Belajar Bahasa Inggris Dasar

Belajar Bahasa Inggris Dasar  – Belajar bahasa inggris yang baik itu memang harus tahap per tahap. Biasanya diawali dari tingkat yang paling rendah, menengah dan kemudian tingkat tertinggi. Jika anda belum pernah mempelajari bahasa inggris, maka belajar bahasa inggris dasar adalah tingkatan yang paling baik. Tetapi jika anda pernah belajar bahasa inggris sebelumnya. Tidak masalah jika anda mengulang materi pelajaran yang ada di program belajar bahasa inggris dasar.

Belajar bahasa inggris dasar membutuhkan pendekatan yang lebih menarik dan kreatif. Dibandingkan dengan cara lama yang konservatif dengan duduk di dalam kelas dan malahan membuat anda bosan. Program belajar bahasa inggris dasar harus mampu mengajak peserta didiknya mampu menaikkan taraf motivasinya untuk belajar bahasa inggris.

Karena biasanya ada beberapa program belajar bahasa inggris dasar yang terkesan kaku, menakutkan dan membuat beberapa peserta didik merasa tidak nyaman, bulu kuduk berdiri karena merasa materinya terlalu sulit. Bahkan ada yang malah kemudian mundur untuk memutuskan tidak melanjutkan pelajaran belajar bahasa inggris dasar karena materi-materi yang diajarkan di awal terkesan sangat kaku dan menakutkan bagi pemula.

Belajar bahasa inggris dasar biasanya diawali dengan hal-hal menyenangkan seperti belajar simulasi tanya dan jawab. Misalnya siapa namamu, darimana asalmu, makanan kesukaan, minuman kesukaan hingga hewan kesukaan. Biasanya agar lebih menarik dijadikan game dengan kertas atau game variasi yang lain. Awal permulaan ini akan sangat bagus dalam membuat atmosfer pembelajaran bahasa inggris dasar yang menyenangkan.

Pada pertemuan-pertemuan selanjutnya, belajar bahasa inggris dasar bisa ditingkatkan menjadi lebih serius sedikit. Misalnya mengenal beberapa kosakata dalam bahasa inggris. Tutor bisa memberikan penugasan kecil peserta untuk mencari beberapa kosakata. Atau membuat praktek menghafal kosakata dari gambar-gambar di kertas yang disajikan.

Sementara bagi peserta yang mengenal materi kosakata (vocabulary) bisa mempersiapkan diri dengan menghafal kosakata di sekitar kita. Misalnya jika anda tinggal di rumah. Cobalah untuk menghafal minimal lima kosakata (vocab) terbaru di sekitar anda. Misalnya: sandals, shoes, bag, bedroom, bathroom. Kemudian hari berikutnya pindah ke halaman: grashopper, grass, flower, stone, dog, dan cat.

Jika anda rutin menghafal lima kosakata (vocab) baru tiap hari. Maka dalam sebulan saja anda bisa mendapatkan 150 kosakata baru. Penguasaan kosakata ini sangat penting dalam belajar bahasa inggris dasar. Mengapa begitu? Karena dengan menguasai banyak kosakata. Artinya anda mampu untuk memahami percakapan, listening, sampai memahami artikel artikel petunjuk yang disajikan dalam bahasa inggris.

Selanjutnya materi utama yang harus dipelajari saat belajar bahasa inggris dasar adalah grammar atau tata bahasa. Mengapa tata bahasa ini penting? Tata bahasa ibarat kerangka sebuah bangunan sementara isi kerangka berupa semen / cor adalah kosakata (vocab). jadi jika anda menguasai dua hal ini, sudah lebih cukup menjadi pondasi awal anda menguasai bahasa inggris dasar.

Grammar atau tata bahasa pertama yang perlu anda pahami adalah mengenai kata ganti orang. Terutama kata ganti orang kedua dan ketiga. Jika menjelaskan diri sendiri anda tentunya mengenal “I”. maka kata ganti orang kedua tunggal, dia perempuan =she, dia laki-laki = he. Sementara kata ganti jamak seperti kami=we, mereka = they dan seterusnya. Kata ganti ini nantinya akan terus berkembang dan anda pelajari dalam bentuk kepemilikan possesive pronouns. Misalnya “I’ menjadi “mine”. contoh: teman temanku jika dijadikan posseisve pronouns menjadi “ friends of mine” bisa juga “my friend”. tetapi posesive pronouns “I atau me” adalah “mine”.

Sementara posesive pronouns “she” dan “he” menjadi “hers” dan “his”. serta “they” menjadi “theirs”. kenapa posesive pronouns dan kata ganti di atas sebelumya sangat penting. Karena agar anda mudah membedakan kata ganti pertama, kata ganti kedua dan kata ganti ketiga. Pembedaan ini akan menjadi ilmu yang akan terus anda gunakan ketika naik ke tahap belajar bahasa inggris menengah dan belajar bahasa inggris tingkat mahir.

Selanjutnya selain kata ganti (pronouns), anda juga harus memahami to be atau kata bantu kerja yang melekat pada kata ganti di atas. Misalnya jika menjelaskan aku (I) maka kata bantu kerjanya adalah “I am” atau “I’m”. sementara untuk beberapa kata ganti lain, seperti “he, she, dan it” maka kata bantu kerjanya adalah “is” misalnya dalam contoh “he is a teacher”, “she is a nurse”. nah untuk kata bantu kerja “they, we, dan you” menggunakan kata bantu “are” menjadi seperti contoh: “you are beautiful”, “they are sailors”.

Leave a comment