6 Tips Mendapatkan Beasiswa Australia

Beasiswa Australia – Kualitas universitas-universitas di Australia diakui di dunia. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan ketika kuliah di luar negeri adalah biaya kuliah. Biaya kuliah di luar negeri seperti Australia tentu tidaklah murah. Namun, ada banyak beasiswa Australia yang bisa membantu meringankan kuliah kamu di Australia.
Banyak siswa internasional yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa. Nah, bagaimana cara mendapatkan beasiswa Australia? Simak tipsnya berikut ini.

6 Tips Mendapatkan Beasiswa Australia untuk Membantu Studi di Australia

1. Lamar Beasiswa Australia Sebanyak Mungkin

Ada banyak peluang beasiswa Australia yang tersedia. Dengan melamar beasiswa sebanyak mungkin, tentu peluang kamu mendapatkan beasiswa Australia juga semakin besar.

Kamu bisa mencari beasiswa dari berbagai sumber seperti lembaga pendidikan, pemerintah Australia, pemerintah Indonesia, organisasi internasional, dan lainnya. Selain itu, biasanya ada juga beasiswa universitas untuk fakultas – fakultas tertentu, misalnya fakultas sains.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan beasiswa Australia, kamu bisa menanyakan beasiswa di fakultas yang kamu pilih. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari beasiswa adalah dengan menggunakan mesin pencari di internet.

Kamu bisa mencari informasi mengenai beasiswa sebanyak – banyak di internet. Setelah menemukan yang cocok, kamu bisa mencoba melamar beasiswa tersebut.

2. Bergabung dengan Grup Komunitas

Meskipun sebagian besar beasiswa diberikan berdasarkan nilai akademis yang tinggi atau untuk orang yang membutuhkan bantuan finansial, namun beasiswa Australia juga dimungkinkan untuk seseorang yang belajar di Australia dengan berpartisipasi dalam komunitas.

Jika kamu bergabung dengan komunitas tertentu atau klub olahraga, maka peluang untuk mendapatkan beasiswa Australia lebih besar.

3. Mengetahui Kriteria dan Persyaratan Beasiswa

Agar kamu bisa mendapatkan beasiswa Australia, tentu kamu harus mengetahui persyaratan dan kriteria yang diminta beasiswa yang akan kamu lamar.

Nah, kamu harus membaca dengan cermat setiap persyaratan beasiswa, terutama dokumen yang dibutuhkan, deadline beasiswa, dan pastikan aplikasi yang kamu kirimkan memenuhi tenggat waktu.
Dokumen pendukung yang biasanya diminta seperti personal statement (pernyataan pribadi), surat referensi, sertifikat keterampilan bahasa Inggris, dan lainnya.

Jika ada kriteria atau persyaratan beasiswa Australia yang belum kamu pahami, kamu bisa bertanya kepada penyedia beasiswa sebelum kamu mengirimkan aplikasi beasiswa tersebut.

4. Buatkah Aplikasi yang Menarik dan Meyakinkan

Walaupun ada banyak yang tersedia, biasanya peminat beasiswa juga banyak. Tentu saja kamu memiliki banyak saingan untuk mendapatkan beasiswa. Ketika kamu telah menemukan beasiswa yang ingin kamu lamar, buatlah aplikasi yang menarik dan meyakinkan.

Nah, saat membuat aplikasi, usahakan tidak ada kesalahan dalam aplikasi permohonan beasiswa yang kamu buat. Kamu juga perlu memastikan aplikasi yang kamu buat terperinci.

5. Dapatkan Saran dari Pengajar atau Pembimbing

Untuk mencari beasiswa yang cocok, kamu bisa meminta saran dari guru, pengajar, atau pembimbing. Mereka dapat memberikan kamu saran dan tips – tips untuk membantu kamu mendapatkan beasiswa Australia.

6. Buatlah Dirimu Terlihat Profesional

Nah, tips mendapatkan beasiswa Australia yang terakhir yaitu buatlah dirimu terlihat profesional. Salah satu cara membuat dirimu terlihat profesional adalah dengan tampil sebagai seorang yang profesional.

Saat ini media sosial bisa dijadikan untuk melihat tampilan profesional kamu. Pernah mendengar seseorang yang gagal magang di NASA karena memposting kata – kata tidak sopan di media sosialnya?

Dari peristiwa yang menimpa orang tersebut, kita bisa mengambil pelajaran bahwa jika kamu ingin terlihat profesional, kamu harus menjaga sikap di hadapan publik, salah satunya di media sosial atau di dunia maya. Nah, buatlah profil online kamu menarik dan hindari memposting hal – hal yang tidak pantas.

Leave a comment