Pengertian Bahasa Pemrograman dan Contohnya

Istilah bahasa pemrograman sudah tidak asing lagi dalam dunia teknologi sehingga juga dikenal dengan istilah bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Segala hal yang berkaitan dengan teknologi komputer, smartphone, dan aplikasi seperti twitter, facebook, gojek, game, mesin harga di swalayan, maupun sistem komputerisasi di pabrik-pabrik semuanya berkaitan erat dengan bahasa pemrograman. 

Bahasa ini digunakan untuk menerjemahkan baris-baris instruksi agar menjadi bahasa yang mudah dimengerti oleh mesin. Bahasa pemrograman memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kinerja teknologi. 

Terdapat berbagai jenis bahasa pemrograman yang digunakan berdasarkan kebutuhannya terhadap teknologi yang dibuat. Bagi Anda yang ingin terjun dan mendalami ilmu di bidang teknologi, maka bahasa pemrograman menjadi salah satu subjek yang wajib dipelajari. 

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrogaman adalah bahasa yang digunakan dalam suatu teknologi untuk menerjemahkan perintah yang diberikan programmer menjadi bahasa yang bisa dipahami dan dijalankan oleh mesin. 

Sebagai contoh pada komputer yang menggunakan instruksi dalam bentuk biner atau bit-bit yang bernilai 0 atau 1. Hasil dari bahasa pemrograman ini bisa dilihat pada aplikasi Android, marketplace, aplikasi pembayaran di kasir, dan lain sebagainya.

Beberapa bahasa pemrograman yang cukup terkenal di antaranya adalah C++, C, Java, phyton, PHP, Cobol, basic, dan lain sebagainya. Bahasa pemrograman memiliki 4 tingkatan atau kategori, di antaranya adalah:

  • Bahasa Tingkat Rendah

Tingkatan bahasa pemrograman yang satu ini disebut juga sebagai low level language yang lebih ditujukan pada mesin. Bahasa ini lebih dekat dengan bahasa mesin jika dibandingkan dengan bahasa manusia dan merupakan kategori bahasa pemrograman yang cukup sulit. 

Tingkat bahasa ini juga disebut sebagai bahasa mesin atau kode mesin dan merupakan satu-satunya bahasa yang bisa diolah komputer tanpa transformasi atau kompilasi. Untuk bisa memahami bahasa pemrograman tingkat rendah, seorang programmer harus memahami bagaimana seluk-beluk perangkat keras yang digunakan.

Contoh bahasa tingkat rendah ini seperti bahasa assembly yang biasa digunakan pada mikroprosesor seperti intel 8088. Bahasa tingkat rendah mengombinasikan angka dan huruf kapital dalam representasi heksadesimal kode mesin untuk menghitung angka Fibonacci ke-n. Contoh: 

83FA0077   8B542408 06B80000   0000C383

  • Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa pemrograman tingkat menengah lebih mudah dibaca dibandingkan bahasa mesin karena memberikan satu tingkat abstraksi di atasnya. Beberapa sumber memasukkan bahasa assembly sebagai contoh bahasa tingkat menengah karena kedekatan bahasa ini pada bahasa yang mudah dipahami manusia. 

Selain bahasa assembly, contoh lain dair bahasa pemrograman tingkat menengah adalah Microsoft Macro Assembler (MASM). 

Berikut ini contoh bahasa pemrograman pada tingkat menengah yang lebih mudah dipahami, seperti:

fib:

mov edx, [esp+7]

cmp edx, 0

ja @f

mov eax, 0

ret

@@:

cmp edx, 3

Ja @f

mov eax, 1

ret

  • Bahasa Tingkat Tinggi

High level programming language mulai dikenal sejak generasi ke-3 bahasa pemrograman dan hingga saat ini bahasa pemrograman tingkatan ini tetap disebut sebagai bahasa tingkat tinggi. 

Bahasa pemrograman ini berorientasi pada obyek, basis data, basis web dengan konsep cloud, pemrograman perangkat mobile, dan masih banyak lagi. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi yang cukup terkenal seperti C++, PHP, Pascal, Delphi, dan Visual Basic. 

