Bagaimana Sih Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android? Ini Caranya

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android – Gadget atau smartphone yang Anda miliki adalah hak milik pribadi yang mana segala hal yang terdapat di dalam smartphone tersebut tidak boleh diotak-atik orang lain kecuali atas seizin pemiliknya. Smartphone ibarat buku diari elektronik yang menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan diri Anda mulai dari hal yang rahasia sampai hal lain yang boleh dibagikan kepada orang lain.

Sehingga sebagai pemilik smartphone pun sangat penting untuk menjaga kerahasiaan isi dalam smartphone tersebut. Baik dengan mengunci akses smartphone dengan password tertentu atau dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android. Seringkali ada orang lain yang kepo dengan urusan Anda dan dengan sengaja membuka-buka file pribadi yang terdapat pada smartphone.

Tentu hal seperti ini sangat membuat tidak nyaman apalagi jika ada history chat rahasia di aplikasi seperti WhatsApp yang tiba-tiba dibaca atau bahkan dibagikan kepada orang lain. Kode pengaman yang diberikan untuk mengakses smartphone terkadang pun masih bisa ditembus dengan mudah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk melindungi dokumen pribadi adalah dengan menyembunyikan aplikasi agar tidak terlacak oleh para stalker.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android yang Mudah dan Aman

Ada banyak hal di dalam hidup kita termasuk yang tersimpan di dalam smartphone yang tidak ingin kita bagikan kepada orang lain dan cukup kita saja yang tahu. Memberi kode pengaman pun bukan satu-satunya solusi karena terkadang ada orang yang dengan sengaja memperhatikan Anda ketika membuka smartphone sehingga mengetahui kode pengaman smartphone milik Anda.

Berikut ini beberapa cara menyembunyikan aplikasi yang bisa Anda lakukan dengan aman dan mudah, di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi CM Locker

CM Locker merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile dan berfokus pada penguncian aplikasi di Android saja. Aplikasi ini banyak diunduh di PlayStore karena berbagai macam fitur yang memiliki fungsi yang sangat bagus untuk keamanan smartphone.

Beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki aplikasi ini di antaranya adalah:

• Mengunci smartphone baik dengan menggunakan kode PIN, pattern, maupun sidik jari
• Mengunci lockscreen dengan tampilan tema yang menarik
• Dapat mengambil gambar siapapun yang berusaha membuka paksa aplikasi yang sudah dikunci
• Memiliki fitur anti-theft protection yang dapat membantu untuk menemukan ponsel yang hilang dan menguncinya dari jarak jauh

2. Menggunakan Smart Hide Calculator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat cerdas untuk menyembunyikan data dengan cara mengekripsi file dan menggunakan angka yang tertera di kalkulator sebagai password.

Proses perlindungan yang diberikan aplikasi ini pun sangat tinggi dengan prosedur yang hampir sama seperti penggunaan token internet banking. Semua jenis aplikasi yang terdapat pada smartphone Anda bisa dikunci menggunakan format-format tertentu melalui akses root.

Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan Smart Hide Calculator, di antaranya:

• Masukkan kata sandi yang diatur di awal aplikasi (Anda juga dapat mengubah kata sandi tersebut sewaktu-waktu kapanpun Anda ingin mengubahnya)
• Tekan tombol “=”
• Setelah itu akan muncul tampilan layar yang bisa Anda atur untuk menyembunyikan aplikasi, gambar, video, dokumen maupun file yang Anda ingin sembunyikan
• Jika Anda lupa kata sandi, maka dapat dipulihkan dengan cara masuk ke mode pemulihan kata sandi (tekan 123456789 + 987654321) dalam kalkulator tersebut dan masukkan kata sandi sekunder

3. Menggunakan Andrognito

Aplikasi Andrognito merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh CODEX untuk sembunyikan aplikasi dan mengenkripsi file dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Tampilan aplikasi ini sangat menarik, minimalis, fresh, modern dan sangat bermanfaat untuk membantu Anda melindungi smartphone dari para stalker. Beberapa fungsi dan keunggulan yang dimiliki aplikasi ini, di antaranya adalah:

• Menyembunyikan data-data penting ke dalam suatu “brankas” pada smartphone Anda dan orang lain tidak akan menemukannya.
• Jika gagal login sebanyak 3 kali, aplikasi Andrognito akan menutup smartphone Anda.
• Memiliki fitur menarik seperti time-based PIN system, backup secara otomatis, fake account dengan fake files, theme manager, native photo viewer, junk sweeper, dan file shredder.
• Mampu mengoptimalkan sistem smartphone sehingga lebih lancar ketika digunakan.
• Mudah digunakan dengan hanya menekan tombol ‘call’ pada perangkat tersebut dan masukkan PIN atau kode pengaman.

4. Menggunakan Security Master

Security Master merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile untuk memberikan perlindungan keamangan data pada smartphone. Aplikasi ini sangat direkomendasikan dan sangat populer terbukti dari jutaan pengunduh di PlayStore.

Security Master sangat tepat menjadi pilihan untuk sembunyikan aplikasi dengan berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki, di antaranya:

• Mengizinkan pengguna untuk memilih konsep penguncian aplikasi baik dengan fingerprints, pattern, maupun kode PIN.
• Dapat mengambil gambar siapapun yang berusaha membuka smartphone Anda secara paksa.
• Dapat berfungsi sebagai anti virus dan malware di Android
• Memiliki fitur Junk Clean untuk memindai dan menghapus file sampah termasuk cache sistem hanya dengan satu ketukan
• Dapat menghapus background application yang membutuhkan memori tinggi, terlalu panas, dan membuat boros baterai.
• Memiliki fitur Safe Connect VPN untuk mengakses konten-konten dengan bebas.
• Dapat menyembunyikan IP address sehingga aktivitas online seperti perbankan, pesan pribadi, riwayat penelusuran browser aman dari kebocoran informasi.
• Memiliki alarm anti pencurian yang dapat melindungi smartphone Anda dengan cara membunyikan alarm ketika ada orang lain yang berusaha memindahkan smartphone tersebut.

5. Mengunci Aplikasi dengan AppLock – Fingerprints

AppLock yang dikembangkan oleh SpSoft ini sangat direkomendasikan untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir lagi ada yang stalker dan membajak semua akun media sosial Anda di smartphone.

Beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki aplikasi ini, di antaranya adalah:

• Dapat membuat fake error untuk mengelabui orang-orang yang akan membajak aplikasi dengan membuat seolah-olah smartphone tersebut rusak ketika ada orang lain yang berusaha menggunakannya.
• Mengunci aplikasi baik dengan menggunakan kata sandi, pola, maupun sidik jari.
• Dapat mengambil gambar orang yang berusaha mencuri dan menggunakan smartphone Anda tanpa izin.
• Memiliki fitur Smart Lock untuk mengunci pada waktu tertentu dan membukanya secara otomatis ketika terhubung ke Bluetooth atau Wi-Fi.
• Memiliki fitur Screen Lock untuk mencegah layar mati ketika Anda sedang menggunakan aplikasi pada ponsel.

Cara menyembunyikan aplikasi di Android dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut tentu akan sangat membantu terutama bagi Anda yang menggunakan smartphone untuk menyimpan data-data penting agar mudah diakses dimanapun Anda berada.

Selain itu, fitur-fitur yang dimiliki aplikasi-aplikasi tersebut pun sangat berguna untuk mengantisipasi terjadinya pencurian data maupun pencurian ponsel. Jangan lupa untuk sembunyikan aplikasi pada smartphone Anda khususnya yang bersifat pribadi agar tidak sembarang orang bisa dengan mudah mengaksesnya.

Leave a comment