Syarat Pembuatan Visa Australia dan Biaya Visa Australia

Biaya Visa Australia – Jika kamu ingin belajar di Australia, kamu tentu membutuhkan visa pelajar Australia. Untuk membuat visa pelajar Australia, kamu harus memenuhi persyaratan dan membayar biaya visa Australia yang jumlahnya telah ditentukan.

Secara umum, semua siswa internasional yang ingin belajar di Australia harus mengajukan permohonan Visa Pelajar (Subkelas 500). Kamu bisa mengajukan permohonan visa ini secara online.
Namun, sebelum kamu mengajukan permohonan visa pelajar Australia, kamu harus mendapatkan bukti resmi surat penawaran yang mengonfirmasi bahwa kamu telah diterima oleh lembaga pendidikan Australia.

Kamu bisa mengajukan visa setelah kamu mendapatkan surat penawaran (letter of offer) atau electronic Confirmation of Enrolment (eCoE). Nah, apa saja persyaratan visa pelajar Australia dan berapa biaya visa Australia? Simak informasinya berikut ini.

Syarat Pembuatan Visa Pelajar Australia

Untuk mengajukan permohonan pembuatan visa pelajar Australia, kamu bisa menghubungi kedubes Australia di Jakarta. Persyaratan visa berbeda – beda tergantung pada jenis studi yang terdaftar dan negara asal kamu.
Secara umum, syarat pembuatan visa pelajar Australia yaitu:

1. Paspor yang masih valid

Paspor yang kamu miliki harus masih berlaku untuk setidaknya enam bulan setelah masa tinggal kamu di Australia.

2. Confirmation of Enrollment Form (CoE)

Untuk mendapatkan visa belajar di Australia, kamu harus terdaftar sepenuhnya di lembaga Australia dan menerima ” electronic Confirmation of Enrolment (eCoE)”. Formulir – formulir ini dikeluarkan oleh lembaga Australia yang akan kamu hadiri. Formulir biasanya dikeluarkan setelah biaya kuliah telah diterima.

3. Bukti Keuangan

Bukti keuangan ini merupakan bukti dana yang cukup untuk menutupi biaya kuliah, perjalanan dan biaya hidup. Mulai Februari 2018, jumlah yang kamu perlu membuktikan untuk biaya hidup (terpisah dari uang sekolah dan perjalanan) ditetapkan sebesar AUD 20.290 (~ US $ 15.600) selama setahun.

Jika kamu memiliki tanggungan (seperti pasangan dan anak – anak), kamu juga perlu menunjukkan bukti untuk dapat menutupi biaya hidup mereka, termasuk biaya sekolah.

Atau, kamu juga bisa menunjukkan bukti bahwa pasangan atau orang tua kamu bersedia mendukung kamu dan bahwa mereka berpenghasilan setidaknya AUD 60.000 (~ US $ 46.140) setahun.

4. Transkrip, ijazah, gelar, atau sertifikat dari sekolah yang kamu hadiri

Persyaratan akademik seperti transkip nilai, ijazah, atau sertifikat lainnya diperlukan untuk pembuatan visa pelajar Australia.

5. Persyaratan kesehatan

Beberapa siswa mungkin diminta untuk melakukan pemeriksaan medis atau radiologis untuk menunjukkan bahwa mereka dalam keadaan sehat (ini berlaku, misalnya, bagi mereka yang berniat untuk melatih sebagai dokter, dokter gigi atau perawat).

Jika disuruh melakukannya, Anda harus menghadiri janji temu dengan dokter yang telah disetujui oleh departemen imigrasi Australia. Kecuali yang dari Belgia atau Norwegia, semua siswa berkewajiban untuk membeli Overseas Student Health Cover (OSHC).

6. Skor Tes Bahasa Inggris

Situs web Departemen Dalam Negeri mencantumkan tes yang memenuhi syarat, dengan kemungkinan menjadi IELTS, TOEFL iBT, Pearson Test of English (PTE) Pearson, dan Cambridge Advanced English (CAE).
Skor yang kamu butuhkan akan tergantung pada apakah kamu memulai gelar penuh, melakukan kursus dasar, atau mendaftar pada kursus Intensif Bahasa Inggris awal untuk Siswa Luar Negeri (ELICOS).

7. Persyaratan karakter

Persyaratan visa pelajar Australia menetapkan bahwa kamu harus memiliki karakter yang baik untuk memasuki Australia. Ini termasuk pemeriksaan catatan kriminal, untuk memastikan kamu tidak memiliki catatan kriminal.

Biaya Visa Australia

Biaya visa Australia subkelas 500 untuk pelajar adalah AUD 620. Biaya aplikasi visa ini tidak dapat dikembalikan. Umumnya biaya visa Australia tersebut berlaku terhadap sebagian besar aplikasi visa, kecuali untuk program pertukaran siswa tingkat menengah dan siswa yang disponsori program Persemakmuran.

Selain itu, mungkin ada biaya – biaya lain yang terkait dengan aplikasi visa kamu, seperti biaya pemeriksaan medis, pemeriksaan kepolisian, dan penerjemahan dokumen ke dalam bahasa Inggris.

Leave a comment