Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Untuk PC dan Android

Aplikasi Desain Rumah – Seringkali kita terkagum-kagum dengan desain rumah yang keren, unik, dan terkonsep sedemikian rupa. Sebelum jadi rumah dengan desain yang menarik seperti itu, tentu harus melalui proses panjang mulai dari desain hingga proses pembangunan sampai selesai. Desain rumah menjadi salah satu tahap penting yang harus ada sebagai acuan dalam membuat rumah.

Tanpa desain dan konsep, tentu pihak-pihak yang bekerja untuk membuat bangunan tersebut akan kesulitan dalam membangun rumah. Di zaman yang serba digital ini, aplikasi desain rumah yang bisa diakses baik melalui PC komputer atau laptop dan Android pun semakin banyak. Mendesain dan membuat konsep rumah pun kini semakin mudah dan tidak harus orang yang ahli arsitektur saja yang bisa mendesain rumah.

Anda tidak perlu lagi menyewa jasa arsitektur yang biasanya terkenal mahal, karena dengan menggunakan aplikasi desain rumah ini Anda bisa belajar secara otodidak dan membuat konsep rumah idaman Anda sendiri. Terdapat banyak aplikasi untuk desain rumah yang bisa Anda pilih dengan berbagai fitur dan keunggulan yang berbeda-beda.

Aplikasi Desain Rumah Terbaik di Smartphone

Membangun rumah impian dan mendesainnya sendiri bukan lagi menjadi hal yang mustahil. Dengan menggunakan software desain rumah, Anda bisa mendesain sesuai keinginan dan ide kreatif yang Anda miliki. Apalagi rumah merupakan kebutuhan primer yang setiap hari Anda tempati sehingga harus dibuat senyaman mungkin sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk desain rumah terbaik yang bisa Anda pilih untuk digunakan, di antaranya:

1. Planner 5D

Aplikasi Planner 5D digunakan untuk mendesain konsep rumah baik 2D (dua dimensi) maupun 3D (tiga dimensi). Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat Android yang Anda miliki sehingga setiap ada ide inspirasi baik itu di jalan maupun di rumah Anda bisa langsung menuangkannya melalui aplikasi di smartphone ini.

Berikut ini beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki aplikasi desain rumah Planner 5D, di antaranya:

• Terdapat pilihan item interior dan eksterior melalui katalog yang disediakan hingga lebih dari 150 item yang bisa diakses secara gratis. Untuk katalog yang lebih bervariasi hingga ribuan jumlahnya, Anda bisa mengaksesnya secara premium.
• Memiliki fitur Virtual Reality yang memungkinkan Anda untuk melihat hasil desain yang telah dibuat seperti aslinya.
• Fitur editor yang tersedia cukup sederhana dan mudah dipahami baik untuk mode 2D, 3D, maupun Virtual Reality.
• Dapat diakses baik secara online maupun offline.
• Didukung dalam berbagai bahasa, yaitu Jerman, Inggris, Prancis, Spanyol, Italia, Rusia, Portugis, Jepang, dan Cina.
• Desain interior dan eksterior yang bisa Anda buat sangat beragam mulai dari denah lantai, furnitur, dekorasi, aksesoris, dan semua bagian rumah baik di dalam maupun di luar.

2. Home Design 3D

Home Design 3D merupakan salah satu aplikasi untuk desain rumah yang dapat diakses secara gratis dengan fitur-fitur premium dan unggulan yang dimiliki. Anda dapat mendesain semua bagian rumah sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Berikut ini beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki aplikasi Home Design 3D, di antaranya adalah:

• Tersedia fitur editing untuk merancang dan merenovasi rumah dalam bentuk 3D (tiga dimensi).
• Tersedia beragam jenis lantai dengan versi gold plus, perabot rumah tangga, dinding, hingga bagian luar rumah.
• Fitur yang terdapat pada aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk mengedit ketinggian, ketebalan dinding, membuat sudut, potongan-potongan pintu dan jendela.
• Memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengubah warna, ukuran, dan mengatur posisi setiap elemen dalam desain rumah tersebut.
• Tersedia berbagai pilihan gaya dan konsep mulai dari gaya klasik, modern, minimalis, dan lain sebagainya.
• Bisa diakses secara gratis tanpa harus menggunakan kuota internet.

3. Design Home

Aplikasi Design Home ini sangat cocok buat Anda yang memiliki cita-cita tinggi ingin memiliki rumah mewah dengan kategori high-end. Berbagai model dan rancangan rumah mewah lengkap dengan perabotan yang mewah dan mahal tersedia pada aplikasi ini.

Berikut ini beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki aplikasi Design Home, di antaranya adalah:

• Fitur yang mudah digunakan untuk membuat desain setiap ruangan mulai dari kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, dapur, maupun ruang keluarga dengan berbagai pilihan model dan desain yang menarik.
• Menggunakan aplikasi ini layaknya bermain game sehingga dapat meningkatkan kreativitas Anda dengan berbagai inspirasi yang tersedia.

