Apa yang Dimaksud Search Engine, Fungsi Serta Search Engine Terpopuler 2020

Apa yang Dimaksud Search Engine – Mungkin bagi kalian yang suka browsing atau suka menjelajah ke dunia maya, pastinya sangat familiar dengan istilah ‘search engine’ bukan? Untuk mengakses search engine atau mesin pencari, kita perlu terhubung dahulu dengan jaringan internet. Search engine juga bisa diakses oleh siapa saja yang mempunyai akses internet.

Apakah Anda sering mendengar tentang search engine dan bertanya-tanya, sebenarnya apa yang dimaksud search engine? Kali ini kita akan membahas pengertian search engine, macam-macam search engine dan juga fungsinya.

Apa yang Dimaksud Search Engine

Pengertian search engine adalah program yang cara kerjanya mencari serta mengidentifikasi informasi di dalam database berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Misalnya kalian mencari tentang ‘kucing’, maka akan muncul banyak informasi dari kucing yang akan kalian dapatkan.

Pada search engine terdapat database yang berisi alamat dan koten situs-situs tertentu yang ada di World Wide Web (WWW). Menurut Wikipedia, Search Engine adalah sebuah program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server.

Menarik kesimpulan diatas, kita bisa gambarkan bahwa search engine adalah program yang sebenarnya tak ada bedanya seperti sebuah website yang sering kita akses. Namun pembedanya disitu yaitu perannya yang lebih fokus untuk mengumpulkan sekaligus mengorganisir berbagai informasi di internet berdasarkan kebutuhan para pengguna.

Setiap harinya, search engine akan memberi hasil dari pecarian data pada hari itu. Setelah itu akan di urutkan berdasarkan tingkat akurasi dan popularitas di search engine tersebut, sehingga ada muncul keyword yang disebut trending. Dengan kehadiran dari search engine ini, sudah pasti sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.

Fungsi Search Engine

Search engine memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa fungsi dari search engine diantaranya yaitu:

• Menyediakan Informasi Melalui Kata Kunci

Fungsi search engine yang terutama adalah menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Sesuai dengan cara kerja search engine yaitu untuk mendaftar, mengindeks, mendata atau biasa dikenal dengan crawling, beberapa situs yang ada di internet.

Search engine sangatlah popular semakin berjalannya waktu. Terbukti karena saat ini kebanyakan orang akan mencari informasi melalui mesin pencari. Berdasarkan data, setiap hari terdapat lebih dari 4 milyar pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google. Angka ini sangatlah besar, dan menunjukkan jika setidaknya sekitar 40 ribu pencarian dilakukan setiap detiknya.

• Mengindeks Alamat dan Konten di Situs Web

Search engine dapat digunakan untuk mengindeks alamat dan konten situs web yang berada di jaringan internet. Search engine menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamatnya hyperlink-nya dengan “Bot” atau “Crawler”.

Data tersebut akan disimpan setelah dijelajah, hasilnya yaitu daftar indeks situs web yang sangat besar. Google merupakan salah satu search engine terpopuler dan terbesar di dunia. Pada tahun 2017 saja pengguna google semakin meningkat dan terdapat lebih dari 130 triliun halaman situs web yang bisa di akses.

• Media Pemasaran

Semakin meningkatnya pengguna internet yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, maka peluang untuk memasarkan produk melalui internet semakin terbuka lebar. Itulah mengapa saat ini banyak orang menggunakan media online sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau memasarkan produk mereka.

Meskipun tidak semua situs yang aktif berada di indeks pencarian search engine, namun banyak pemilik situs web dengan sengaja membiarkan situsnya terindeks oleh search engine. Tujuannya agar websitenya muncul di hasil pencarian.

Oleh karena itu, fungsi search engine lainnya yaitu dapat digunakan untuk meningkatkan branding melalui konten yang dikemas menggunakan Search Engine Marketing (SEM) maupun Search Engine Optimization (SEO). Fungsi search engine yang sekarang banyak dipelajari adalah media pemasaran atau digital marketing.

