Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris Disertai Contohnya

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris – Percakapan dalam bahasa sehari-hari merupakan hal penting yang harus dipelajari ketika kamu ingin fasih berbahasa Inggris. Karena bagaimanapun juga praktek melakukan percakapan sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari apalagi jika kamu sedang berada di luar negeri. 

Tentu ilmu dasar tentang bagaimana memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris sangat penting untuk diketahui dan dipelajari. Memperkenalkan diri sendiri tidak hanya terbatas ketika bertemu dengan orang baru, ketika interview pekerjaan pun kamu sangat perlu untuk memperkenalkan diri. 

Apalagi jika perusahaan tempat kamu melamar adalah perusahaan asing yang mana pemimpinnya adalah orang asing yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Dengan mempelajari contoh kalimat bahasa Inggris ketika memperkenalkan diri dalam aktivitas sehari-hari tentu akan sangat membantu kamu agar lebih fasih. 

 Contoh Kalimat untuk Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Bertemu dengan orang baru adalah kesempatan untuk menambah teman baru. Apalagi jika bertemu dan berkenalan dengan orang asing yang berbahasa Inggris, tentu dapat meningkatkan bahasa Inggris kamu menjadi lebih fasih lagi. Nah, sebelum berkenalan langsung dengan mereka ada baiknya kamu belajar dulu cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris untuk percakapan dengan orang baru. Berikut ini contoh kalimat yang bisa kamu gunakan:

 

  • Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris

 

  • Hi! My name is Fitri! (Hai, nama saya adalah Fitri!)
  • Good morning. I am Fitri. Nice to meet you Rani! (Selamat pagi. Nama saya Fitri. Senang bertemu denganmu Rani!)
  • How are you today? My name is Fitri! (Apa kabar Anda hari ini? Nama saya Fitri.)
  • I am Fitri. It is very nice to meet you Rani! (Saya Fitri. Sangat senang bisa bertemu denganmu Rani!)
  • Hello! I am Fitri. I am happy to finally meet you! (Halo! Saya Fitri. Saya senang akhirnya bisa bertemu dengan Anda!)
  • Hi, good night! My name is Fitri. I come from Jogja. (Hai, selamat malam! Nama saya Fitri. Saya datang dari Jogja.)

 

  • Contoh kalimat untuk memberi tanggapan perkenalan

 

Setelah saling memperkenalkan diri satu sama lain, merupakan hal yang sangat wajar jika kamu bisa berbasa-basi sedikit sehingga obrolan pun menjadi lebih cair. Berikut ini beberapa contoh kalimat basa-basi yang bisa kamu gunakan untuk memberi tanggapan perkenalan:

  • Wow, that is a very great name. (Wah, nama yang sangat bagus.)
  • Oh okay, hi Fitri. Where do you come from? (Oh baiklah, hai Fitri. Kamu asalnya dari mana?)
  • Yes, it is pleasure to know you Fitri. How are you today? (Menyenangkan sekali bisa bertemu dengan kamu Fitri. Apa kabarnya kamu hari ini?)
  • Hi Fitri, it is a beautiful name. Have you had your breakfast yet? (Hi Fitri, nama yang sangat cantik. Apa kamu sudah sarapan?)

 Contoh Perkenalan Sebagai Siswa Baru

Pada hari pertama masuk sekolah, biasanya pelajaran belum akan dimulai dan dimanfaatkan sebagai ajang untuk saling berkenalan dengan siswa yang lain. Masing-masing siswa di kelas akan diminta untuk memperkenalkan diri mereka masing-masing di depan kelas. Nah, persiapkan diri dan susun kalimat dalam bahasa Inggris sebaik mungkin untuk berkenalan di depan kelas. Berikut ini contoh kalimatnya:

 Hello everybody! My name is Fitri Nuraini. You can call me Fitri. I am 13 years old now. I come from Jogja and right now live in Kartika Street, South Jakarta. I live with my parents and little sister. I love reading books, travelling, and watching movie. My dream is become a doctor in the future. 

 Contoh Perkenalan Saat Interview Kerja

Ketika melamar pekerjaan biasanya pihak perusahaan akan meminta kamu sebagai calon karyawan untuk memperkenalkan diri. Terutama jika kamu melamar di perusahaan asing, perkenalan dalam bahasa Inggris sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan calon karyawan dalam berbahasa Inggris. Berikut ini contoh kalimat yang bisa kamu gunakan untuk interview kerja:

 Good afternoon, sir! My name is Fitri Nuraini from Jakarta. I am 22 years old and a fresh graduate from Singapore University. I have good capability in English both writing and speaking. I am a hardworker and discipline person and sure can finish my responsibility as the deadline. I have a lot of experience also in so many organizations that guide me to learn a lot of things how to communicate with other people. I believe I can work well in this company and give good contribution. Hope you can consider me as your next staff.  

 Contoh Perkenalan Saat Memulai Rapat

Rapat atau meeting biasa diadakan baik oleh perusahaan maupun organisasi tertentu untuk membahas program kerja atau hal lain yang penting untuk dibicarakan bersama. Nah, pemimpin rapat biasanya akan memperkenalkan diri dan orang-orang yang nantinya terlibat dalam pengambilan keputusan saat rapat. Berikut ini contoh kalimatnya:

Good morning, everybody! Thank you very much for coming to this meeting. I hope everybody is healthy and happy to have this meeting. My name is Fitri Nuraini as a moderator on this meeting. Here, I will introduce Mr.Frans as our leader and Mr.Rudy as the assistant. Today, we will discuss and present our new project of our company. 

 Ketika menggunakan kalimat percakapan khususnya untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, jangan lupa untuk memperhatikan konteks dan situasi. Apakah perbincangan tersebut dengan orang yang lebih tua seperti pimpinan atau teman seumuran. Tentu bahasa dan cara penyampaiannya pun akan berbeda.

Leave a comment