Inilah Materi Dasar Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari

Dasar Bahasa Inggris – Di era globalisasi sekarang ini, tantangan setiap individu semakin besar di tengah informasi dan batas antar negara yang semakin terbuka lebar. Sehingga kemampuan menguasai bahasa internasional terutama bahasa Inggris sangat diperlukan untuk bisa menghadapi tantangan tersebut.

Selain mempelajarinya di sekolah, bahasa Inggris bisa dipelajari secara otodidak dengan mempelajari dasar bahasa Inggris terlebih dahulu diikuti dengan banyak latihan dan praktek langsung. Sebelum Anda menjadi ahli dan fasih dalam berbahasa Inggris, sebagai pemula tentu harus mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Terdapat beberapa materi dasar yang sangat penting untuk dipelajari karena sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Setelah fasih dalam mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris, maka Anda tidak akan kesulitan untuk mempelajari tingkatan lebih lanjut.

Materi Dasar-Dasar Bahasa Inggris 

Beberapa materi dasar bahasa Inggris berikut ini wajib Anda pelajari sebagai permulaan, di antaranya:

  • Kosakata (Vocabulary)

Vocabulary atau dikenal sebagai kosakata merupakan materi pertama yang harus dipelajari. Karena tanpa mempelajari kosakata Anda tidak akan tahu kata apa yang harus diucapkan ketika ingin mengungkapkan sesuatu dalam bahasa Inggris.

Kosakata menjadi dasar untuk mempelajari bahasa Inggris agar fasih secara lisan maupun tertulis. Selain itu, penguasaan kosakata yang baik akan sangat membantu Anda ketika mendengar dan berbicara langsung dengan native speaker. 

Berikut ini beberapa tips untuk mempelajari dan menguasai kosakata dengan mudah dan cepat, di antaranya:

  • Mulailah dari menghafalkan kosakata sederhana terlebih dahulu seperti angka, hari, bulan, benda, dan kegiatan sehari-hari. Contoh: one, Monday, August, pen, book, table, chair, play, learn, speak, dan lain sebagainya.
  • Buat jadwal atau target khusus kosakata apa yang harus dipelajari setiap harinya. Misalnya per hari belajar tentang kosakata benda-benda yang terdapat di ruang tamu (living room), sekolah (class), kantor (office), pasar (market), dan lain sebagainya.
  •  Jangan lupa catat dan hafalkan setiap melihat benda atau hal-hal yang ingin diucapkan dalam bahasa Inggris. Sehingga Anda pun akan terbiasa ketika melihat suatu benda lalu sudah bisa membayangkan apa bahasa Inggrisnya.
  • Tata Bahasa (Grammar)

Tata bahasa dalam bahasa Inggris tidak sama seperti bahasa Indonesia yang mana kata kerja yang digunakan sama baik untuk mengungkapkan pernyataan masa lampau, masa sekarang, maupun masa depan.

Dalam bahasa Inggris terdapat Verb 1, Verb 2, Verb 3, yang masing-masing diaplikasikan dalam rumus-rumus yang berbeda. Berikut ini beberapa grammar dasar yang harus Anda pelajari dalam bahasa Inggris, di antaranya:

  • Kata ganti (pronoun)

Pronoun merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda (noun). Contohnya: he, she, it, they, you, I, dan we. 

  • Kata kerja bantu (to be)

To be merupakan kata bantu kerja yang dipasangkan pada subjek atau kata ganti (pronoun) tertentu. To be terdiri dari beberapa jenis yaitu am untuk I, are untuk they, you, we, dan is untuk he, she, it. 

  • Tenses 

Dalam bahasa Inggris terdapat 16 tenses yang harus dikuasai dan masing-masing tenses memiliki tujuan serta rumus yang berbeda-beda. Setidaknya terdapat 5 tenses yang harus Anda pelajari sebagai pemula, di antaranya:

  • Simple Present Tense

Bentuk simple present tense merupakan jenis tenses yang digunakan untuk mengungkapkan pernyataan yang terjadi pada masa sekarang. Tenses ini menggunakan verb 1 atau kata kerja pertama dan merupakan kalimat yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Contoh:

I play football with my friends

They learn English at class

My mother cook delicious food at the kitchen

  • Simple Past Tense

Bentuk simple past tense banyak digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang telah terjadi di masa lampau. Jenis kata kerja yang sering digunakan adalah Verb 2 baik yang berbentuk regular maupun iregular. Contoh:

I learned computer yesterday

She came to your house last week

They went to Bandung last holiday

  • Present Continous Tense 

Present continuous tense memiliki fungsi untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung. Ciri khas bentuk tenses ini adalah menggunakan Verb 1+ing. Contoh:

I am playing piano right now

She is cooking noodle

They are studying at class

  • Simple Future Tense

Seperti namanya, jenis tenses ini memiliki fungsi untuk menyatakan kejadian yang terjadi di masa depan (future). Tenses ini menggunakan kata will atau to be + going to. Contoh:

I will come to your birthday party next week

She is going to perform at her concert

You will go to market with my mom

Setelah mempelajari dasar-dasar dalam bahasa Inggris, yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah sering-sering berlatih baik dalam hal berbicara, menulis, membaca, maupun mendengarkan. Perbanyak membaca buku sastra Inggris, menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle, atau berlatih berbincang-bincang dengan teman menggunakan bahasa Inggris.

Leave a comment