Contoh Kalimat Present Continuous untuk Menentukan Rumus

Contoh Kalimat Present Continuous – Menyatakan kejadian yang sedang berlangsung dalam bahasa Inggris? Kalimat yang memegang peranan penting tersebut seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Anda akan menggunakannya ketika sedang bercakap-cakap dengan orang baru atau sahabat dan keluarga.

Seringnya penggunaan rumus present continuous dalam bahasa Inggris, maka Anda harus menghafalkan masing-masing rumus sebelum bisa menggunakannya dalam kalimat. Bisa juga Anda mempelajari melalui contoh kemudian menemukan rumus yang lebih mudah untuk dihafalkan sendiri.

Masing-masing orang memiliki cara yang berbeda untuk belajar. Terkadang Anda dapat memahami materi mengikuti urutan pada umumnya. Namun bagi Anda yang tidak biasa, langkah sebaliknya bisa ditempuh.

Pada materi present continuous kali ini, kita akan mempelajari dari contoh kalimat present continuous yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami kalimatnya akan mempermudah kita untuk bisa menemukan rumus seperti apakah yang menyusun kalimat tersebut .

Berikut ini contoh kalimat yang menggunakan present continuous tense beserta dengan artinya dalam 3 bentuk kalimat positif, negatif dan tanya.

I am changing clothes before swimming (Aku sedang berganti pakaian sebelum berenang)
The shop is closing due public holiday (Toko itu sedang tutup karena libur nasional)
The contestant is competing each other to get a gold medal (Para peserta sedang bersaing satu sama lain untuk mendapatkan sebuah medali emas)

My dog is guarding the house (Anjingku sedang menjaga rumah)
They are melting the chocolate (Mereka sedang melelehkan coklat)
We are offering a now book (Kami sedang menawarkan buku baru)
We are not planning to get away (Kami tidak sedang merencanakan untuk pergi)
They are not saving enough money (Mereka tidak sedang menyimpan cukup uang)
I am not smiling in the party (Aku sedang tidak tersenyum di pesta)
My mother is not staying in the hot spring cottage (Ibuku tidak sedang tinggal di penginapan sumber air panas)
He is not smoking in public area (Dia tidak merokok di area umum)
Are they traveling around the city? (Apakah mereka bepergian keliling kota?)
Is she watching the movie alone? (Apakah dia sedang menonton film sendirian?)
Is he yawning when the classroom? (Apakah dia sedang menguap di kelas?)
Are the working in the past hour? (Apakah mereka sedang bekerja dalam beberapa jam ini?)

Penjabaran Rumus Present Continuous

Apabila dilihat dari beberapa contoh kalimat present continuous tense diatas maka ada beberapa pola yang bisa diperhatikan. Pola ini terjadi pada kalimat positif, negatif dan interogatif.

Sangat mudah menemukan pola tersebut yang menjadi rumus kalimat present continuous. Berikut ini penjabaran tentang rumus yang bisa Anda pelajari.

Kalimat positif : Subjek + to be (is/ am/ are) + verb -ing + Objek
Kalimat negatif : Subjek + to be (is/ am/ are) + not + verb -ing + Objek
Kalimat tanya : To be (is/ am/ are) + Subjek + verb – ing + Objek

Ketiga rumus di atas paling mudah dihafalkan. Selain susunan kata yang mudah, verb yang digunakan adalah verb -ing dimana semua kata kerja cukup ditambahkan -ing pada akhirnya nya.

Perlu diperhatikan adalah penggunaan ‘to be’ agar jangan sampai salah. Is digunakan hanya untuk subjek he, she dan it begitu juga subjek yang jelas seperti nama orang, benda atau hewan. Sedangkan untuk ‘am’ hanya digunakan untuk subjek ‘I’ , dan ‘are’ digunakan untuk subjek they, we dan you.

Leave a comment