi yang lebih simple (PPC ads/pencarian ads yang berbayar). Agar bisa bekerja secara efektif dan efisien, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Platform ini sangat cocok digunakan para pebisnis lokal kecil yang kekurangan waktu untuk merancang strategi marketing. Pada dasarnya platform ini lebih mudah digunakan karena memiliki panduan untuk proses set-up agar lebih cepat dibangun dan dijalankan dengan ads berbayar di Google.
Buat Anda yang ingin lebih mudah menargetkan calon pelanggan yang potensial berdasarkan minat, bahasa, dan lokasi hanya dalam 3 klik dan dipasang secara live di bawah 5 menit maka platform ini adalah pilihan yang tepat.

Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Google Adwords Express (AWE)

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan Google Adword Express, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Miliki akun Google My Business

Jika Anda ingin menggunakan Google Adwords Express, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar akun Google My Business. Setelah itu, Anda cukup membuat campaign dengan memilih profil bisnis Google My Business dan membuat ads pada campaign tersebut. Untuk melihat data view, klik, dan keyword, Anda bisa mengklik dashboard AWE yang terdapat pada dashboard GMB.

2. Tempat munculnya iklan Adwords Express

Iklan yang Anda pasang melalui Google Adwords Express bisa muncul pada halaman Google Maps, Google Search, dan seluruh jaringan situs partner Google. Iklan yang bisa Anda lihat akan terlihat sama dengan iklan Adwords biasa.

3. Minimum budget dan durasi untuk Google Adwords Express

Budget yang harus dikeluarkan untuk menggunakan AWE ini tergolong cukup murah dan sangat terjangkau. Biaya minimumnya berkisar $1.5/hari atau Rp 19.000,00 per hari. Anda bisa memilih budget yang Anda inginkan dan secara otomatis Google akan menampilkan iklan tersebut setiap hari sampai menyentuh angka budget yang telah Anda tentukan.

Keuntungan lainnya, Google Adwords Express memberikan panduan agar Anda bisa mengetahui aktivitas pesaing dan ukuran maksimum target market Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Google Adwords Express

Meskipun terbilang sangat efektif untuk mempromosikan produk dari bisnis yang Anda jalani, Google Adwords Express tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan Google Adwords Express yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

• Dapat dimulai dengan mudah dan cepat
• Bisa di-manage dengan mudah dan simple
• Bisa menjadi masukan pay per clic (PPC) yang tepat untuk UKM (Usaha Kecil Menengah)

Sedangkan kekurangan Google Adwords Express di antaranya adalah:

• Maksium radius untuk target pengguna hanya 40 mil
• Tidak bisa memilih lokasi berdasarkan keyword
• Return on Investment (ROI) kurang bagus dan terkesan hanya buang-buang budget
• Jaringan mitra yang disebar iklannya memiliki kualitas rendah
• Peluang untuk mencocokkan keyword terbatas

Tips Menggunakan Google Adwords Express

Beberapa kekurangan yang dimiliki Google Ads Express memang membuat feedback platform ini kurang bagus apalagi berkaitan dengan kembalinya modal (ROI). Bagaimanapun juga, Google Ads Express sengaja didesain untuk memudahkan pemilik bisnis dengan fitur yang lebih sederhana. Hal ini pun akhirnya berdampak pada Return on Investment yang cukup sulit untuk didapatkan apalagi dalam waktu cepat.

Tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa menerapkan Google Ads Express dengan baik, di antaranya adalah:

1. Baca semua panduan yang disediakan Google Adwords Express

Panduan yang disediakan Google untuk platform ini terbilang sangat ringkas dan membantu sekali terutama bagi pengguna pemula. Dengan investasi ilmu terlebih dahulu, promosi bisnis Anda akan terbantu lebih banyak.

2. Jadikan ‘Pro’ dengan membatasi pengeluaran

Uang yang harus dikeluarkan untuk AWE agar lebih maksimal memang harus lebih banyak dan AWE ini sangat cocok untuk bisnis dengan pengeluaran kurang dari 6 juta untuk PPC per bulan. Jika Anda merasa tidak efektif, coba beralih dengan menggunakan Adwords reguler dan rekrut pekerja profesional untuk mengoptimalkan campaign yang Anda buat melalui AWE.

3. Menghubungkan akun AWE dengan akun Google Analytics

Tujuan menghubungkan AWE dengan Google Analytics adalah untuk melihat kunjungan situs dan konversi yang dihasilkan iklan yang Anda pasang di AWE. Sehingga Anda bisa melihat bagaimana kinerja Google Adwords Express terhadap iklan yang Anda tayangkan.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, tidak ada salahnya mencoba menggunakan Google Adwords Express untuk promosi bisnis Anda. Jika hasilnya memuaskan Anda bisa melanjutkan promosi melalui platform ini. AWE sendiri sudah tersebar di berbagai negara di dunia termasuk Google Ads Indonesia.

Leave a comment