Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Tanpa Ribet

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri  – Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemudahan akses tidak hanya dirasakan di dalam negeri saja tapi sudah merambah hingga tingkat dunia. Hubungan kerjasama baik politik maupun bisnis antar negara pun semakin banyak dilakukan. Tak jarang ada pula yang memiliki hubungan keluarga atau kerabat di negara lain. 

Hal ini tentu memberi dampak pada kebutuhan untuk transfer uang ke luar negeri baik kepada klien kerjasama maupun kepada keluarga. Untuk mengimbangi kebutuhan akses komunikasi maupun layanan lainnya, transfer ke luar negeri pun sekarang ini bukan lagi menjadi masalah. 

Di zaman yang serba online ini sangat mudah bagi Anda untuk mengirim uang meskipun berada di negara yang berbeda. Berbagai kemudahan dan kenyamanan transaksi online dapat membantu Anda menghemat waktu dan biaya sehingga dapat lebih efektif dan efisien. Bahkan cara transfer uang ke luar negeri pun sangat mudah dengan menggunakan fasilitas yang tersedia.

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri dan Biayanya

Berikut ini beberapa fasilitas transfer yang menyediakan layanan transfer berikut informasi biaya transfer dan cara transfer uang ke luar negeri:

 

  • Western Union

 

Tentu sudah tidak asing lagi dengan fasilitas transfer yang satu ini karena agennya sudah tersebar di berbagai daerah. Fasilitas transfer dengan menggunakan Western Union sangatlah mudah dan cepat karena jangkauannya luas. Transfer melalui Western Union pun banyak diminati karena selain pelayanannya yang bagus, biaya transfernya pun relatif terjangkau dengan besaran sebagai berikut:

Jumlah Uang Biaya Transfer
Rp 50.000.000,00 : Rp 720.000,00
Rp 30.000.000,00 – Rp 49.000.000,00 : Rp 360.000,00
Rp 11.000.000,00 – Rp 20.000.000,00 : Rp 180.000,00
Rp 2.000.000,00 – Rp 10.000.000,00 : Rp 90.000,00
Rp 100.000,00 – Rp 1.000.000,00 : Rp 45.000,00 

Anda cukup datang langsung ke kantor agen terdekat dan lengkapi formulir pengiriman yang ada. Data yang dibutuhkan berupa identitas diri serta jumlah dana yang akan ditransfer. Ketika proses tersebut telah selesai, Anda akan mendapatkan tanda bukti pengiriman yang bisa Anda tanda tangani.

 

  • PayPal 

Bagi Anda yang tidak suka ribet, PayPal ini adalah solusinya. Terbukti PayPal banyak diminati untuk digunakan sebagai fasilitas transfer uang ke luar negeri di seluruh dunia. Bahkan PayPal menjadi rekening virtual yang paling terpercaya dengan berbagai kemudahan fasilitas untuk melakukan transaksi keuangan dengan cepat. 

PayPal pun menjadi transaksi yang paling banyak digunakan untuk kepentingan bisnis online yang pasarnya sudah merambah tingkat internasional. Jika ingin menggunakan fasilitas transfer PayPal maka harus dipastikan bahwa Anda dan penerima sama-sama memiliki rekening PayPal. 

Untuk membuat rekening PayPal ini Anda bisa menggunakan kartu kredit sebagai alat untuk memverifikasi rekening yang digunakan. Untuk biayanya sendiri pun sangat murah dan bahkan gratis jika Anda memiliki saldo di rekening PayPal. 

Kartu kredit yang Anda gunakan bisa menjadi alat verfikasi jika sewaktu-waktu rekening PayPal Anda tidak ada saldonya. Untuk saat ini, belum ada satupun bank lokal di Indonesia yang memungkinkan pengisian saldo PayPal. Sehingga kartu kredit atau kartu debit adalah satu-satunya solusi meskipun Anda harus dikenakan biaya transfer 2,9% + USD 0,30.

 

  • Skrill/Moneybookers

 

Skrill atau moneybookers merupakan rekening virtual yang juga menyediakan fasilitas transfer ke luar negeri. Anda bisa melakukan pembayaran atau pengiriman uang dengan mudah dan murah. Caranya sama dengan PayPal, Anda dan pihak penerima harus sama-sama memiliki rekening Skrill sebagai alat untuk mengirim dan menerima uang. Skrill menjadi pilihan untuk transfer ke luar negeri karena terbilang aman dan jangkauannya luas.

 

  • Transfer melalui bank atau ATM

 

Layanan transfer uang ke luar negeri pun kini bisa didapatkan melalui bank-bank yang ada di Indonesia. Anda cukup mendatangi bank yang akan Anda gunakan sebagai bank pengirim dan isi sejumlah data yang diperlukan. Ketika memilih bank sebagai perantara transfer, Anda harus rela untuk antri. 

Tanyakan biaya transfer uang ke luar negeri sebagai pertimbangan. Besaran biaya transfer uang ke luar negeri ini memiliki biaya yang beragam antara satu bank dengan bank lain dan antara negara yang satu dengan negara lainnya. Kisaran biayanya bisa mencapai $5 hingga $50. 

Transfer melalui ATM pun bisa menjadi solusi lainnya dengan menggunakan kode swift bank. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kode ini dari pihak bank yang akan Anda gunakan untuk mengirim uang. Pastikan untuk memasukkan angka yang benar agar tidak salah transfer. Setelah itu, jangan lupa simpan slip atau bukti transfer baik ketika transfer melalui bank maupun ATM. Tujuannya agar bisa complain jika sewaktu-waktu terjadi masalah. 

Ada banyak cara transfer uang ke luar negeri yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Pilihlah fasilitas yang paling aman dan tepat sesuai kebutuhan Anda agar transaksi transfer pun dapat dilakukan dengan mudah. Perhatikan biaya transfer uang ke luar negeri dan jumlah dana yang akan Anda transfer ke pihak pengirim sebagai bahan pertimbangan agar tidak merasa rugi.

Leave a comment