Belajar Bahasa Norwegia yang Mudah Untuk Pemula

Belajar Bahasa Norwegia – Bahasa Norwegia memang bukan merupakan bahasa internasional yang wajib dipelajari. Namun, tidak ada salahnya belajar bahasa Norwegia karena bahasa asing yang satu ini merupakan salah satu bahasa yang mudah dipelajari. Dari segi struktur kata dan kalimatnya sendiri tidak terlalu kompleks dan rumit. 

Kata kerja yang digunakan tidak memiliki banyak perubahan besar dan terbilang cukup sederhana. Tentu akan menjadi keuntungan tersendiri jika ketika Anda berlibur atau berkunjung ke negara ini dan sudah fasih berbahasa Norwegia. Bahasa Norwegia termasuk sebagai bahasa Jermanik dan disebut juga sebagai bahasa Norks. 

Bahasa ini memiliki penulisan huruf vokal yang cukup berbeda dibandingkan huruf vokal pada alfabet biasa. Selain itu, bahasa Norwegia juga mempunyai dialek yang berbeda-beda. Meskipun terbilang unik dan memiliki aksen yang cukup sulit, kosakata dalam bahasa Norwegia cukup mudah dipelajari. Terdapat beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang bahasa Norwegia. 

Cara Belajar Bahasa Norwegia

Bahasa Norwegia merupakan bahasa nasional bangsa Norwegia yang dituturkan oleh 5 juta penutur di dunia. Tidak hanya digunakan di Norwegia saja, beberapa negara lain seperti Kanada, Ekuador, dan Swedia juga menggunakan bahasa ini. Bahasa Norwegia memiliki dua jenis dialek yang berbeda yaitu bahasa Landsmal atau Nynorks yang diambil dari logat daerah dan bahasa Riksmal atau Bokmal yang merupakan bahasa Nasional. 

Susunan kalimat dalam bahasa Norwegia tidak sebanyak bahasa asing lainnya seperti bahasa Arab atau bahasa Inggris. Pelafalan dalam bahasa ini harus lebih konsisten seperti ketika membuat kalimat masa lampau harus disertai akhiran kalimat –e atau kalimat pasif yang harus menggunakan akhiran –s. 

Salah satu hal mendasar yang harus dipelajari dalam bahasa Norwegia adalah bagaimana menggunakan intonasi dengan benar dengan cara menekankan suku kata pertama atau kedua. 

Untuk mempelajari bahasa Norwegia, Anda harus mempelajarinya secara bertahap apalagi jika Anda masih seorang pemula belajar bahasa ini. Berikut ini tahapan yang harus Anda lalui untuk belajar bahasa Norwegia, di antaranya:

  1. Mempelajari kata ganti orang
  2. Mengenali kosakata tentang keluarga
  3. Mengenali kosakata kegiatan harian
  4. Mengenali kata sapaan dalam bahasa Norwegia
  5. Belajar bagaimana memperkenalkan diri dan melakukan percakapan sehari-hari
  6. Sering-sering berlatih dengan mempraktekkannya secara langsung baik secara lisan maupun tertulis

Belajar Kosakata Bahasa Norwegia dan Contoh Kalimat Percakapan

Salah satu hal menarik ketika belajar bahasa Norwegia adalah penulisan huruf vokalnya yang unik dan berbeda. Seperti penggunaan huruf dan cara pengucapannya berikut ini:

  • Memiliki tambahan huruf vokal seperti æ, å, dan ø di luar huruf latin lainnya
  • Pelafalan huruf g adalah (j) sebelum vokal depan seperti y, i, e, dan ø
  • Huruf e dilafalkan seperti mengucapkan kata per dalam vokal tak bertekanan
  • Huruf o diucapkan (u) sebelum 1 konsonan dengan beberapa pengecualian dan diucapkan (o) sebelum 2 konsonan 
  • Huruf k diucapkan (ç) sebelum vokal depan dan diucapkan (k) selain sebelum huruf vokal
  • Huruf sk diucapkan (l) sebelum vokal terbuka

Beberapa kosakata dasar dalam bahasa Norwegia berikut ini bisa Anda pelajari sebagai referensi, di antaranya:

Indonesia Nynorsk Bokmal
Hai hei hei
Selamat tinggal Ha det bra farvel
Tolong vær så snill /’wæːr so snil/ vær så snill /’wæːr so snil/
Terima kasih takk /tɑk/ (takh) takk /tɑk/ (takh)
Itu han/ho/den /den/ (den) atau det /deː/ (deh) den /den/ (den) atau det /deː/ (deh)
Berapa banyak? kor mykje? hvor mye? /wuɾ myːə/
Ya jau /jɑː/ (yah) or ja ja /jɑː/ (yah)
Tidak nei /næj/ (nay) nei /næj/ (nay)
Di mana kamar kecilnya? kvar er toalettet? hvor er badet?
Dari mana Anda datang? kvar kjem du frå? hvor kommer du fra?

 Mempelajari bahasa Norwegia akan sangat memberikan keuntungan jika suatu saat nanti Anda berkesempatan untuk berkunjung ke negara ini. Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dan mengobrol bersama penduduk di sana yang berbahasa asli Norwegia. Apalagi negara ini merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki fenomena alam yang unik dan mungkin tidak ditemukan di negara lainnya. Sehingga sangat beralasan untuk mengunjungi negara ini baik sekedar berlibur maupun untuk urusan pekerjaan. 

Leave a comment