Bahasa pemrograman ini juga lebih mudah dipahami karena menampilkan “Message Box” dengan menggunakan Visual Basic 6.0. Berikut ini contoh bahasanya:

Private Sub Form_Load()

‘ Execute a simple message box that says “Hi, World!”

MsgBox “Hi, World!”

End Sub

  • Bahasa Tingkat Object – Oriented dan Visual/Very-High Level

Object-Oriented Programming (OOP/PBO) merupakan tingkatan bahasa tingkat khusus dan disetarakan dengan VHLL (Very High Language Level). Bahasa pemrograman ini diterapkan pada tingkat bahasa pemrograman seperti Visual Basic.NET dan PHP. 

Bahasa pemrograman ini berorientasi pada obyek dan merupakan bagian pengembangan dari bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan tingkat abstraksi yang sangat tinggi. Tingkatan bahasa pemrograman ini bersifat lebih spesifik dan terbatas pada tujuan, jenis, dan aplikasi tertentu yang spesifik. 

Beberapa contoh bahasa pemrograman Object-Oriented seperti PHP, Java, Visual Basic.NET, JSP, dan ASP. Berikut ini contoh pengaplikasian bahasa jenis ini:

Public Class Forml

Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button1.Click

MsgBox(“Hi, World!”, MsgBoxStlye.Information, “Hi, World!”) ‘ Show a message that says “Hi, World!”. 

End Sub

End Class

Jenis-jenis Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman terdiri dari berbagai jenis dengan masing-masing fitur dan keunggulan yang disesuaikan dengan fungsi dan tugasnya. Berikut ini beberapa di antaranya yang cukup populer, yaitu:

  • Bahasa C

Bahasa C dikenal sebagai bahasa pemrograman yang sudah dikembangkan sejak tahun 70-an sehingga dianggap sebagai bahasa tertua. Bahasa ini tetap menjadi acuan dalam pembentukan bahasa pemrograman lainnya seperti C++ atau C# meskipun bahasa C dasarnya sendiri sudah jarang digunakan. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam sebuah software menjadi salah satu contoh dari penggunaan bahasa C. 

  • Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer dan paling banyak digunakan baik untuk perangkat komputer maupun smartphone. Bahasa jenis ini memiliki banyak keunggulan seperti sifatnya yang multi platform dan mudah digunakan untuk berbagai jenis basis software dan sistem operasi, mudah dikembangkan, mudah dalam penyusunan skrip, dan lain sebagainya. 

  • JavaScript

Meskipun namanya sama, bahasa JavaScript berbeda dengan bahasa pemrograman Java. JavaScript lebih berfokus pada bahasa komputer yang digunakan untuk pengembangan website. 

Berbeda dengan Java yang lebih berfokus pada aplikasi OS dan Non OS. Dengan menggunakan bahasa JavaScript, website yang dikembangkan bisa memiliki penampilan visual yang menarik dan interaktif. 

  • PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang juga tidak kalah populer khususnya di kalangan developer. PHP merupakan kependekan dari Hypertext Pre-Processor yang merupakan bahasa komputer yang biasa digunakan untuk mengembangkan situs pada jaringan internet. 

Bahasa PHP akan mengintegrasikan managemen database yang ada dengan situs yang dibuat. Bahasa jenis ini bisa digunakan secara gratis dan website yang dibuat dapat dikembangkan secara dinamis karena terdapat fitur server side scripting. 

  • Visual Basic

Visual Basic dikembangkan oleh Microsoft dan bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang menggunakan operasi Windows. Visual Basic memiliki fitur yang beragam dan sangat cocok digunakan untuk pengembangan software sederhana seperti kalkulator, program absensi, program akuntansi, dan lain sebagainya. 

  • Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipahami dan cenderung sederhana. Bahasa jenis ini juga multifungsi karena bisa mengembangkan software maupun aplikasi. Karena bahasa ini merupakan bahasa yang mudah digunakan, maka Python termasuk ke dalam kategori bahasa pemrograman tingkat tinggi. 

Bahasa pemrograman memang cukup sulit dan rumit untuk dipelajari. Namun, jika mengingat fungsi dan manfaatnnya yang luar biasa untuk teknologi komputer maupun smartphone maka subjek ini menjadi sangat worth it untuk didalami dan dipahami. 

Leave a comment