5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula – Di era globalisasi saat ini penguasaan bahasa Inggris menjadi penting karena semua negara saling terhubung sehingga bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang universal. Terlebih lagi bahasa Inggris dipelajari di sekolah maupun di universitas dan seringkali digunakan dalam lingkungan kerja.

Menyadari pentingnya bahasa Inggris dalam kehidupan kita sehari – hari membuat kita perlu belajar bahasa Inggris. Bagamana cara belajar bahasa Inggris untuk pemula? 

5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

  1. Pelajari Kosakata Dasar Bahasa Inggris 

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang pertama adalah mempelajari kata-kata dasar bahasa Inggris, sehingga kalian dapat dengan cepat mulai menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan orang mulai belajar kata-kata bahasa Inggris baru tanpa rencana atau struktur. 

Umumnya, mereka hanya mencoba mendengar kata-kata baru dan menghafalnya secara instan. Tetapi setelah beberapa jam, sebagian besar kata-kata yang mereka hafalkan hilang. Agar hal tersebut tidak terjadi, kalian bisa menerapkan strategi menghafalkan vocabulary bahasa Inggris pemula. 

Strategi vocbulary yang bisa kalian lakukan meliputi:

  • Mempelajari kata-kata yang terdengar sama dalam bahasa Indonesia.

Misalnya, musik – music, koin – coin, bank – bank, gitar – guitar, deterjen – detergent, manajemen – management. 

  • Mempelajari kata-kata yang bertindak sebagai kata benda dan kata kerja. 

Misalnya, act, attact, answer, bomb, brush, back, book, attempt.

  • Belajar kata-kata dengan banyak makna (homonim).

Misalnya:

  • Pitcher : pelempar –  wadah air
  • Left : kiri – pergi
  • Park : taman – parkir
  • Fair : adil – perayaan
  • Bear : tahan – beruang 
  • Mempelajari kelompok kata dengan akar atau akhir yang sama.

Contoh: accept – except, affect – effect, buy – by, hear – here, leave – leaf, write – right. 

Menghafal kosakata bahasa Inggris dengan strategi ini, akan memudahkan kalian menghafal kosa kata bahasa Inggris pemula lebih cepat dan lebih efektif.

  1. Pelajari Angka 

Angka relatif mudah dipelajari bagi kalian yang belajar bahasa inggris untuk pemula, karena angka itu hanya dapat digunakan dengan cara tertentu. Makna angka tetap konstan dan umumnya tidak berubah dari satu budaya ke budaya lain.

Walaupun di banyak negara berhitung dalam pelajaran matematika tidak diajarkan dalam bahasa Inggris, namun nama-nama dasar bahasa Inggris dari angka-angka itu masih diperkenalkan. Cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula yang ingin menghafalkan angka, salah satunya dengan lagu “The Big Number Song”, yang bisa kalian tonton di Youtube Channel.

  1. Pelajari Penggunaan To Be: Is, Am, Are

Susunan kalimat bahasa Inggris hampir sama dengan bahasa Indonesia, yaitu terdiri dari subjek dan predikat atau keterangan. Keterangan kalimat bisa berupa kata benda (noun), kata sifat (adjective), atau  keterangan (adverb).

Dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris, penggunaan to be (is, am, are) harus kalian pelajari dalam belajar bahasa Inggris untuk pemula. 

To be (is, am, are) berperan sebagai kata kerja bantu yang penggunaannya diletakkan sesudah subject (I, you, we, they, he, she, it). 

  • Pola kalimat positif : S + to be + adj/ noun/ adv

Contoh: I am happy.

  • Pola kalimat negatif : S + to be + not + adj/ noun/ adv

Contoh: She is not a singer.

  • Pola kalimat tanya : To be + S + adj/ noun/ adv

Contoh: Are you hungry?

  1. Pelajari Bentuk Kata (Tenses)

Tenses adalah bentuk kata kerja bahasa Inggris yang menunjukkan waktu terjadinya peristiwa. Waktu terjadinya bisa masa lalu, masa kini, atau masa depan. Tenses menjadi dasar yang dipelajari dalam belajar bahasa Inggris pemula. 

Tenses dalam bahasa Inggris pemula meliputi:

  • Berdasarkan waktu terjadinya

–         Past / Masa lalu.

–         Present / Sekarang.

–         Future / Masa yang akan datang.

–         Past Future / Rencana dimasa lalu.

  • Berdasarkan peristiwa yang terjadi

–        Simple / kegiatan sederhana.

–         Continuous / kegiatan yang sedang berlangsung.

–         Perfect / kegiatan yang telah usai.

–         Perfect Continuous / kegiatan yang sedang berlangsung dengan durasi waktu.

Contoh tenses dalam bahasa Inggris pemula:

Peristiwa/WaktuPresentPastFuturePast Future
SimpleI drawI drewI will drawI would draw
ContinuousI am drawingI was drawingI will be drawingI would be drawing
PerfectI have drawnI had drawnI will have drawnI would have drawn
Perfect ContinuousI have been drawingI had been drawingI will have been drawingI would have been drawing
  1. Meningkatkan Kemampuan Listening, Reading, Writing, dan Speaking.

Setelah kalian memahami dasar-dasar belajar bahasa Inggris pemula, selanjutnya kalian harus meningkatkan kemampuan dalam listening (mendengarkan), reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara). 

Salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah dengan membiasakan diri mendengarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Semakin kalian terbiasa dengan kosakata bahasa Inggris yang didengarkan maka akan semakin mudah juga kalian mempelajarinya. 

Untuk dapat meningkatkan kemampuan listening dan speaking, kalian sangat disarankan untuk menonton video percakapan atau mendengarkan lagu berbahasa Inggris. 

Sementara untuk meningkatkan kemampuan reading dan writing, kalian disarankan untuk lebih banyak membaca cerita atau artikel bahasa Inggris, membuka kamus untuk mencari kata asing yang kalian temui dalam bacaan bahasa Inggris, dan menjawab pertanyaan tertulis tanpa melihat bacaan.

Leave a comment