Cara Membuat Email yang Mudah di Smartphone dan Komputer

Cara Membuat Email – Email kini telah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dan harus dimiliki setiap pengguna internet. Email menggantikan peran surat kertas yang dulunya banyak digunakan sebagai alat komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya sebelum kemajuan teknologi berkembang seperti sekarang. Dengan menggunakan email, kamu bisa saling berkirim kabar dan berkirim pesan satu sama lain. 

Selain sebagai alat untuk berkirim pesan, kini email juga menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk bisa menggunakan platform digital lainnya seperti media sosial. Tanpa email maka tidak mungkin para pengguna internet bisa memiliki akun media sosial maupun marketplace yang sekarang sedang marak digandrungi. Lalu, apa itu email dan bagaimana cara membuat email?

Pengertian Email 

Secara bahasa email merupakan singkatan dari electronic mail yang memiliki arti surat elektronik. Email digunakan sebagai sarana untuk mengirim serta menerima pesan melalui jalur internet dan jaringan komputer. Email pun kini sudah sangat dengan mudah diakses melalui smartphone dan tidak hanya terbatas pada akses PC komputer atau laptop saja. 

Untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada email, kamu harus memiliki akun email terlebih dahulu. Prinsip kerja surat elektronik ini adalah dengan mengirim pesan antar alamat email yang sudah terdaftar baik melalui Gmail maupun Yahoo yang merupakan search engine paling populer di dunia. Kamu pun dapat mengakses email ini secara gratis sehingga berkirim pesan pun menjadi lebih efektif, efisien, murah, dan cepat. 

Selama ada internet kamu dapat dengan mudah memanfaatkan email ini baik untuk kebutuhan kerja, bisnis, maupun urusan pribadi. Dengan adanya email ini, tidak butuh waktu lama agar orang yang ingin kita kirim pesan ini dapat menerimanya. Bahkan hanya dalam waktu hitungan detik si penerima pesan sudah dapat membaca pesan kamu selama penerima pesan juga memiliki kuota internet.  

Fungsi dan Manfaat Email

Pada dasarnya fungsi dan manfaat email adalah sebagai alat untuk berikirim pesan. Namun, email juga memiliki fungsi dan manfaat lain yang sangat membantu pengguna internet. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaatnya:

 

  • Mengirim dan menerima pesan

 

Jika mengirim pesan obrolan bisa melalui platform media chatting seperti whatsapp atau Line, email biasanya lebih banyak digunakan untuk mengirim dan menerima pesan secara formal. Tak jarang email juga sering digunakan untuk blasting berbagai informasi promosi, bisnis, maupun kesehatan kepada para pelanggannya. Pesan-pesan yang dikirim melalui email dapat lebih cepat diterima tergantung dengan kekuatan dan kecepatan koneksi internet pemilik email. 

 

  • Mengirim dan menerima file

 

Berbagai jenis file seperti foto, dokumen, video, teks, dan lain sebagainya juga bisa dikirim melalui email dengan menggunakan fitur attachment atau lampiran. Sehingga kamu tidak perlu susah-susah untuk berkirim file kepada penerima pesan yang kamu inginkan. 

 

  • Mendaftar berbagai situs

 

Email sangat penting digunakan agar bisa mendaftar berbagai situs karena untuk bisa memiliki akun pada situs tertentu, calon pengguna harus mendaftar menggunakan alamat emailnya. Layanan website, e-commerce, situs forum, media sosial, serta aktivasi layanan lainnya mengharuskan para penggunanya untuk mendaftarkan email terlebih dahulu sebelum mendaftar pada situs yang diinginkan. 

 

  • Sebagai media pemasaran

 

Di era digital seperti saat ini, pemasaran digital sangat penting dilakukan agar bisa memperluas target market. Dengan semakin meningkat dan meluasnya target market, maka omzet pun juga dapat meningkat. Email banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan pemasaran secara online. Meskipun sekarang para pebisnis lebih banyak menggunakan platform media sosial, email tetap menjadi salah satu pemasaran online yang paling efektif. 

Cara Membuat Email Gmail

Gmail merupakan salah satu fitur email yang dibuat oleh Google yang bisa diakses secara gratis. Dengan memiliki akun Gmail, secara otomatis kamu juga dapat memiliki akun Google. Kini Gmail sudah dapat lebih mudah diakses dan kamu bisa mendaftar serta membuat akunnya kapanpun kamu mau. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri mengingat Gmail dulunya hanya tersedia lewat undangan dan terbatas dengan teman-teman pengguna yang diundang saja. 

Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Gmail, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Menyaring spam

 

Pesan spam yang masuk ke email terkadang memang sangat annoying dan mengganggu. Karena jika tidak disarang, email spam bisa sangat mengganggu email-email penting yang perlu dan harus kita baca. Gmail memiliki kemampuan untuk menyaring virus, spam, dan phising iklan. 

 

  • Merger dengan Google Hangouts

 

Gmail juga memberikan layanan Google Hangouts layaknya platform chatting yang bisa kamu gunakan bersama kontak email yang menggunakan fitur ini juga. Layanan ini juga dapat melakukan video call dengan lebih banyak orang. 

 

  • Akses offline

 

Jika kamu tidak memiliki kuota internet kamu masih tetap bisa mengakses Gmail secara offline. Kamu cukup memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser milik kamu. 

Cara membuat email Gmail pun caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka web www.gmail.com pada browser smartphone maupun PC dan laptop.
  2. Pilih dan klik create an account.
  3. Isi biodata diri kamu dengan lengkap sesuai form yang disediakan.
  4. Pilih nama username dan password yang kamu inginkan setelah mengisi biodata secara lengkap. 
  5. Pilih dan klik Next Step lalu tunggu sampai muncul agreement dan klik I Agree pada pilihan yang disediakan. 
  6. Tunggu sampai muncul pemberitahuan bahwa akun email Gmail kamu sudah jadi dan bisa digunakan. 

Cara Membuat Email Yahoo

Yahoo merupakan perusahaan internet yang sama populernya dengan Google. Yahoo juga memiliki fitur email yang bisa digunakan para penggunanya. Cara membuat email Yahoo pun sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke beranda Yahoo Mail
  2. Pilih dan klik Daftar 
  3. Lengkapi form yang ada dan isi biodata dengan lengkap dan benar
  4. Tentukan alamat email dan password
  5. Isi nomor handphone yang aktif dan benar untuk memudahkan proses verifikasi
  6. Pilih dan klik Continue setelah semua data telah diisi dengan benar
  7. Lanjutkan proses verifikasi menggunakan nomor handphone
  8. Cek sms di handphone kamu dan ketik nomor verifikasi yang muncul
  9. Tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa akun email kamu sudah berhasil terdaftar 

Baik Gmail maupun Yahoo keduanya sama-sama bagus untuk digunakan. Selain fitur-fitur yang ada sangat membantu kamu, cara mendaftar dan menggunakannya pun sangat mudah. Pekerjaan dan urusan kamu pun akan lebih dimudahkan dengan adanya email atau surat elektronik ini. 

Setelah mengetahui cara membuat email dengan benar, jangan lupa langsung dipraktekkan. Segala kemudahan untuk kebutuhan seperti pendaftaran ke layanan website atau media sosial tentu akan pekerjaan kamu akan menjadi lebih efektif dan efisien. 

 

Leave a comment