Tips Belajar Bahasa Hokkien dengan Cara Mengetesnya

Belajar Bahasa Hokkien – Bahasa Hokkian atau disebut juga dengan bahasa hokkien ini sebenarnya sebuah bahasa tradisional dari bahasa min Selatan. Ini disebut juga dengan salah satu bagian dari bahasa Han.

Umumnya bahasa ini kerap dipakai di area Fujian atau Hokkien, Taiwan, dan juga di Guangdong, beserta di kawasan Asia Tenggara dimana ada banyak Tionghoa perantauan berasal dari Fujian.

Bahasa hokkian ini disebut juga dengan bahasa Holo di kawasan Tiongkok dan juga Taiwan. Bahasa hokkian ini terbagi atas 3 logat. Yaitu, ada logat Zhangzhou atau logat Ciangciu, logat Quanzhou atau logat Cuanciu, dan logat Emui yang dulunya disebut juga dengan Amoy.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Bahasa Tiochiu itu sendiri merupakan salah satu logat untuk bahasa ini. Hanya saja, karena banyak penduduk Tiochiu berada di area Guangdong utara, sehingga bahasanya menjadi terpengaruh oleh bahasa Kanton.

belajar bahasa

Belajar Bahasa Hokkien dengan Efektif

Di Indonesia, bahasa hokkien itu dikenal menjadi bahasa ibu untuk para komunitas Tionghoa yang berada di kota Medan, Palembang, Pekanbaru, Kepulauan Riau, dll. Maka dari itulah, jika Anda sudah belajar bahasa ini dan Anda ingin tahu seberapa jauhkah pemahaman Anda tentang bahasa hokkian ini, sebaiknya lakukan saja dengan cara mengetesnya.

Baca Juga  Cara Mudah Belajar Bahasa Kantonis

Jadi, sesudah Anda mempelajari berbagai macam metode pembelajaran dari bahasa Hokkian, maka sebaiknya Anda lakukan tes untuk mengetahui seberapa jauhkah kemampuan berbahasa Anda tersebut. Karena, bila Anda hanya belajar saja tanpa mengetesnya, Anda tidak akan bisa mahir. Bahkan, tanpa praktik, maka semua yang Anda pelajari berarti nol atau kosong.

Maka dari itulah, penting untuk melakukan tes setelah belajar bahasa hokkian agar Anda bisa semakin mahir. Salah satu caranya adalah dengan sering berbicara dengan para native speaker.

Dengan sering melakukan percakapan bersama para native speaker, hal ini akan membuat kemampuan bahasa hokkien Anda menjadi semakin terasah dan semakin mahir. Anda bisa melakukannya dengan cara mencari banyak teman yang berasal dari kawasan Tionghoa.

Sehingga, Anda dapat mengetes kemampuan Anda tersebut setiap hari hanya dengan chatting menggunakan aksara mereka atau bahkan telepon dan melakukan panggilan video call bersama mereka secara aktif.

bahasa asing

Tentu saja harus menggunakan bahasa hokkian. Cara ini cukup efektif dalam mengetahui seberapa jauhkah kemampuan Anda dalam memahami bahasa ini secara menyeluruh.

Entah itu dari mengenali aksaranya sampai dengna memahami kemampuan dari segi pengucapannya. Sering praktik setiap hari bisa membuat Anda mahir dalam belajar bahasa hokkien. Karena secara tidak langsung, hal ini akan menjadi keseharian Anda. bahasa yang telah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari itu jauh lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan Anda hanya belajar di depan buku saja.

Selanjutnya, tugas Anda adalah cobalah untuk belajar memahami koran dan juga lagu dari bahasa hokkien. Kemampuan berbahasa Anda akan semakin terlihat jelas bila Anda sudah cukup paham dengan koran yang menggunakan bahasa ini. Cobalah sekali-kali untuk membaca koran itu dengan baik.

Baca Juga  Contoh 100 Kosakata Bahasa Mandarin Cocok untuk Pemula

Setelah itu, pahami untuk setiap kalimat yang ada. Bila sudah, ceritakan lagi menggunakan bahasa Indonesia. Bisa memahami dan membaca koran dari bahasa hokkian ini menandakan bahwa kemampuan tata bahasa Anda itu sudah cukup tinggi.

Setelah itu, Anda tinggal belajar untuk memahami sebuah lagu. Bila Anda paham dengan bagaimanakah makna dari lirik lagu itu secara keseluruhan, dan Anda dapat menyanyikan lagu itu dengan baik dan benar, maka itu artinya kemampuan bahasa hokkiean Anda telah melampaui di atas dari rata-rata.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"