5 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang yang Cocok untuk Pemula

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang – Belajar bahasa Jepang kini semakin mudah dengan menggunakan aplikasi. Jepang sendiri terkenal sebagai negara maju kreatif dan memiliki kedisiplinan yang tinggi yang terbukti dari bersihnya kota-kota di Jepang. Tak heran jika negara ini menjadi salah satu negara tujuan favorit untuk berlibur dan banyak bekerjasama secara politik maupun bisnis dengan negara lain.

Hal ini secara tidak langsung memotivasi setiap orang yang ingin memiliki hubungan dengan negara Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Kecanggihan teknologi di era digital ini mendorong munculnya industri-industri kreatif dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan dan pelatihan.

Belajar bahasa Jepang memang cenderung lebih sulit dibandingkan dengan bahasa asing lainnya lantaran harus mempelajari juga tulisan hiragana, katakana, dan kanji Jepang. Namun, kini tersedia aplikasi belajar bahasa Jepang offline yang dapat membantu memudahkan Anda untuk mempelajarinya.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Terdapat banyak aplikasi belajar bahasa Jepang yang sangat direkomendasikan khsusunya untuk pemula. Aplikasi-aplikasi belajar tersebut memiliki tujuan dan fungsi yang sama untuk memudahkan proses belajar bahasa Jepang. Berikut ini beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang offline dan online yang cocok untuk pemula:

1. Drops: Learn Japanese

Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini tergolong lebih baru dan menggunakan metode pembelajaran yang cukup simple. Pengguna akan diberi waktu selama 5 menit setiap hari untuk belajar bahasa Jepang sehingga dapat melatih kedisiplinan pengguna yang ingin belajar bahasa ini.

Penekanan yang lebih mudah pada sistem penulisan dan tata bahasa membuat pengguna lebih mudah mempelajari kosa kata dan frasa. Selain itu, Anda juga akan terhibur dengan fitur game yang ada sehingga pembelajaran lebih menarik. Terdapat 99 topik dan 1.700 kosa kata yang bisa Anda pelajari sebagai pemula.

2. Simply Learn Japanese

Metode pembelajaran bahasa Jepang yang digunakan aplikasi Simply Learn Japanese ini sangat mudah dimengerti para pengguna khususnya pemula. Terdapat beberapa fitur seru dan menarik seperti pengucapan audio, kuis, lebih dari 1200 frasa yang terdapat dalam buku ungkapan, dan permainan kartu bahasa.

Pengalaman belajar yang diberikan aplikasi ini akan mendorong pengguna untuk belajar bahasa Jepang dengan lebih cepat meskipun bukan merupakan aplikasi yang paling efektif. Anda pun bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis.

3. LingoDeer

Aplikasi LingoDeer sangat cocok digunakan pemula yang ingin belajar bahasa Jepang karena aplikasi ini memiliki pemilihan kosakata yang sederhana di awal pembelajaran. Pengguna akan diberikan materi pembelajaran kata per kata yang nantinya akan memudahkan pengguna untuk belajar bahasa Jepang tingkat lanjut.

Jika tingkat awal sudah mahir dan fasih, pengguna akan diberikan pilihan pembelajaran dengan tingkat kesulitan yang dinaikkan secara bertahap. Pembelajaran dengan LingoDeer juga dilengkapi beberapa potongan audio untuk mendukung latihan pengucapan pengguna.

Pengguna dapat mempelajari aksara Jepang hiragana, katakana, kanji, dan romaji secara komplit melalui aplikasi ini. terdapat lebih dari 150 kursus pembelajaran sebagai dukungan untuk offline 2.000 kata dan frasa. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis maupun berbayar karena terdapat pilihan donasi pada aplikasi ini.

4. Mondly

Aplikasi bahasa asing yang satu ini menggunakan pendekatan yang cukup berbeda yaitu melalui pembicaraan sebagai metode pembelajarannya. Pengguna yang sedang belajar bahasa akan diajak terjun langsung ke dalam percakapan dan mempelajari semua jenis kosa kata.

Sistem progresif yang digunakan dengan melibatkan komunikasi langsung ini dapat membantu pengguna untuk belajar lebih cepat dengan pemahaman yang bagus. Terdapat fitur pengenalan suara, pengucapan via audio, dan sesi latihan cepat untuk mengevaluasi hasil belajar pengguna.

5. Tandem

Aplikasi belajar bahasa Jepang Tandem tergolong cukup unik karena berbeda dengan aplikasi lainnya. Pengguna akan dilibatkan dalam proses belajar dan berinteraksi dengan pengguna lain di seluruh dunia.

Sehingga pengguna akan merasakan komunikasi langsung dengan pengguna yang sama-sama sedang belajar bahasa Jepang layaknya aplikasi chat yang dilengkapi teks, video, dan audio. Pendekatan yang digunakan aplikasi ini sangat menarik dan pembelajaran pun akan terasa lebih seru dan menarik karena adanya interaksi.

Dengan adanya pelatihan bahasa Jepang berbasis teknologi tersebut tentu akan membuat Anda lebih mudah dan fleksibel dalam belajar bahasa Jepang. Proses pembelajaran pun akan lebih efektif dan efisien karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan untuk datang ke tempat kursus langsung. Anda bisa belajar dalam suasana yang lebih santai dan menyenangkan dengan menggunakan aplikasi ini.

Leave a comment