4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus – Sebagian orang mungkin pernah mengalami tidak sengaja menghapus file atau folder yang ada di komputer mereka dan menjadi panik karena hal tersebut. Jika Anda juga pernah mengalami hal itu, Anda tidak perlu panik karena ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus. Cara mengembalikan file yang terhapus itu tidak sulit, Anda bisa mencoba cara-caranya berikut ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Ada beberapa alternatif cara mengembalikan file yang terhapus, diantaranya dengan cara konvensional atau bisa juga menggunakan software data recovery. Ada banyak software data recovery gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Berikut ini cara mengembalikan file yang terhapus yang bisa Anda lakukan:

1. Restore File dari Recycle Bin

Cara pertama yang dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah memulihkan file atau folder yang dihapus dari Recycle Bin. Recycle Bin adalah folder khusus yang dirancang untuk menyimpan file yang dihapus sementara di komputer. File dan folder yang dihapus oleh OS berada di Recycle Bin sampai keranjang sampah ini secara manual atau otomatis dikosongkan.

Cara mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin yaitu:

• Buka Recycle Bin atau icon tempat sampah dengan mengklik dua kali, atau dengan mengklik kanan dan memilih Buka.
• Cari file atau folder yang ingin Anda pulihkan.
• Klik kanan pada file atau folder yang Anda pilih dan pilih Restore.

Langkah yang Anda lakukan ini akan mengembalikan file ke lokasi aslinya di hard drive. Namun, Anda tidak akan berhasil menggunakan cara ini jika Anda telah mengosongkan Recycle Bin setelah file dihapus dan sebelum Anda mencoba memulihkannya.

Jika Anda tidak dapat menemukan icon Recycle Bin di desktop Anda, mungkin secara tidak sengaja Anda menyembunyikan Recycle Bin Anda. Untuk menampilkan icon Recycle Bin di dekstop Anda, cukup klik kanan di desktop, dan pilih pilihan show or hide, kemudian centang kotak di sebelah icon Recycle Bin. Dengan cara ini, icon Recycle Bin akan muncul di desktop Anda.

2. Restore File dari Backup Media

Sebagian orang mencadangkan file-file penting ke hard disk eksternal atau media penyimpanan lainnya. Dengan mem-backup data penting Anda ke penyimpanan eksternal, akan memudahkan Anda ketika data penting Anda telah dihapus secara tidak sengaja.

Cara mengembalikan file yang terhapus ini akan bervariasi berdasarkan metode yang digunakan untuk membuat cadangan atau backup. Secara umum, Anda harus menyambungkan ke penyimpanan eksternal yang digunakan untuk menyimpan cadangan Anda. Penyimpanan eksternal ini bisa berupa perangkat fisik (hard disk eksternal,

flashdisk, dan lainnya) atau cloud drive, tergantung bagaimana Anda melakukan backup.
Jika Anda mencadangkan file Anda ke cloud drive, Anda butuh internet yang cepat setiap kali ingin mem-backup file Anda, terutama jika file tersebut memiliki ukuran yang besar.

3. Menggunakan Disk Drill

Disk Drill adalah salah satu aplikasi file recovery yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus karena beberapa alasan seperti serangan virus, kerusakan partisi, menghapus Recycle Bin secara tidak sengaja, hingga listrik yang mati secara tiba-tiba.

Disk Drill memungkinkan Anda untuk melakukan recovery file di komputer Anda dan juga file dari perangkat eksternal. Cara mengembalikan file yang terhapus menggunakan Disk Drill yaitu:

• Download Disk Drill di komputer Anda.
• Launch Disk Drill dari Desktop atau Start Menu Anda.
• Setelah Anda meluncurkan Disk Drill, Anda akan diminta untuk meningkatkan, ingatlah bahwa Anda dapat memulihkan hingga 500 MB file secara gratis. Jika Anda meningkatkan ke Edisi Pro, aplikasi ini akan memberi Anda kemampuan pemulihan data tanpa batas.

• Temukan drive yang ingin Anda pulihkan dari daftar drive yang tersedia.
Untuk mulai memindai tanpa opsi lanjutan, klik “Recover”, Disk Drill akan mulai mencari data yang dihapus dari drive Anda dengan metode pemindaian terbaik yang tersedia. Anda dapat mengklik “Arrow” di sebelah drive untuk secara manual menanyakan perangkat dengan Pemindaian Cepat (lebih cepat) atau Pemindaian Mendalam (menyeluruh).

• Pulihkan file yang telah terhapus. Semua data yang tersedia untuk ditayangkan kembali akan terdaftar di bawah “File Ditemukan” di panel pemulihan file. Anda dapat mengklik kanan file satu per satu untuk memulihkannya atau bisa juga Anda menggunakan tombol Pulihkan di bagian atas layar. Anda juga perlu memilih tujuan tempat Anda akan menyimpan file yang dipulihkan kembali di bagian atas layar.

4. Menggunakan Recuva

Recuva merupakan aplikasi file recovery yang menyediakan wizard yang akan membimbing selama proses pengembalian file. Aplikasi ini mendukung berbagai format seperti NTFS, FAT, dan exFAT. Recuva juga akan memberikan preview untuk file berjenis gambar. Cara mengembalikan file yang terhapus dengan Recuva yaitu:

• Install Recuva di komputer Anda.
• Kemudian klik kanan dan tahan agar Anda bisa melakukan ‘extract’.
• Setelah diekstrak, buka folder Recuva yang ada dan pilih opsi yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. Recuva.exe ini untuk komputer dengan sistem 32-bit. Sementara Recuva64.exe untuk komputer yang dijalankan dengan sistem 64-bit.
• Selanjutnya Recuva bisa dibuka lewat Wizard. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh Wizard.
• Setelah itu, Anda bisa membuka Recuva dengan cara klik opsi bertulisan “Next.”
• Selanjutnya, Recuva memberikan pilihan soal tipe file yang mau Anda kembalikan. Anda bisa meng-klik opsi bertulisan “All Files”. Nah jika Anda pilih opsi itu maka Anda bisa kembalikan semua jenis file, mulai dari foto, video, email dan file yang lainnya.

Jika Anda memilih jenis file tertentu, aplikasi ini akan secara otomatis mencari file tersebut dengan lebih terfokus. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari file yang terhapus di folder ataupun lokasi spesifik tertentu.
Bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan deep scan terhadap komputer Anda. Namun untuk deep scan tentu membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Klik start, kemudian biarkan komputer Anda bekerja.

Leave a comment