6 Jenis Game Belajar Bahasa Inggris untuk Anak – Anak dan Dewasa

Games Bahasa Inggris – Belajar dari buku terus-menerus bisa membuat kita mudah bosan. Bermain sambil belajar tentu menyenangkan. Salah satu cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan adalah bermain sebuah games.

Ada banyak games bahasa Inggris yang memungkinkan kamu untuk belajar bahasa Inggris sambil bermain, mulai dari games yang dimainkan dengan aplikasi hingga games yang dimainkan secara berkelompok dengan teman lainnya.

Game bahasa Inggris ini bukan hanya untuk anak-anak saja lho, tetapi ada juga game bahasa Inggris untuk orang dewasa. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris atau sedang mempersiapkan TOEFL, ada banyak permainan pembelajaran bahasa Inggris yang berkualitas dan menyenangkan.

6 Jenis Game Belajar Bahasa Inggris untuk Anak –Anak dan Dewasa

1. Alphabet Fun

Alphabet fun merupakan aplikasi games bahasa Inggris untuk anak-anak antara usia 3-5 tahun. Game belajar bahasa Inggris ini mengajak anak-anak untuk mengenal huruf alfabet dalam bahasa Inggris. Di dalam aplikasi games bahasa Inggris ini ada 70 gambar berwarna dan beragam jenis huruf yang berukuran cukup besar.
Selain bisa membantu anak-anak belajar tentang huruf, aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio pronounciation pada tiap huruf, sehingga anak-anak dapat belajar pengucapannya.

2. Kids Learn English

Kids Learn English merupakan aplikasi games bahasa Inggris yang berisi 30 jenis permainan bahasa Inggris. Game belajar bahasa Inggris ini menyediakan laporan progres belajar yang unik dalam bentuk animasi taman. Dengan sering bermain dan belajar bahasa Inggris, maka taman mereka bisa semakin subur dan berbunga.

3. Market Game

Market game merupakan games bahasa Inggris yang pesertanya harus membuat komposisi kalimat yang baik. Cara memainkan games bahasa Inggris ini adalah berilah satu kalimat pertama yang berhubungan dengan kegiatan berbelanja di pasar.

Kemudian setiap peserta yang memberikan kalimat, perhatikan apakah susunan grammar, penguasaan kosakata, dan pronounciationnya sudah benar. Nah, melalui games bahasa Inggris ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris dan saling mengoreksi bersama teman.

4. Hide and Seek

Games bahasa Inggris bernama hide and seek dapat melatih penggunaan preposisi dalam bahasa Inggris. Cara memainkan games bahasa Inggris ini yaitu salah satu peserta meninggalkan kelas atau ruangan. Kemudian peserta peserta yang lainnya bertugas menyembunyikan barang. Selanjutnya, peserta yang keluar tadi diminta untuk menemukan lokasi benda-benda yang disembunyikan dengan memberikan pertanyaan.

5. Hangman

Hangman adalah game ejaan klasik yang dikenal di banyak negara berbahasa Inggris. Game bahasa Inggris ini adalah game “satu lawan grup” di mana satu orang berhadapan melawan sekelompok orang. Peralatan yang digunakan yaitu papan tulis atau selembar kertas, kapur tulis, spidol, atau pena.

Cara bermain game belajar bahasa Inggris ini yaitu satu orang, yang kita sebut “pemilih”, memilih kata misteri dan menuliskan di papan tulis menggunakan garis putus-putus untuk menunjukkan jumlah hurufnya.

Orang-orang dalam kelompok kemudian bergiliran menebak huruf yang ditentukan, yang ada di papan tulis. Untuk setiap tebakan huruf yang salah, pemilih memilih menggambar orang yang digantung (hanging man).

Untuk setiap tebakan yang benar, pemilih mengisi huruf-huruf yang hilang di mana pun kata itu muncul. Permainan berakhir ketika salah satu kata misteri ditebak (dalam hal ini kelompok menang) atau ketika hanging man selesai (dalam hal mana pemilih menang).

6. Simon Says

Simon says merupakan game bahasa Inggris untuk anak-anak dan semua umur yang bisa meningkatkan kemampuan listening dan vocabulary. Cara bermain game belajar bahasa Inggris ini dengan mengumpulkan beberapa pemain dan membentuk lingkaran besar.

Kemudian piih 1 instruktur untuk berada di tengah lingkaran. Instruktur memberikan perintah dalam bahasa Inggris yang perintahnya harus diperhatikan para pemain. Contoh perintahnya, misalnya “Simon says hold your nose”. Maka semua pemain harus memegang hidung sesuai perintah yang diberikan instruktur.

Pemain yang tidak mengikuti perintah instruktur dengan benar, maka ia akan mendapatkan hukuman. Hukuman untuk pemain yang salah dalam mengikuti perintah, bisa menggantikan instruktur atau bisa juga diberikan hukuman sesuai kesepakatan pemain lainnya.

Leave a comment