4. Houzz Interior Design Ideas

Untuk mendapatkan ide-ide kreatif dan inspiratif dalam mendesain rumah, Houzz Interior Design Ideas ini sangat direkomendasikan. Aplikasi yang diciptakan oleh Houzz ini memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda untuk merancang rumah idaman.

Berikut ini fitur dan keunggulan yang dimiliki Houzz Interior Design Ideas, di antaranya adalah:

• Tersedia berbagai jutaan foto interior dan eksterior rumah dalam berbagai gaya dengan resolusi tinggi.
• Tersedia fitur sketsa untuk menggambar langsung pada foto dari Houzz dan membuat anotasi.
• Hasil desain yang sudah Anda buat bisa dibagikan melalui akses ke berbagai media sosial.

Aplikasi Desain Rumah Terbaik di Komputer atau Laptop

Merancang desain rumah melalui smartphone memang memberikan Anda keuntungan untuk bisa membuka dan mengaksesnya dimana-mana. Namun, untuk membuat hasil yang lebih maksimal tentu menggunakan PC atau laptop akan lebih optimal. Berikut ini beberapa aplikasi desain rumah yang bisa diakses di komputer, di antaranya:

1. ArchiCAD

Salah satu perangkat lunak yang cukup populer ini dikenal sebagai software desain all-in-one. Anda dapat mendesain dan merancang rumah impian Anda baik dalam bentuk 2D (dua dimensi) maupun 3D (tiga dimensi). Fitur dan tools yang digunakan pada aplikasi ini sangat mudah digunakan dan mudah dipelajari baik bagi pemula yang baru belajar desain arsitektur maupun arsitek profesional.

Hampir semua fitur yang digunakan untuk mendesain rumah tersedia di sini mulai dari perancangan pondasi rumah, lantai, pembagian ruangan, dinding, penentuan warna, dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa mengonsep rumah impian Anda dengan sebaik mungkin.

2. Softplan

Softplan memberikan Anda kemudahan untuk mendesain dan merancang rumah impian karena easy-to-use atau mudah digunakan dan semua fitur yang ada dapat memenuhi semua kebutuhan desain. Software ini berbasis informasi dan dapat mendokumentasikan semua proyek desain yang Anda kerjakan dengan detail dan lengkap.

Anda dapat mendesain berbagai model rumah impian secara 3D. Bahkan Anda bisa membuat perkiraan biaya real time dan menentukan daftar bahan bangunan yang dibutuhkan secara akurat agar perkiraan biaya yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan budget.

3. Punch Software

Punch Software merupakan aplikasi nomor 1 di Amerika yang mampu mengombinasikan kekuatan NexGen sehingga hasil foto yang terdapat pada aplikasi ini terlihat realistis dan sempurna.

Fitur LightWorks yang terdapat pada aplikasi ini juga dapat memungkinkan Anda untuk menghasilkan desain perumahan pribadi maupun proyek besar seperti apartemen atau hotel dengan lebih cepat dan lebih realistis.

Software ini memang berbayar, namun hasil dan kualitas dari desain serta fitur yang terdapat di dalamnya sudah tidak diragukan lagi. Punch software bisa diakses pada komputer Windows karena sudah kompatibel.

4. AutoCAD

Aplikasi perangkat lunak AutoCAD tentu sudah tidak asing lagi bagi para arsitek. Software ini merupakan salah satu software desain rumah dan bangunan yang paling populer dan banyak digunakan karena fitur-fitur menarik di dalamnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyusun dan merancang desain rumah dengan lebih efisien. Tools yang terdapat di dalamnya pun sangat mudah digunakan karena tampilan layarnya sederhana. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi ini, di antaranya:

• Ruang gambar yang luas dan tidak terbatas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mengalami masalah gambar yang tidak muat karena ruang gambar di AutoCAD ini didukung dengan area untuk Plotting.
• Memungkinkan Anda untuk menggambar dengan lebih cepat dibandingkan menggambarnya secara manual di atas menja gambar.
• Memiliki presisi dan akurasi tingkat tinggi dan detail bahkan hanya dalam 0.005 pun masih bisa terdeteksi dengan baik serta memiliki 13 angka di belakang koma untuk unit yang digunakan.
• Desain gambar yang dihasilkan mudah didokumentasikan dan cukup menyimpannya pada file digital dan folder komputer yang tersedia.
• Didukung dengan sistem pertukaran data dan bisa diekspor serta dimanipulasi pada software lainnya seperti 3D Max, Sketchup, Adobe Photoshop, Nitro PDF, Corel, dan lain sebagainya.

Dengan segala fitur dan keunggulan yang dimiliki masing-masing aplikasi desain rumah, Anda bisa dengan mudah memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mendesain dan merancang rumah impian pun menjadi hal yang sangat mudah dilakukan selama ada aplikasi yang bisa diakses baik melalui PC komputer atau laptop dan Android. Install aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Leave a comment