Kerja Ringan Menjadi FSJ di Jerman

FSJ di Jerman – Bukan hanya wisatawan liburan ataupun bisnis, jerman kini juga banyak didatangi oleh anak-anak muda yang ingin bekerja ringan. Bekerja ringan artinya lebih banyak waktu untuk libur ketimbang bekerja itu sendiri.

Pekerjaan ringan yang diincar oleh anak-anak muda, termasuk beberapa remaja Indonesia, adalah seperti Au Pair yang berkonsep mengikuti keluarga asuh di Jerman dan membantu pekerjaan rumah.

Selain Aupair, lowongan pekerjaan di Jerman yang banyak membutuhkan tenaga dari luar Jerman adalah Freiwilliges Soziales Jahr(FSJ Jerman, FSJ di Jerman).

Freiwilliges Soziales Jahr adalah sebuah jenis pekerjaan yang lebih mirip dengan kerja sosial, volunteer, atau sukarelawan. Meskipun begitu, para pekerja nantinya akan diberi gaji dan fasilitas-fasilitas yang tidak sedikit.

Jenis Freiwilliges Soziales Jahr

Sebenarnya ada banyak sekali cabang pekerjaan dari Freiwilliges Soziales Jahr ini. Namun, hingga saat ini hanya ada dua bidang pekerjaan yang dibuka untuk warga negara yang berasal dari luar Jerman.

Dua bidang pekerjaan(FSJ Jerman, FSJ di Jerman) yang dimaksud adalah merawat orang tua di panti jompo dan perawat khusus anak-anak disabilitas.

Syarat menjadi Freiwilliges Soziales Jahr

Untuk bekerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr, tidak banyak syarat rumit yang harus dipenuhi. Para remaja berusia 18 tahun hingga 26 tahun adalah pekerja yang diprioritaskan.

Selain itu, kandidat juga tidak harus merupakan lulusan sekolah perawat. Mahasiswa atau pelajar yang lulus dari pendidikan umum juga dapat mendaftar.

Syarat lain yang harus dipenuhi tentu adalah sertifikat percakapan bahasa Jerman, setidaknya pada level B2.

Fasilitas yang didapatkan

Pekerjaan Freiwilliges Soziales Jahr dapat dikatakan sebagai pekerjaan gratis. Kandidat yang melamar secara praktis dapat dikatakan tidak akan mengeluarkan uang. Hal itu karena semuanya akan ditanggung oleh perusahaan atau tempat bekerja.

Selain tempat tinggal yang berada di luar panti, kebutuhan sehari-hari juga akan ditanggung oleh tempat kerja.

Nantinya, pekerja Freiwilliges Soziales Jahr akan mendapatkan sebuah kartu identitas khusus yang dapat digunakan untuk masuk museum atau pun mengikuti seminar-seminar tertentu.

Karena memang terhitung bekerja, setiap bulan akan ada gaji sekitar 500 euro. Kita juga akan dibebaskan untuk membayar asuransi kesehatan.

Tugas pekerja Freiwilliges Soziales Jahr

Meskipun bekerja seperti sukarelawan di Panti jumbo atau taman anak-anak disabilitas, nantinya seorang pekerja Freiwilliges Soziales Jahr hanya akan menemani atau mengurusi hal-hal ringan. Artinya, tidak akan melakukan hal-hal yang dilakukan oleh pembantu rumah tangga atau petugas kebersihan.

Meskipun begitu, kemungkinan penyelewengan tenaga kerja tetap bisa terjadi. Oleh karena itu kita harus benar-benar memperhatikan penyalur pekerjaan.

Keuntungan mengikuti Freiwilliges Soziales Jahr

Kebanyakan anak-anak muda yang mengikuti program kerja ini adalah anak-anak muda yang akan mempersiapkan kuliah di tahun depan.

Mereka mengikuti Freiwilliges Soziales Jahr ini untuk memperoleh pengalaman budaya dan mempertajam kemampuan bahasa Jerman. Hal itu memang sangat mungkin dilakukan karena pekerja Freiwilliges Soziales Jahr hanya akan bekerja sekitar 40 jam setiap minggu.

Beberapa orang yang sudah pernah mengikuti Freiwilliges Soziales Jahr ini juga mengaku mendapat pembelajaran bahasa yang lebih baik ketimbang mengikuti program Au Pair. Itu karena kita akan menemui lebih banyak orang di Freiwilliges Soziales Jahr.

Kerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr juga tidak akan bersifat mengikat. Durasi pekerjaan ini biasanya hanya akan bertahan hingga 1 tahun atau 1,5 tahun. Oleh karena itu, jenis pekerjaan ini memang sangat cocok untuk kamu yang hanya akan tinggal sementara.

Perlu kamu ingat juga, bahwa pekerjaan Freiwilliges Soziales Jahr(FSJ Jerman, FSJ di Jerman) ini bukanlah pekerjaan yang dapat diandalkan mengenai jenjang karir.

Itulah tadi ulasan mengenai Freiwilliges Soziales Jahr(FSJ Jerman, FSJ di Jerman). Untuk memperoleh informasi lebih jelas mengenai topik serupa, kamu dapat membuka website virtueducation.org

Leave a comment