6 Aplikasi Kompres Foto yang Terpopuler dan Panduan Cara Menggunakannya

Kompres Foto – Saat ini kegiatan upload foto sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Tahukah kamu bahwa upload foto menyedot kuota internet yang banyak dan membutuhkan waktu yang lama? Namun, kamu bisa menghemat kuota jika kamu mengkompres foto atau kompres gambar yang akan kamu upload. Ada banyak aplikasi untuk memperkecil ukuran foto agar foto kamu lebih mudah diupload dan menghemat kuota pada saat foto ini diupload ataupun dikirim.

Aplikasi kompres foto yang sudah banyak beredar saat ini, bisa kamu gunakan untuk mengecilkan foto-foto yang akan kamu upload di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan media sosial lainnya tanpa mengurangi kualitas gambarnya lho. Selain menghemat kuota internet kamu, aplikasi kompres foto juga dapat mengurangi tempat penyimpanan / storage di komputer atau di perangkat seluler kamu lho.

6 Aplikasi Kompres Foto yang Terpopuler

Diantara banyaknya aplikasi kompres foto atau gambar, yang paling populer dan banyak digunakan yaitu:

1. Caesium

Aplikasi kompres foto ini tidak membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa kamu download di komputer atau laptop kamu. Selain itu aplikasi kompres foto ini dapat mengecilkan ukuran foto sampai 90% dan juga tetap mempertahankan kualitas gambarnya secara penuh.

Kamu juga bisa mengganti sesuai keinginan berapa persen kualitas foto atau gambar yang ingin kamu kompres misalnya hanya 50% saja atau 30% saja. Berikut ini beberapa cara kompres foto menggunakan aplikasi “Caesium”:

a. Buka aplikasi yang telah kamu download.
b. Kamu dapat menambahkan foto yang kamu ingin kompres dengan mengklik “Add”.
c. Kemudian kamu dapat mengatur rasio kualitas foto yang ingin kamu kompres.
d. Kamu juga dapat menambahkan foto lebih dari satu jika kamu ingin mengecilkan ukuran foto dengan kualitas yang sama dengan mencentang pada “Same for all”.
e. Sama seperti menscan, kamu juga harus memilih tempat penyimpanan foto yang akan kamu simpan di folder sesuai keinginan kamu.
f. Apabila semuanya sudah kamu atur sesuai dengan keinginanmu maka tinggal klik “Compress” dan kompres foto pun selesai.

2. RIOT

RIOT atau ”Radical Image Optimization Tool” adalah aplikasi memperkecil ukuran foto tanpa berbayar dan mempunyai tampilan yang “user friendly”. Aplikasi kompres foto ini juga membuat kamu dapat membandingkan foto sebelum dikompres dan juga foto setelah dikompres.

Kamu juga bisa mengatur warna, kompresi, serta pengaturan metadatanya. Selain itu, kamu juga bisa memilih dalam bentuk apa kamu ingin menyimpannya seperti: JPG, JPEG, GIF, PNG atau yang lainnya.

Berikut ini cara kompres foto dengan aplikasi RIOT :

a. Setelah kamu download, buka aplikasi RIOT pada komputer atau laptopmu.
b. Kamu dapat memilih tombol “Open” pada tampilan di layar untuk memasukkan foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya.
c. Selanjutnya pilih file output sebelum dikompres seperti : JPEG, JPG, PNG, atau GIF.
d. Kamu dapat menyesuaikan kualitas foto sesuai dengan aplikasi atau dengan merubahnya sesuai dengan keinginanmu menjadi berapa persen.
e. Setelah itu klik “Save” dan kompres foto pun selesai.

3. Fileminimizer Picture

Sama seperti aplikasi-aplikasi kompres foto yang telah dibahas sebelumnya, aplikasi memperkecil ukuran foto yang bernama “Fileminimizer Picture” ini juga merupakan aplikasi yang gratis dan tidak membutuhkan koneksi internet, serta dapat mempertahankan kualitas foto pada hasil kompresan kamu.

