Fakta Jerman dari Produksi Buku hingga Fanta

Fakta Jerman – Salah satu negara yang paling diperhatikan oleh dunia dari wilayah Eropa adalah Jerman. Negara yang awalnya merupakan prakarsa kerajaan Prusia ini diketahui memiliki kemajuan di berbagai bidang setelah peradaban panjang yang dilalui.

Salah satu fakta Jerman yang menarik adalah dunia sepak bolanya yang cukup terkenal di kalangan pecinta olahraga. Selain itu, negara federal Jerman juga memiliki banyak sekali fakta-fakta menarik.

Nah, berikut ini adalah fakta Jerman yang telah kami rangkum untuk menambah pengetahuan kamu semuanya.

1. Negara yang memiliki banyak nama

Nama Jerman sendiri sebenarnya hanya diucapkan oleh bangsa Indonesia. Nama tersebut berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Germany”. Bangsa Jerman sendiri menyebut negaranya yang berdiri karena kesamaan bahasa ini sebagai Deutschland.

Negara-negara di wilayah Skandinavia menyebut negara yang pernah terpecah menjadi dua blok ini sebagai Tyskland. Sementara itu, bangsa Spanyol, Arab, Swiss, Perancis, Australia, dan beberapa yang lainnya menyebut Jerman sebagai Allemania.

Selain itu, ada sebutan-sebutan lain seperti bangsa Filandia yang menyebut Jerman sebagai Saksa, Italia yang menyebut Tedesco, Polandia yang menyebut Niemcy, dan yang lainnya.

2. Penduduk terpadat di Eropa

fakta Jerman menyebutkan bawah negara ini tidak memiliki wilayah yang sangat luas. Jika digambarkan, maka seluruh wilayahnya hanya parah dengan 2 kali Pulau Jawa. Namun, dengan sekitar 82 juta penduduk yang menempati daerah ini, Jerman dikatakan sebagai wilayah terpadat di Eropa.

Dengan banyaknya orang yang bermukim, tidak heran apabila fakta Jerman menjadi negara dengan banyak sekali nama jalan dan jembatan. Jumlah jembatan di Jerman lebih banyak ketimbang yang ada di Venesia si negara jembatan.

Uniknya, kebanyakan penduduk di Jerman merupakan seorang imigran. Oleh karena itu juga, Jerman menjadi negara ketiga perbanyak yang dimasuki oleh imigran.

3. Memiliki 35 dialek bahasa

Pada sekitar tahun 1815, Kerajaan Prusia mengawali Konfederasi Jerman atau negara yang bergabung karena kesamaan-kesamaan tertentu, dalam hari ini kesamaan bahasa. Oleh sebab itu, banyak negara bagian yang menggunakan bahasa deutsch bersatu menjadi Jerman.

Bahasa deutsch yang digunakan oleh masyarakat di beberapa wilayah tentunya tidak sama persis. Melainkan, ada banyak sekali dialek yang digunakan oleh masyarakat di sana, setidaknya ada 35 dialek.

4. Negara yang menghasilkan buku paling banyak

Jerman memang tidak memiliki gelar sebagai negara buku. Namun, faktanya di negara inilah buku pertama kali dicetak. Bahkan, hingga kini negara Jerman masih menjadi negara yang paling banyak mengeluarkan judul buku tiap tahunnya, sekitar 94 ribu judul buku/ tahun.

Selain buku, sejarah majalah juga pertama kali dicetak di Jerman.

5. Masyarakat Jerman mengonsumsi roti dan bir

Sejak dulu, Jerman memang dikenal sebagai negara yang menghasilkan roti berkualitas untuk seluruh daratan Eropa. Salah satu produk roti yang paling terkenal dan menjadi ciri khas Eropa adalah roti pita.

Di negara ini juga diproduksi banyak sekali sosis. Hingga kini, tercatat lebih dari 1000 jenis sosis yang pernah diproduksi oleh masyarakat Jerman.

Makanan tersebut selalu disajikan bersama minuman bir. Ada lebih dari 1500 jenis bir yang pernah diproduksi oleh Jerman, khususnya di daerah Munchen, Bavaria. Dengan melimpahnya bir yang diproduksi setiap tahun, mereka bahkan membuat sebuah festival minum bir gratis yang bernama Oktofest.

Orang-orang di bavaria bahkan menganggap diri sebagai makanan pokok dan mengonsumsinya di setiap kali kesempatan, bahkan ketika sarapan.

Kamu yang tidak menyukai minuman-minuman beralkohol tetap bisa menikmati produk hasil buatan masyarakat Jerman. Karena fakta Jerman menyebutkan bahwa Fanta merupakan minuman yang dihasilkan oleh masyarakat Jerman.

Dahulu, orang-orang Jerman berusaha membuat tiruan minuman Cola menggunakan sari sari apel yang mereka miliki. Tak tahunya, minuman tiruan tersebut justru menjadi pesaing Cola dan telah diminum oleh lebih dari 130 juta orang setiap harinya di seluruh dunia hari ini.

6. Negara yang menerapkan peraturan-peraturan unik

Jika kamu akan pindah ke Jerman untuk beberapa saat, sepertinya kamu memang harus beradaptasi ada beberapa peraturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sana.

Surat izin yang beredar di Jerman tidak hanya surat izin Mengemudi saja, melainkan hingga surat izin untuk memancing, surat izin untuk membuat pagar di sekeliling rumah apabila harus memotong pohon, dan beberapa yang lainnya.

Jalan tol yang cukup lengang juga membuat pengendara mobil di Jerman boleh memacu kecepatan maksimal kendaraannya. Namun, apabila kita kehabisan bensin ketika berada di dalam jalan tol, maka kita akan terkena denda dan penahanan SIM hingga 6 bulan lamanya.

Kehabisan bahan bakar kendaraan di dalam jalan tol disebutkan sebagai sebuah kelalaian pengendara.

Selain negara liberal, beberapa peraturan yang mengenai hak asasi manusia juga cukup unik diterapkan Jerman. Salah satunya adalah aturan yang menyebutkan bahwa tinggalkan melarikan diri dari penjara bukanlah sebuah tindakan kriminal.

Itulah tadi beberapa fakta Jerman yang menarik untuk diketahui. Untuk mendapatkan hal-hal menarik lainnya seputar Jerman, kamu dapat membuka website virtueducation.org

Leave a comment