Bentuk Pemerintahan Jerman Yang Unik dan Menarik

Bentuk Pemerintahan Jerman- Jerman merupakan negara yang terletak di Eropa Barat dengan bentuk pemerintahan Republik Federal Parlementer.

Negara yang memiliki nama resmi Republic Federal Jerman ini memilik 16 negara bagian. Jerman memiliki peran dan pengaruh yang sangat penting di Eropa dan dunia.

[irp posts=”12055″ name=”Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa Yang Penting Kamu Ketahui”]

Jerman memiliki keunggulan dalam berbagai bidang diantaranya sebagai pusat industri, pusat sains dan teknologi, maupun keunggulannya dalam bidang ekonomi.

Saat pemerintahan Jerman dikuasai oleh NAZI dengan pemimpinnya yang bernama Adolf Hitler, Jerman terbagi 2 yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.

Bentuk pemerintahan Jerman Barat adalah Republik Federal dengan ibu kotanya di Bonn. Sementara Jerman Timur berbentuk negara Republik Demokratik dan beribukota di Berlin.

Ditandai dengan runtuhnya Tembok Berlin, pada tanggal 3 Oktober 1990 Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu kembali dengan nama Republik Federal Jerman dan beribu kota di Berlin. Itulah kenapa tanggal 3 Oktober 1990 diperingati oleh masyarakat Jerman sebagai hari persatuan Jerman.

Bentuk Pemerintahan Jerman

Jerman merupakan negara yang berbentuk federasi dengan sistem pemerintahan demokrasi parlementer. Dalam pemerintahan Jerman, legislatif dikenal dengan nama Bundestag. Anggota Bundestag dipilih langsung oleh rakyat setiap empat tahun sekali.

Seperti halnya DPR di Indonesia, tugas utama bundestag adalah membuat undang undang serta mengawasi jalannya pemerintahan. Di ruang komisi yang terturup, mereka biasa mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis kepada pemerintah.

Selain itu, bundestag juga bertugas memilih kanselir yang akan memimpin pemerintah selama 4 tahun masa tugasnya. Bundestag juga bisa memiliki kewenangan untuk menggantikan kanselir melalui jalan mencabut kepercayaan atau mosi tidak percaya.

Kanselir Federal dan Pemerintah

Kanselir merupakan kepala pemerintahan, setingkat dengan jabatan Perdana Menteri. Jabatan kanselir biasanya diraih secara otomatis oleh kandidat yang diajukan oleh partai pemenang pemilu yang diselenggarakan 4 tahun sekali.

[irp posts=”12107″ name=”Ingin Kuliah S2 di Jerman? Beasiswa S2 Jerman Ini Bisa Kamu Apply”]

Seorang kanselir memiliki kewenangan untuk menentukan garis haluan negara, yaitu hak untuk menetapkan arah dan prioritas pembngunan. Jadi sebenarnya seorang kanselir memiliki kewenangan seperti halnya Presiden pada negara dengan sistem demokrasi presidensial.

Presiden Federal

Presiden Jerman merupakan Kepala Negara. Tapi kewenangan presiden di Jerman lebih rendah dibanding jabatan Presiden di negara-negara lainnya. Presiden Jerman lebih banyak melaksanakan tugas yang bersifat seremoni seperti mewakili Jerman di luar negeri.

Sementara di dalam negeri presiden mengangkat pemerintah, hakim, dan pejabat tinggi lainnya. Selain itu, Presiden Jerman juga tidak memiliki hak veto terhadap undang-undang yang dibuat legislatif. Presiden hanya memeriksa apakah proses pembuatan undang-undang tersebut sudah sesuai dengan peraturan atau tidak.

[irp posts=”12006″ name=”Ini Alasan Kenapa Kuliah di Jerman Bukan Hanya Mimpi”]

Kesempatan untuk memberikan pengaruh kepada rakyat datang ketika berpidato di hadapan publik, karena pidato tersebut selalu mendapat perhatian besar dari khalayak. Kesempatan pidato tersebut biasanya digunakan untuk menyerukan kepada pemerintah dan parlemen untuk bertindak atas isu-isu aktual yang terjadi di tengah masyarakat

Nah demikian tadi sekilas mengenai bentuk pemerintahan Jerman. Bentuk pemerintahan Jerman memang unik dan rumit. Semoga artikel singkat tadi bisa menambah wawasan kamu mengenai negara Jerman.

Leave a comment