Contoh Explanation Text Beserta Generic Structure -nya

Contoh Explanation Text – Explanation text adalah salah satu jenis teks dalam Bahasa Inggris, yang berfungsi untuk menerangkan suatu proses. Secara sekilas, bentuk explanation text hampir sama dengan procedure text. Namun, teks ini hanya menjelaskan bagaimana sebuah proses dapat terjadi dan bukan langkah-langkah terjadinya.

Explanation text mempunyai setidaknya dua bagian struktur dan satu struktur tambahan, yaitu sebagai berikut.

1. General Statement, merupakan bagian yang berisi informasi umum atau general mengenai topik yang ada di dalam teks.

2. Explanation, merupakan bagian yang berisi serangkaian kejadian-kejadian (sequence of events) dari sebuah proses topik dari teks. Pada bagian ini juga dijelaskan beberapa hal seputar mengapa dan bagaimana mengenai topik.

3. Closing, merupakan bagian yang berisi informasi tambahan atau opini penulis mengenai topik yang dibahas. Bagian ini tidak harus ada.

Itulah tadi sekilas mengenai pengertian explanation text dengan struktur di dalamnya. Setelah memahami pengertian dan struktur explanation text tersebut, baca juga mengenai contoh explanation text, contoh explanation text beserta generic structure di bawah ini.

Contoh explaination text singkat

Berikut ini adalah salah satu contoh explanation text(contoh explanation text, contoh explanation text beserta generic structure), yaitu terjadinya pelangi hujan.

Rainbow

General Statement:
In general, rainbow is a meteorological phenomenon that occurs because of the reflection, refraction, and dispersion of sunlight against raindrops. This will create a spectrum of light that appears in the sky.

The Rainbow phenomenon is common after rain or drizzle. The rainbow color arrangement always starts with red, then followed by orange, yellow, green, blue, indigo and purple.

Explanation:
First of all, sunlight passes through raindrops and is deflected into several spectrums. White light separated from each other into several colors.

The colors that have been separated will be separated again into smaller parts. The smaller part will become a lot of color.

Actually, sunlight has some light other than red, orange, yellow, green, blue, indigo and purple. However, the human eye can only capture those 7 lights. Finally the colors in the sky form a light arc called a rainbow.

Itulah tadi contoh explanation text dalam bahasa Inggris. Terjemahan dari contoh explanation text, contoh explanation text beserta generic structure di atas adalah sebagai berikut.

Pelangi

Secara umum, pelangi adalah fenomena meteorologis yang terjadi karena adanya refleksi, refraksi, dan dispersi sinar matahari terhadap tetesan air hujan. Hal tersebut akan menciptakan spektrum cahaya yang muncul di langit.

Fenomena Pelangi lazim terjadi setelah hujan atau saat gerimis. Susunan warna pelangi selalu dimulai dengan merah, kemudian diikuti oleh oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Pertama-tama, sinar matahari melewati tetesan air hujan dan terbelokkan menjadi beberapa spectrum. Cahaya putih yang terpisah satu sama lain menjadi beberapa warna.

Warna-warna yang telah dipisahkan akan dipisahkan lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Bagian yang lebih kecil tersebut akan menjadi banyak sekali warna.

Sebenarnya, sinar matahari memiliki beberapa cahaya selain merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Namun, mata manusia hanya bisa menangkap 7 cahaya itu. Akhirnya warna-warna yang ada di langit membentuk busur cahaya itu disebut pelangi.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian explanation text dan contoh explanation text, contoh explanation text beserta generic structure. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai bahasa Inggris, kamu bisa membuka westwoodprep.com

Leave a comment