Aupair Adalah Program Pertukaran yang Membawamu ke Jerman

Aupair Adalah – Banyak sekali orang Indonesia yang memiliki cita-cita untuk bisa pergi ke luar negeri. Dahulu untuk bisa ke luar negeri tidak semudah saat ini, banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan program yang memfasilitasi sangatlah sedikit.

Memiliki kesempatan untuk bisa berangkat ke Jerman misalnya, adalah hal yang langka. Sebagian besar yang bisa melakukannya adalah orang yang melanjutkan kuliah atau bekerja.

Biaya yang harus dipersiapkan pun tidak sedikit, belum lagi mengurus visa dan sebagainya. Namun sekarang dengan adanya program au pair Anda bisa lebih leluasa untuk mengunjungi negeri asing yang diinginkan.

Tidak perlu sulit lagi untuk mengurus biaya tiket pulang pergi, tempat tinggal bahkan di sana Anda akan mendapatkan upah. Apa itu aupair dan bagaimana Anda bisa mengikuti program ini? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Aupair dan Tanggung Jawabnya?

Bila dilihat dari arti kata aupair sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis artinya adalah ‘dalam kesetaraan’. Kita juga bisa dilihat dari tujuan program ini diselenggarakan adalah untuk pertukaran kebudayaan. Dimana au pair adalah program yang membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

Jadi seorang aupair adalah orang yang melakukan pekerjaan lintas negara untuk bisa menguasai kebudayaan dan bahasa asing. Keuntungan yang didapatkan dari menjadi aupair tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kamar atau tempat tinggal, gaji mingguan atau bulanan dan juga transportasi.

Sebagai ganti dari fasilitas yang akan Anda dapatkan tersebut maka pekerjaan selama 45 jam seminggu harus dilakukan. Pekerjaan ini akan Anda lakukan di rumah keluarga angkat sesuai negara yang dituju.

Hingga saat ini Jerman adalah negara yang paling banyak dikunjungi oleh seorang aupair karena upah yang didapatkan paling tinggi. Selain itu Jerman adalah negara maju, strategis dan banyak tempat menarik yang patut dikunjungi dimana berbagai kebudayaan berasal.

Keluarga angkat yang membutuhkan aupair adalah mereka yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus anak. Maka seorang aupair harus menggantikan tugas sebagai orang tua pendamping. Berikut ini tanggung jawab yang harus dipenuhi.

Menyiapkan makanan anak dan membersihkan setelahnya
Membantu anak bersiap untuk sekolah
Antar jemput anak untuk semua kegiatan sekolah dan ekstra lainya
Menemani mengerjakan tugas rumah anak
Menjaga kamar anak tetap rapi

Jika dilihat dari tanggung jawabnya maka ketika berada di rumah keluarga angkat, Anda hanya berfokus pada anak-anak mereka. Seorang aupair tidak bertanggung jawab atas pekerjaan rumah yang berat lainnya.

Apa Itu Au Pair dan Siapa yang Bisa Mendaftar?

Melihat dari tanggung jawab seorang aupair sangat sebanding dengan keuntungan yang didapatkan. Anda akan pergi ke Jerman dengan gratis, belajar bahasa, dapat berlibur sesuai waktu yang telah disepakati dan menambah banyak sekali pengalaman hingga teman.

Siapa saja yang bisa mendaftar menjadi seorang aupair? Bagi Anda yang tertarik untuk bisa ke Jerman melalui program aupair, berikut ini syarat yang harus dipenuhi.

Berusia antara 18 tahun hingga 27 tahun
Bukan warga negara Jerman
Belum menikah
Menyukai anak-anak dan memiliki pengalaman mengasuh
Menguasai bahasa Jerman dasar setidak nya level B1
Memiliki SIM atau bersedia mengikuti ujian SIM
Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat dokter
Bersedia menerima kontrak kerja selama satu tahun
Memiliki paspor

Semua syarat tersebut harus dipersiapkan untuk bisa mendapatkan keluarga angkat di Jerman. Anda akan melalui proses screening melalui agen aupair yang akan menyalurkan ke keluarga angkat di sana.

Anda juga akan melakukan beberapa interview dan semuanya harus menggunakan bahasa Jerman. Setidaknya ketika interview Anda bisa meyakinkan bahwa menyukai anak-anak dan memiliki kriteria yang dibutuhkan.

Jika semua proses berjalan dengan lancar, selanjutnya Anda hanya perlu mempersiapkan keberangkatan. Mulai dari pemesanan tiket hingga mengurus visa tinggal. Jika sudah mendapatkan kontrak kerja maka visa akan lebih mudah untuk diurus.

Melengkapi Syarat Au Pair dalam Kemampuan Bahasa

Syarat yang paling penting dari semua poin diatas adalah menguasai bahasa Jerman dasar. Anda harus memiliki sertifikat B1 untuk dapat diakui dan lolos screening. Maka Virtu Education adalah tempat yang tepat untuk Anda belajar bahasa Jerman dalam mempersiapkan diri mengikuti program au pair.

Anda bisa mengikuti program khusus untuk persiapan mengikuti au pair di Virut Education. Program ini akan memberikan materi seputar aupair seperti bagaimana mempersiapkan diri, bahasa Jerman sehari-hari dan juga berbagai tips agar bisa lolos screening hingga tahapan interview.

Selain tempat kursus bahasa Jerman, Virtu Education juga menjadi agen aupair yang terpercaya. Anda bisa lebih mudah mendapatkan keluarga angkat yang benar-benar sesuai dengan program aupair. Sehingga masa kerja dan tinggal selama satu tahun di Jerman lebih terjamin.

Leave a comment