5 Tips dan Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

Belajar Bahasa Jepang – Menguasai banyak bahasa asing selain bahasa Inggris di era globalisasi ini tentu sangat bermanfaat untuk memudahkan berkomunikasi dalam kehidupan sosial. Liburan ke luar negeri yang kini menjadi new lifestyle maupun kerjasama bisnis dan politik lintas negara secara tidak langsung menuntut setiap orang untuk mampu menguasai bahasa asing.

Sehingga tidak perlu membutuhkan jasa intepreter jika menghadapi situasi ketika berhadapan dengan orang asing. Belajar bahasa asing bukan lagi hal yang sulit termasuk belajar bahasa Jepang.

Bagi para pecinta anime tentu tidak asing dengan beberapa kosa kata Jepang. Negara yang diberi julukan negeri sakura ini merupakan salah satu negara maju yang cukup disegani di dunia. Berlibur ke negara Jepang bisa jadi menjadi impian bagi beberapa orang.

Termasuk menjalin kerjasama bisnis dengan negara maju yang terkenal dengan kedisiplinannya yang tinggi ini. Bahasa Jepang pun menjadi bahasa yang cukup layak dipelajari termasuk karena bahasa ini juga masih digunakan oleh beberapa penduduk bekas jajahan Jepang seperti Korea dan Tiongkok.

Belajar Bahasa Jepang Dasar

Tidak seperti bahasa Indonesia yang menggunakan huruf latin yang terdiri dari huruf vokal dan konsonan, bahasa Jepang memiliki beberapa karakter. Sehingga sangat penting untuk belajar bahasa Jepang dasar yang terdiri dari Hiragana, Katakana, dan Kanji ini sebelum lanjut ke tahap ahli. Selain mempelajari huruf dasar bahasa Jepang, mempelajari angka dan bilangan pun juga sama pentingnya. Berikut ini perbedaan ketiga karakter tersebut:

1. Hiragana
Hiragana merupakan huruf dasar berupa suku kata yang wajib dipelajari dalam belajar bahasa Jepang untuk pemula. Huruf jenis hiragana memiliki ciri khas berupa tanda petik di sebelah atas. Bulatan yang berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Suku kata dalam hiragana terdiri dari huruf vokal dan konsonan.

2. Katakana
Katakana merupakan huruf pendukung yang digunakan untuk menulis istilah asing dan binyi onomatopoeia (seperti teriakan). Penggunaan huruf ini agar bahasa Jepang lebih mudah diserap oleh bahasa asing.

3. Kanji
Kanji merupakan huruf dasar pertama yang dibuat orang Cina sehingga baik kanji Cina maupun Jepang tidak ada bedanya. Bedanya kanji Cina sudah dimodifikasi agar lebih mudah mempelajarinya, sedangkan kanji Jepang masih menggunakan bentuk aslinya dengan menggunakan cara baca kunyomi. Kanji tidak hanya suku kata melainkan merupakan ideograf yang mempunyai makna yang karakter-karakternya banyak diambil untuk jenis huruf hiragana dan katakana.

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang

Setelah mengenal huruf dasar bahasa Jepang, langkah selanjutnya adalah mulai mempelajarinya. Dalam proses belajar bahasa Jepang untuk pemula, ada baiknya mengikuti beberapa tips cara belajar bahasa Jepang berikut ini:

1. Kuatkan tekad dan cari informasi
Setiap mulai mengerjakan sesuatu, niat yang sungguh-sungguh adalah modal utama yang harus dimiliki. Ketika niat dan tekad sudah dimiliki, maka untuk mulai belajar bahasa Jepang pun akan lebih mudah.

Selain itu, motivasi yang kuat akan semakin mendorong seseorang untuk lebih semangat dalam mempelajari bahasa Jepang. Motivasi tersebut bisa dicari dengan mencari alasan mengapa Anda harus belajar bahasa Jepang.

Informasi-informasi yang berkaitan dengan cara cepat belajar bahasa Jepang juga akan membantu Anda dalam proses belajar bahasa asing ini. Di era yang serba canggih ini sangat mudah untuk mencari informasi melalui internet bagaimana cara belajar bahasa Jepang.

Anda pun akan dengan sangat mudah mencari tempat kursus bahasa Jepang maupun komunitas-komunitas yang akan mempermudah Anda dalam mempelajari bahasa Jepang.

