Cara Melacak HP yang Hilang dengan Gmail dan Aplikasi

Cara Melacak HP yang Hilang – Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan primer yang keberadaannya tidak bisa lepas dari berbagai aktivitas yang dilakukan manusia. Mulai dari telpon, sms, chatting, browsing, membaca berita, berbelanja online, melakukan transaksi perbankan, hingga menonton berbagai video hiburan.
Dengan adanya HP yang semakin menunjang dan memudahkan berbagai aktivitas, menjadikan HP memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia pada umumnya. Bahkan, kehilangan HP bisa sangat meresahkan seseorang hingga membuat sebagian orang yang pernah mengalami kehilangan HP menjadi panik.

Entah karena ada data-data penting yang ada di dalam hp tersebut ataupun karena berbagai alasan lainnya. Hilangnya HP ini bisa terjadi karena pencurian, lupa menaruh, tertinggal di suatu tempat ataupun karena jatuh di jalan.

Ketika Anda mengalami kehilangan HP, Anda sebaiknya jangan panik dulu. Nah, langkah apa yang bisa dilakukan sebagai cara melacak HP yang hilang? Yuk kita simak cara-cara melacak HP hilang yang bisa Anda coba lakukan berikut ini.

3 Aplikasi untuk Melacak HP yang Hilang

Saat ini ada beberapa cara melacak HP yang hilang yang bisa kita lakukan dengan menggunakan aplikasi. HP yang berbasis IOS atau Android akan lebih mudah dilacak karena secara umum perangkat tersebut sudah dibekali software yang diperlukan untuk melacak HP hilang atau bisa juga Anda tinggal meng-install aplikasi untuk melacak HP yang hilang.

Beberapa cara melacak HP yang hilang menggunakan aplikasi diantaranya:

1. Cara Melacak HP yang Hilang dengan Find My Device

Di dalam HP Android biasanya terdapat aplikasi Find My Device yang dapat digunakan untuk melacak hp yang hilang. Jika di HP Anda belum terpasang aplikasi Find My Device, Anda bisa meng-install¬ melalui Google Play Store. Aplikasi ini bekerja dengan melacak HP Anda melalui GPS. Selain dapat melacak lokasi HP melalui GPS, beberapa fitur lain yang bisa Anda gunakan dari aplikasi ini diantaranya:

• Membunyikan suara HP dari jarak jauh
• Mengunci HP dari jarak jauh
• Menghapus atau mereset HP dari jarak jauh

Aplikasi Find My Device ini biasanya terhubung dengan akun Google Anda. Cara melacak HP yang hilang dengan aplikasi ini bisa dilakukan jika Anda sudah mengaktifkan fitur ini, untuk mengaktifkannya terlebih dahulu.

2. Cara Melacak HP Hilang dengan Prey Anti Theft

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melacak HP hilang adalah Prey Anti Theft. Aplikasi ini memiliki fitur alarm yang memungkinkan Anda membuat HP berdering dari jarak jauh. Menariknya, aplikasi ini melakukan pelacakan dengan menggunakan SMS.

Untuk dapat memanfaatkan fitur-fitur yang dimiliki aplikasi Prey Anti Theft, tentu Anda harus meng-install aplikasi ini terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa melakukan pendaftaran dan mengaktivasi proteksi di aplikasi Prey Anti Theft.

Ketika Anda mengalami kehilangan HP, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dan mengeklik tombol ‘Yes, My Device is Missing’. Setelah beberapa menit, Anda akan menerima SMS pemberitahuan keberadaan HP Anda. Jika Anda sudah menemukan lokasi HP Anda, Anda bisa mengklik ‘Set Device Recovered’ dan mengikuti langkah selanjutnya. Cukup mudah bukan?