Aplikasi ini juga terhubung dengan akun Facebook kamu dan kamu dapat mengunggah foto hasil kompres-an kamu langsung ke akun Facebook kamu. Software kompres foto ini juga dapat mengompress foto kamu hingga 98% lho.

Berikut cara kompres foto aplikasi Fileminimizer Picture :

a. Setelah kamu download, buka aplikasi Fileminimizer Picture pada komputer atau laptopmu.
b. Kamu dapat memilih tombol “Open Files” pada tampilan di layar untuk memasukkan foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya.
c. Selanjutnya pilih “Setting” untuk mengatur kualitas dan file output yang kamu inginkan serta tempat penyimpanannya atau juga bisa “default” sesuai dengan pengaturan awal.
d. Setelah itu klik “Optimize files” dan gambarmu pun sudah selesai dikompres.

4. ImageOptim

Aplikasi kompres gambar ini cocok untuk kamu pengguna Macbook , selain ringan aplikasi ini pun sangat mudah digunakan. Kualitasnya pun tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi pengecil ukuran foto pada windows yang telah kita bahas di atas.

Cara kompres foto pada aplikasi ImageOptim yaitu:

a. Setelah kamu download dan kamu Install, buka aplikasi ImageOptim.
b. Kamu dapat menarik foto atau gambar yang ingin kamu kompres (drag and drop).
c. Kompres gambar pun selesai.

5. Kraken.io

Aplikasi mengecilkan ukuran foto lainnya adalah Kraken.io. Aplikasi ini sama seperti aplikasi di atas yang dapat memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya. Terdapat dua jenis kompres pada aplikasi ini yaitu:

a. Lossless merupakan teknik memperkecil ukuran foto tanpa mengubah piksel pada foto. Kamu tidak perlu khawatir foto kamu akan menjadi buram, karena memang didesain mengutamakan kualitas foto yang dikompres.

b. Lossy merupakan teknik memperkecil ukuran foto dengan alogaritma khusus sehingga foto dapat dikompres sampai ukuran terkecil, namun kualitas fotomu tentu akan berbeda tidak seperty Lossless.

6. Paint

Para pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Paint. Aplikasi bawaan windows ini memang terkenal pada masanya sebelum ada aplikasi-aplikasi kompres foto lain yang berkembang belakangan ini. Aplikasi Paint sangat mudah digunakan untuk mengedit atau meresize foto.

Namun aplikasi ini tidak sama dengan aplikasi-aplikasi memperkecil ukuran foto seperti yang telah kita bahas di atas. Bedanya aplikasi paint ini dengan aplikasi di atas yang lain, semakin kita kecilkan ukuran fotonya semakin kecil kualitas gambarnya pula.

Walaupun ada kekurangannya namun dengan tampilan “userfriendly” orang awam pun bisa melakukan kompres foto dengan aplikasi ini karena memang cukup mudah untuk digunakan. Berikut cara kompres foto melalui aplikasi Paint:

a. Buka aplikasi Paint di komputer atau laptop kamu.
b. Pilih menu “File” lalu “Open” dan pilih foto yang ingin kamu kompres.
c. Pilih menu pada toolbar “Resize” akan muncul kotak dialog Resize and Skew, ubah ukuran pada Percentage atau pada Pixel dengan ukuran horizontal dan vertikal sesuai keinginanmu.
d. Apabila mencentang Maintain aspects ratio kamu bisa sesuka hati mengatur ukuran fotomu, namun apabila kamu tidak mencentang nya maka Paint akan mengatur sesuai dnengan pengaturan awalnya (default).
e. Foto kamu pun sudah selesai di kompres.

Nah, itulah aplikasi-aplikasi untuk memperkecil ukuran foto dan kompres gambar yang tidak berbayar dan dapat digunakan tanpa koneksi internet, sehingga kamu dapat memanfaatkannya secara maksimal. Kamu bisa gunakan aplikasi-aplikasi kompres foto gratis ini untuk berkarya.

Leave a comment