8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Efektif dan Terupdate

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Kinerja laptop yang lambat seringkali membuat kita frustasi. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab laptop menjadi lemot, diantaranya kapasitas hardisk yang sudah penuh, kapasitas RAM yang terlalu kecil, laptop terkena virus atau bisa juga karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Jika Anda mengalami masalah-masalah tersebut, Anda bisa menyimak cara mengatasi laptop lemot berikut ini.

1. Uninstall Software yang Tidak Digunakan

Kebanyakan orang seringkali menginstall berbagai software di laptop mereka. Padahal tidak semua software itu digunakan. Hal ini tentu saja berdampak pada kinerja laptop. Terlalu banyak software yang diinstall dapat menyebabkan kinerja laptop tidak optimal, bahkan menjadi lemot.

Jika laptop Anda mengalami hal yang serupa, cara mengatasi laptop lemot bisa Anda lakukan dengan meng-uninstall software-software yang jarang Anda pakai atau software yang tidak Anda perlukan. Anda bisa meng-uninstall software tersebut langsung dari pengaturan di Windows atau dengan menggunakan software seperti Cleaner.

2. Bersihkan Virus yang Menginfeksi Laptop Anda

Virus dan malware dapat membahayakan keamanan serta membuat performa laptop Anda bisa menurun. Untuk mengatasi laptop lemot karena virus dan malware, Anda harus menginstall antivirus dan melakukan full scan untuk menghilangkan virus-virus yang menginfeksi laptop Anda.

3. Lakukan Pembersihan Junk File dengan Disk Cleanup

Banyaknya file-file yang ada di laptop Anda bisa membuat laptop Anda menjadi lambat. Cara mengatasi laptop lemot ini bisa Anda lakukan dengan menghapus file-file yang tidak penting, file temporary atau file sementara, file installer, dan lainnya dengan disk cleanup.

4. Rutin Melakukan Perawatan Hardware

Debu yang menumpuk di bagian dalam laptop dapat menyebabkan sirkulasi udara di dalam laptop menjadi buruk. Hal ini menjadikan panas yang dihasilkan laptop tidak dapat dikeluarkan dengan baik sehingga dapat menurunkan performa laptop.

Sebagian pengguna laptop mungkin tidak menyadari pentingnya melakukan perawatan hardware. Padahal perawatan hardware ini bisa membantu mengatasi kinerja laptop yang lemot. Perawatan hardware yang bisa Anda lakukan meliputi membersihkan debu-debu yang menempel pada bagian dalam laptop seperti fan, motherboard, tempat sirkulasi udara, dan juga mengganti thermal paste pada processor laptop.

5. Tambah Kapasitas RAM

Setiap laptop biasanya dibekali dengan kapasitas RAM (Random Acces Memory) yang beragam. RAM berperan penting dalam menjalankan program-program yang bersamaan atau multitasking di laptop. Semakin banyak program yang berjalan, maka diperlukan juga kapasitas RAM yang semakin besar.

Jika Anda mengalami masalah laptop lemot ketika menjalankan beberapa program secara bersamaan, Anda perlu menambah kapasitas RAM. Upgrade RAM dapat menambah kecepatan kinerja laptop Anda. Namun, sebelum Anda menerapkan cara mengatasi laptop lemot ini, sebaiknya Anda perhatikan dulu spesifikasi RAM dengan kapasitas maksimal RAM di laptop Anda.

6. Batasi Aplikasi Saat Startup Laptop

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada saat laptop sedang dihidupkan dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Untuk mengatasinya Anda perlu membatasi aplikasi-aplikasi yang berjalan ketika laptop startup. Untuk dapat menerapkan cara mengatasi laptop lemot ini, Anda bisa melihat dahulu aplikasi apa saja yang berjalan melalui Task Manager.

7. Lakukan Defragmentasi Harddisk

Umumnya, file besar yang disimpan laptop ke hard disk drive (HDD) akan terpecah menjadi potongan-potongan kecil ketika laptop menyimpannya di beberapa lokasi. Ketika file-file ini terakumulasi, HDD akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengaksesnya.

Proses defrag dapat membantu secara efektif menyatukan kembali file-file dalam urutan yang lebih logis, sehingga memberikan peningkatan kecepatan pada laptop Anda. Cara mengatasi laptop lemot ini bisa dilakukan dengan menggunakan tools Disk Defragment yang ada pada control panel.

8. Install Ulang Sistem Operasi

Sistem operasi terkadang bisa crash atau bermasalah sehingga menyebabkan laptop menjadi lambat atau sering eror. Cara mengatasi laptop lemot yang terakhir adalah install ulang sistem operasi. Laptop Anda yang lemot kecepatannya bisa meningkat jika Anda melakukan install ulang sistem operasi.

Cara mengatasi laptop lemot yang telah disebutkan di atas juga bisa diterapkan pada PC yang lemot. Ingatlah untuk selalu melakukan perawatan pada laptop dan PC Anda sehingga performa laptop atau PC Anda tetap terjaga.

Leave a comment