3. Cara Melacak HP Hilang dengan Find My Friends

Aplikasi Find My Friends juga bisa digunakan untuk melacak posisi HP yang hilang dengan menggunakan nomor HP dari HP yang hilang tersebut. Aplikasi ini bisa di download secara gratis di Google Play Store. Namun, aplikasi ini dapat bekerja jika aplikasi terpasang di HP seseorang yang melacak dan HP yang dilacak.

Setelah aplikasi ini terpasang di kedua HP, maka Anda tinggal memasukkan nomor HP yang mau dilacak dan memilih menu ‘Locate’. Dengan cara melacak HP yang hilang ini, Anda akan dapat mengetahui keberadaan nomor HP yang dilacak tersebut.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk melacak HP hilang yaitu dengan menggunakan email. Cara melacak HP dengan email ini bisa Anda lakukan jika HP Anda telah terhubung dengan akun Gmail Anda. Jika tidak terhubung, maka melacak HP yang hilang dengan Gmail tidak bisa dilakukan. Bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan Gmail?

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Gmail

Sebagian besar pengguna HP Android tentu memiliki akun email Gmail. Gmail memungkinkan pengguna Android untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat seperti untuk mengakses Play Store, bahkan akun Gmail ini juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP yang hilang.

Cara melacak HP yang hilang dengan email ini bisa Anda lakukan melalui browser dari HP ataupun browser di PC/Laptop. Cara melacak HP dengan email yaitu:

• Buka Gmail melalui browser, kemudian masuk akun Gmail dengan memasukkan email dan password yang sama dengan email yang ada pada HP yang hilang. Kemudian klik opsi ‘Next’ agar Anda bisa masuk ke akun Gmail Anda.
• Setelah masuk Gmail dengan tampilan versi web, Anda bisa memilih menu ‘titik sembilan’ yang berada di sebelah kanan atas. Selanjutnya pilih opsi ‘akun Google’.
• Setelah Anda masuk ke Google Account, pilih menu ‘Security’ dan scroll ke bawah hingga menemukan menu ‘Find a Lost Device’ atau ‘Temukan perangkat’.
• Selanjutnya pilih HP atau tablet yang ingin dilacak keberadaannya. Anda perlu memasukkan kembali password akun Gmail Anda untuk verifikasi, kemudian klik ‘Next’ atau ‘Berikutnya’.
• Setelah verifikasi berhasil, Anda bisa memilih opsi ‘Locate’ atau ‘Temukan’. Posisi HP yang ingin Anda lacak akan ditampilkan pada maps. Anda bisa klik ‘Refresh’ untuk memantau posisi HP Anda sambil menuju ke lokasi HP Anda berada, ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu lokasinya berubah.

Di halaman itu juga ada pilihan menu dengan fitur lain seperti ‘Play Sound’ atau ‘Putar Suara’ untuk menderingkan ponsel, ‘Lock Device’ atau ‘Kunci’ agar HP terkunci dan tak ada yang bisa membuka, serta ‘Erase Device’ untuk menghapus semua data yang ada di HP tersebut. Bila tidak memilih beberapa fitur tersebut, Anda bisa langsung melihat maps untuk melihat lokasi keberadaan HP Anda.

Dari beberapa cara melacak HP yang hilang di atas, Anda bisa memilih sesuai cara yang Anda inginkan karena semua cara tersebut sangatlah mudah. Menginstal aplikasi melacak HP bisa Anda lakukan sebagai langkah antisipasi. Jika HP Anda sudah ada aplikasi lacak bawaan, Anda tidak perlu meng-install lagi aplikasi lainnya.
Cukup aktifkan terlebih dahulu aplikasi tersebut ataupun sinkronkan Gmail Anda di HP Anda. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda ingin melacak keberadaan HP Anda, HP Anda sudah terhubung dengan Gmail dan dapat dilacak lokasi terakhirnya. Nah, jika Anda penasaran nih dengan cara-cara melacak HP ini, Anda bisa mencoba cara-cara ini terlebih dulu tanpa harus menunggu HP Anda hilang lho.

Leave a comment