Contoh Text Narrative dalam Bahasa Inggris

Contoh Text Narrative – Terdapat berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris seperti halnya dalam bahasa Indonesia mulai dari text narrative, text descriptive, text procedure, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis teks tersebut memiliki ciri khas dan struktur yang berbeda yang membedakannya satu sama lain. Text narrative banyak digunakan untuk mengungkapkan cerita-cerita fiksi yang tidak berdasarkan kisah nyata. Dalam mempelajari text narrative, Anda harus memahami apa itu pengertian dan fungsi teks tersebut. Selain itu, kaidah kebahasaan dan struktur dalam teks narasi juga sangat penting untuk dipahami agar tidak salah dalam menyusun kalimat narasi. Beberapa contoh text narrative bisa menjadi referensi untuk memudahkan Anda dalam membuat kalimat text narrative bahasa Inggris.

Pengertian dan Fungsi Text Narrative

Pengertian text narrative adalah jenis teks yang menyatakan cerita khayalan, cerita rekayasa, atau dongeng dengan rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung antar kalimat dan paragrafnya. Text narrative biasanya memiliki fungsi atau tujuan untuk menghibur para pembacanya dengan cerita-cerita yang menarik yang memang sengaja dibuat-buat. Suatu teks bisa disebut text narrative jika mengandung beberapa struktur seperti berikut ini, di antaranya:
  • Orientation
Bagian ini merupakan bagian pendahuluan atau pembuka yang biasanya terdapat di awal kalimat atau paragraf. Pengenalan tokoh atau karakter, tempat, dan waktu biasanya disebutkan pada bagian orientation. 
  • Complication
Bagian ini merupakan bagian klimaks di mana masalah mulai muncul dan konflik mulai dikembangkan. Complication bisa disebut juga bagian inti dari text narrative yang membuat cerita dalam teks tersebut menjadi lebih menarik.
  • Resolution
Bagian resolution merupakan bagian pemecahan masalah atau penyelesaian konflik yang terjadi dalam cerita tersebut. Bagian ini biasanya akan menceritakan tentang langkah-langkah yang diambil oleh tokoh dalam merespons dan menyelesaikan konflik yang terjadi.
  • Re-orientation
Bagian ini disebut juga sebagai bagian penutup yang berisi ungkapan-ungkapan penutup yang menandai bahwa cerita dalam teks tersebut telah berakhir.
  • Coda
Bagian coda merupakan bagian opsional yang lebih menunjukkan pada perubahan para tokohnya dan nilai moral apa yang bisa diambil dari cerita tersebut. Selain memiliki struktur secara general, teks narasi juga memiliki unsur atau kaidah kebahasaan sebagai berikut:
  • Noun (kata benda), merupakan kata benda yang digunakan untuk menunjukkan kata ganti orang, benda, maupun hewan sebagai karakter atau tokoh dalam teks narasi tersebut.
  • Past Tense, merupakan bentuk tenses yang menggunakan kata kerja bentuk ke-2 atau Verb 2 karena menceritakan kejadian lampau.
  • Action Verbs, merupakan kata kerja yang menyatakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh para tokoh di dalam cerita maupun kata kerja yang menunjukkan terjadinya suatu peristiwa.
  • Saying and thinking verb, merupakan jenis kata kerja yang menunjukkan ujaran atau pelaporan dari tokoh dalam cerita. Contoh: told, said, thought, dan lain sebagainya.

Contoh Text Narrative

Berikut ini contoh text narrative yang telah memenuhi struktur dan unsur kebahasaan yang sesuai. Snow White and The Seven Dwarfs Once upon a time, there lived a very pretty princess in a great castle who grew up with her stepmother. She was very beautiful with her long black hair, blue eyes, and white skin. So that, everybody called her Snow White.  But, her stepmother was a wicked woman and she was very beautiful too. She had the magic mirror that always told her that she was the most beautiful lady in the land. Then, she was very angry when the magic mirror told the different words.  “Mirror, mirror, mirror on the wall. Please answer me! Who is the most beautiful lady in this land?” “The most beautiful lady in this land is Snow White,” said the magic mirror.  The stepmother was very jealous and called one of her servants to take Snow White into the forest far away from the castles. When Snow White reached the forest, she met seven dwarfs who helped her at a house. The seven dwarfs asked Snow White to stay there. “Don’t worry Snow White! We love you and we will take care of you! Do not open the door as so many bad people here!” said one of the seven dwarfs.  In the other place, the magic mirror still said that the most beautiful lady is Snow White. The stepmother was very angry and tried to kill Snow White. She came to the forest and disguising her as an old pleasent women and gave a poisoned apple to Snow White. Unlucky, Snow White ate that apple and suddenly fell to the ground and slept.   Once a day, there was a Prince who came to that tiny house and fell in love with Snow White. He kissed Snow White and suddenly by magice Snow White opened her eyes. Finally, they got married and lived happily ever after in a great castle.  Text narrative bisa dibuat lebih menarik dengan memasukkan cerita-cerita atau konflik yang seru dalam cerita tersebut. Anda bisa membuat text narrative sesuai struktur dan kaidah yang telah dijelaskan di atas.

Leave a comment