Cara Membuat Iklan di Google Adwords dengan Mudah

Cara Membuat Iklan di Google – Bisnis di era digital saat ini semakin berkembang pesat seiring dengan semakin meningkatnya pengguna internet dan kemudahan akses teknologi untuk media sosial maupun mesin pencari. 

Hal ini dilihat sebagai peluang bisnis yang sangat menggiurkan bagi para pelaku bisnis, sehingga banyak yang memanfaatkan platform yang ada untuk promosi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google Adwords Indonesia untuk memasang iklan produk barang atau jasa yang diperjualbelikan. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa mesin pencari Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling populer dan banyak digunakan hampir 90% dari keseluruhan pengguna internet. Sehingga peluang orang-orang yang akan melihat produk yang Anda iklankan di Google semakin banyak seiring dengan meningkatnya traffic pada iklan Anda. 

Ketika produk yang Anda jual sudah didaftarkan dan dipasang iklannya melalui Google Ads, maka produk Anda akan muncul pada halaman pertama pencarian. Anda bisa memperhatikan screenshoot gambar dan perhatikan halaman yang ditandai dengan tulisan Ad berikut.

Pengertian Google Adwords Indonesia dan Fungsinya

Seperti namanya, Google Adwords merupakan platform iklan yang disediakan oleh Google untuk para pengguna internet yang ingin mengatur iklan dari produk bisnis yang dijalankan. Google Adwords memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk dapat mengatur lokasi target pasar, jaringan Google, umur target konsumen, bahasa, dan lain sebagainya. Sehingga dengan memasang iklan melalui Google, produk Anda dapat lebih banyak dilihat orang dan tentu saja dapat berdampak pada meningkatnya penjualan. 

 Platform periklanan Google Adwords Indonesia ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur budget iklan yang akan ditayangkan. Sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan strategi pemasaran dengan menyesuaikan budget yang tersedia. Pembiayaan Google Ads sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu biaya per klik (pay per click), biaya per 1.000 impresi (pay per thousand impression), dan biaya per konversi (pay per conversion). 

 Cara Membuat Iklan serta Pasang Iklan di Google Adwords

Bagi Anda yang ingin meluaskan target pasar dari produk bisnis yang sedang Anda jalankan, maka Google Adwords bisa menjadi salah satu solusi terbaiknya. Selain memberikan detail yang cukup kompleks dalam hal pengaturan target iklan, cara membuat iklan di Google pun terbilang cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti jika ingin pasang iklan di Google:

 

  • Mendaftar Google Ads

 

Sebelum Anda mencoba cara iklan di Google dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada Google Adword, tentunya Anda harus mendaftar terlebih dahulu di Google Ads. Anda dapat mendaftarnya melalui link https://ads.google.com/intl/id_id/start/. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. 

Setelah muncul tampilan tersebut, pilih dan klik Mulai Sekarang atau Start Now. Tunggu sampai muncul tampilan baru seperti gambar berikut ini:

Jangan lupa isi semua informasi yang diminta pada form isi alamat email dan situs web yang Anda miliki dengan tepat dan benar. Sehingga sebelum mendaftar Google Ads pastikan Anda sudah memiliki website yang profesional. 

Buat website semenarik mungkin agar pengunjung tertarik untuk mengklik website Anda dan akhirnya membeli produk yang Anda jual. Tidak harus menggunakan website berbayar, karena Anda juga bisa memanfaatkan situs web gratis seperti blogspot atau wordpress. 

 

  • Siapkan kampanye iklan yang akan ditayangkan

 

Setelah mengisi formulir dan mengklik Lanjut, Anda akan mendapat panduan secara langsung tentang cara membuat iklan dengan mengisi form yang telah disediakan. Perhatikan dengan seksama apa saja form pertanyaan yang harus diisi. Kemudian pilih dan klik Simpan dan Lanjutkan. Berikut ini beberapa form pertanyaan yang tersedia dan diperlukan dalam pembuatan iklan Anda. 

  • Menetapkan anggaran harian

Anggaran harian yang harus dikeluarkan untuk iklan harus ditentukan sebelum iklan tersebut tayang agar sesuai dengan budget sehingga strategi iklan pun dapat lebih terarah. Dalam kolom seperti gambar berikut ini, Anda bisa mengisi berapapun nominal per hari yang akan Anda keluarkan untuk iklan. 


  • Menentukan target pemirsa

Target pemirsa adalah target market yang berpotensi akan membutuhkan dan membeli produk yang Anda jual. Anda bisa memilih target pemirsa mulai dari kategori lokasi, umur, hingga jenis kelamin. Selain memilih dan menentukan target market yang akan dituju, Anda juga bisa memilih pengecualian jika ada lokasi yang menurut Anda tidak sesuai dengan target market. Berikut ini contoh gambarnya:

 

  • Menentukan jaringan iklan

 

Agar iklan yang ditayangkan bisa lebih efektif dan efisien, maka sangat perlu untuk memilih jaringan iklan atau situs yang menampilkan iklan yang Anda buat berdasarkan hasil penelusuran. Sangat disarankan untuk tidak mencetang pilihan display network karena terkadang dapat menjangkau pemirsa yang kurang tepat sehingga iklan pun menjadi kurang efektif. 

 

  • Menentukan kata kunci

 

Kata kunci atau keyword menjadi salah satu faktor penting yang harus dipiih dan ditentukan sesuai dengan target market. Pilih kategori kata kunci yang spesifik dan sesuai target market, serta banyak dicari orang di laman pencarian. Jika bingung menentukan kata kunci tersebut, posisikan diri Anda sebagai pencari informasi terhadap barang yang dibutuhkan. Pikirkan kira-kira kata kunci seperti apa yang harus diketikkan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang Anda inginkan. 

 

  • Menentukan nilai Bidding

 

Bidding merupakan jumlah terbesar yang harus Anda bayarkan untuk satu klik iklan yang tayang. Anda bisa memilih dan menawarkan sendiri jumlah tersebut atau mempercayakan Google Adwords Indonesia untuk menetapkan bidding pada iklan Anda. 

 

 

  • Membuat iklan

 

Anda tinggal mengisi kolom-kolom yang disediakan pada halaman ini. Pastikan bahwa Anda mengisi halaman landing, judul 1, judul 2, dan deskripsi iklan yang akan ditayangkan. Berikut ini gambaran form pertanyaan yang keluar.

Setelah cara-cara membuat iklan tersebut selesai dilakukan, Anda tinggal menunggu iklan produk yang Anda buat tayang. Pastikan saldo pada rekening yang akan didebit untuk keperluan iklan tersebut selalu tersedia agar iklan yang ditayangkan tidak berhenti tiba-tiba. 

 

Leave a comment