2. Mulai pelajari tata bahasa Jepang
Tahap awal untuk belajar bahasa Jepang adalah mempelajari sistem penulisan dan kombinasi dari 46 bunyi dasar dalam tata bahasa Jepang. Berikut ini beberapa hal yang harus dipelajari dalam tata bahasa Jepang:

• Pelajari sistem penulisan huruf yang terdiri dari huruf hiragana, katakan, kanji, dan huruf latin yang biasanya digunakan untuk menuli nama perusahaan atau singkatan.
• Pelajari pengucapan (pronounciation ) bahasa Jepang yang terdiri dari 46 bunyi dasar yang dibangun dari lima bunyi vokal dan kombinasi vokal-konsonan. Pengucapan dalam bahasa Jepang pun sama dengan tulisannya seperti halnya dalam bahasa Indonesia.
• Pelajari variasi bunyi dasar karena huruf Jepang memiliki tanda tertentu sebagai tanda variasi bunyi yang berbeda. Variasi bunyi yang berbeda dalam bahasa Jepang juga dapat mengubah makna dari kosa kata tersebut. Seperti perbedaan huruf vokal “o” pendek dan “ooo” panjang akan menghasilkan makna yang berbeda.
• Pelajari tata bahasa Jepang yang akan membantu Anda dalam membuat kalimat. Tata bahasa dalam bahasa Jepang pun cukup fleksibel dan sederhana seperti predikat yang selalu di akhir kalimat, subyek yang bisa dihilangkan, atau kata ganti pribadi yang berbeda karena mengikuti tingkat kesopanan dan formalitas.

3. Seringlah berlatih dan disiplin dengan membuat jadwal
Ilmu tanpa praktek tentu tidak akan ada artinya termasuk dalam mempelajari bahasa Jepang. Setelah mengetahui dasar-dasar yang harus dipelajari, maka praktek berbicara maupun menulis secara terus-menerus akan sangat membantu Anda agar lebih mahir dalam berbahasa Jepang.

Sehingga Anda harus sering-sering berlatih agar teori yang telah dipelajari tidak menguap begitu saja. Jika perlu buatlah jadwal agar lebih disiplin dalam belajar. Membuat jadwal yang teratur dan dilakukan dengan baik tentu akan memupuk kedisiplinan yang nantinya akan menghasilkan hasil belajar yang memuaskan.

Anda bisa mulai menulis huruf Jepang setiap hari secara rutin. Setelah itu, coba praktekkan dengan berbicara menggunakan bahasa Jepang baik ketika berbicara langsung maupun melalui chatting. Selain itu, latihan yang bisa Anda lakukan bisa dengan bergabung dengan komunitas Jepang untuk membantu Anda dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa Jepang.

Mendengarkan lagu berbahasa Jepang, membaca media atau artikel Jepang, meupun sering menonton anime juga akan membantu banyak dalam meningkatkan kosa kata yang dihafalkan.

4. Ikuti kursus atau cari pelatih profesional
Belajar dengan ahli yang fasih berbahasa Jepang tentu akan sangat membantu proses Anda dalam mempelajari bahasa Jepang. Anda akan mendapatkan panduan dan bimbingan secara langsung baik secara offline maupun online. Bahkan sudah banyak lembaga kursus yang menyediakan perangkat lunak untuk memudahkan belajar dengan audio maupun video.

5. Evaluasi diri
Untuk mengetahui seberapa bagus kemampuan Anda dalam berbahasa Jepang, maka sangat penting untuk melakukan evaluasi. Tujuannya adalah agar Anda dapat menguji kemampuan yang dimiliki dan apakah teori serta praktek yang dipelajari sebelumnya sudah membuahkan hasil.

Anda dapat mencoba menguji diri Anda dengan cara berbicara langsung dengan orang Jepang dan jika perlu datang ke Jepang. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuat surat maupun artikel menggunakan bahasa Jepang lengkap dengan jenis huruf yang biasa digunakan orang Jepang.

Tips-tips tersebut diharapkan dapat membantu Anda agar lebih mudah dalam belajar bahasa Jepang khususnya bagi pemula. Agar hasilnya lebih maksimal banyak-banyaklah berkomunikasi dengan teman di komunitas maupun guru kursus Anda. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri ketika akhirnya Anda bisa berbahasa Jepang dengan mahir dan fasih.

Leave a comment