Persiapan Sebelum Melakukan Cara Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris – Sahabat, untuk dapat belajar bahasa Inggris(cara belajar bahasa Inggris, cara cepat belajar bahasa Inggris), kita bisa melakukan beberapa cara secara mandiri tanpa harus mengikuti kelas kursus berbiaya.

Perkembangan teknologi informasi mempermudah beredarnya cara dan metode belajar bahasa Inggris yang efektif. Bahan, bahan materi dan langkah-langkah yang praktis juga sudah banyak dibagikan.

Kita dengan mudah dapat memperoleh bahan ajar dan beberapa tips(cara belajar bahasa Inggris, cara cepat belajar bahasa Inggris) dari lembaga khusus, bahkan secara gratis.

Tips belajar bahasa Inggris

Sebelum kita melakukan langkah-langkah tertentu dalam belajar bahasa Inggris, tentu sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu sasaran capaian yang akan kita tuju. Secara umum, belajar bahasa Inggris akan menyasar empat keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

Setelah menentukan mana saja keterampilan bahasa yang akan kita dalami, selanjutnya kita dapat menentukan langkah-langkah termudah untuk mempelajarinya.
Berikut ini merupakan beberapa cara belajar bahasa Inggris(cara belajar bahasa Inggris, cara cepat belajar bahasa Inggris) yang dapat ditempuh.

1. Mendapatkan bahan atau materi yang tepat.

Kita dapat belajar bahasa Inggris melalui berbagai media, namun supaya lebih efektif, kita harus jeli dalam memilih materi. Misalnya, apabila ingin belajar tata bahasa atau grammar, kita dapat memilih bahan berupa wacana-wacana utuh, seperti novel atau berita dalam bahasa Inggris.

Kita juga dapat memanfaatkan video atau film berbahasa Inggris dan lagu-lagu berbahasa Inggris untuk bahan belajar. Faktanya, film dan Novel Harry Potter menjadi bahan ajar bagi banyak mahasiswa bahasa Inggris untuk memperdalam kemampuan mereka ketimbang buku materi.

2. Gunakan bahasa Inggris sejak dalam pikiran.

Harus disadari bahwa dalam berbahasa, kita melakukan proses melihat, berpikir, lalu mengucapkan sesuatu.

Lazimnya, seseorang akan melihat dan berpikir dalam bahasa ibu terlebih dahulu. Selanjutnya, konsep yang ada di dalam otak tersebut barulah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Tentu saja hal tersebut dapat memerlukan waktu beberapa detik, sehingga membuat kita tidak dapat mengungkapkannya secara cepat.

Oleh karena itu, demi menghindari kegagapan, kita harus menggunakan bahasa Inggris sejak dalam pikiran. Ketika kita melihat seekor hewan berkaki empat dan berbunyi “embek”, maka kita tidak perlu berpikir bahwa hewan tersebut adalah “kambing” dan diterjemahkan menjadi “goat” sebelum diucapkan. Melainkan, usahakan langsung menyebutnya sebagai “goat” sejak pertama kali berpikiran di dalam otak.

3. Cobalah cara menghapal yang lebih efektif

Pengetahuan banyak kata memang sangatlah penting dalam mempelajari sebuah bahasa. Namun, sayangnya banyak orang menggunakan teknik menghapal yang tidak efektif sehingga cepat lupa.

Agar kita dapat lebih efektif dalam menghafal kata, kita bisa menghafal dua kata sekaligus dalam bentuk klausa atau kalimat minor. Kalimat minor atau klausa merupakan sebuah kalimat yang hanya terdiri dari subjek dan predikat.

Untuk menyusun kalimat minor atau klausa, kita dapat menampilkan fungsi subjek menggunakan kata benda. Sementara itu, kata sifat dapat digunakan untuk fungsi predikat. Misalnya, “old chair”.

4. Segera Praktikan Kemampuan.

Salah satu langkah buruk yang akan menghambat belajar bahasa Inggris kita adalah prinsip untuk mempraktikkan kemampuan hanya apabila dirasa sudah sangat baik. Padahal, hal itu justru akan membuat kita semakin lambat belajar.

Akan lebih baik apabila kita menyegerakan untuk mempraktikkan hal-hal yang telah kita ketahui mengenai bahasa Inggris. Tidak masalah jika apa yang kita mengucapkan sebuah kata dalam pelafalan yang salah. Yang terpenting adalah, jangan malu apabila mendapatkan kritik dari orang lain mengenai kesalahan-kesalahan.

5. Ikut bergabung komunitas bahasa Inggris.

Di lingkungan akademik biasanya banyak komunitas berbahasa Inggris. Bukan hanya komunitas yang belajar bahasa Inggris, tetapi juga komunitas hobi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasi.

Misalnya, kita dapat belajar bahasa Inggris melalui komunitas film Western. Kita juga bisa sangat efektif belajar bahasa Inggris melalui komunitas penggemar buku luar negeri.

Apabila tidak dapat menemukan komunitas bahasa Inggris secara langsung, kita juga sudah dapat menggunakan jejaring sosial untuk menemukan seseorang lain yang menggunakan bahasa Inggris atau bahkan native speaker.

6. Selalu gunakan kosakata bahasa Inggris yang terbaru.

Penyebab kenapa bahasa Inggris seorang menjadi sulit meningkat adalah karena perasaan nyaman untuk menyampaikan maksud menggunakan kosakata dasar atau yang itu-itu saja. Hal tersebut akan membuat kita kesulitan menambah vocabulary unik yang sangat berguna dalam menyampaikan maksud yang lebih luas.

7. Pahami dan seringlah mengukur kemampuan.

Ketika kita menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi, tentu gaya bahasa yang akan kita gunakan adalah gaya bahasa informal. Sementara bahasa yang digunakan untuk soal adalah bahasa yang formal. Hal tersebut tentu berbeda.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita melakukan uji kemampuan sesering mungkin. Caranya adalah dengan sering menghadapi soal-soal tertulis.

Itulah tadi adalah beberapa tips langkah belajar bahasa Inggris(cara belajar bahasa Inggris, cara cepat belajar bahasa Inggris). Untuk memperoleh lebih banyak informasi mengenai belajar bahasa Inggris, silahkan buka website westwoodprep.com

Leave a comment