Konten yang menarik dan banyak diminati pengguna internet akan membuatnya terindeks oleh mesin pencari. Saat ini sudah banyak pengusaha yang mulai untuk mempromosikan bisnisnya di internet. Sudahkah siapkah Anda untuk mencobanya juga?

Macam-macam Search Engine Terpopuler 2020

Secara umum, fungsi dari beberapa search engine-sama menampilkan informasi yang pengguna cari. Namun, masing-masing search engine memiliki keunikan sendiri. Misalnya ada google yang sering digunakan dan banyak penggunanya.

Namun banyak juga search engine selain google yang tak kalah bagusnya, seperti Baidu, Yahoo, Yandex, Naver, dan lainnya. Biasanya suatu negara memiliki search engine-nya sendiri, seperti China yang lebih sering menggunakan Baidu ketimbang Google.

Berikut beberapa macam search engine yang paling sering digunakan, yaitu:

1. Google (72.37%)

Tidak perlu diragukan lagi jika saat ini Google menjadi search engine terbesar yang digunakan oleh pengguna secara global. Search engine yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat ini menerima jutaan trafik perhari dari orang-orang yang melakukan pencarian.

Berdasarkan hasil survei dari Net Market Share, Google menguasai setidaknya 72.37% pencarian desktop dan pencarian mobile/desktop tidak kurang 92% pencarian di seluruh dunia. Hasil ini sudah pasti jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin pencarian lainnya, yang rata-rata hanya mempunyai kurang dari 10% total keseluruhan.

Selain menjadi mesin pencari yang terpopuler, Google juga menghasilkan berbagai produk unggulan seperti YouTube, Google Adwords, Google Adsense, Gmail, hingga sistem operasi Android yang digunakan jutaan smartphone di seluruh penjuru dunia.

2. Baidu (13.94%)

Perusahaan search engine yang didirikan tahun 2000 ini menjadi situs pencarian yang populer di China. Menjadi search engine yang dipakai hampir seluruh penduduk China membuat Baidu mempunyai peningkatan yang signifikan. Baidu memiliki pangsa pasar sebesar 13% berdasarkan Net Market Share, karena mesin pencari ini melayani bermilyar pencarian setiap bulannya.

Saat ini Baidu hanya fokus melayani pasar lokal di China. Baidu diperkirakan menguasai tak kurang dari 80% pasar pencarian online di China. Sedangkan Google, hanya mendapatkan 10% saja. Padahal dalam persaingan global, Google memiliki pangsa pasar yang lebih besar yaitu sekitar 90%, sementara Baidu hanya 1%.

3. Bing (7.70%)

Microsoft juga tak kalah untuk mengembangkan search engine yang bernama Bing. Mesin pencari ini hadir setelah Microsoft mengembangkan beberapa sistem pencari lain seperti MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Kehadiran Bing tentunya untuk menyaingi saingan terbesar mereka, yaitu Google.

Walaupun mempunyai pengguna tidak lebih dari 10%, namun saat ini pangsa pasarnya sudah lebih besar daripada Yahoo. Meskipun Bing tidak sebesar Google, namun Bing terbukti masih bisa bertahan meski minim inovasi baru untuk memikat pengguna.

4. Yahoo! (4.06%)

Selanjutnya ada Yahoo! Yang menjadi salah satu asal mulanya gerbang terbukanya dunia teknologi informasi. Walaupun dulu peminatnya sangat banyak, yaitu sekitar tahun 2000-an, namun kini peminatnya perlahan mulai menghilang.

Padahal pada awalnya Yahoo! Menghadirkan banyak sekali fitur, seperti email, chat, dan program mesin pencarian. Sampai dengan saat ini Yahoo hanya menyisakan pangsa pasar sebesar 4.06%, meski begitu Yahoo! tetap ada sampai kini dan masih bisa kita akses.

Itulah pengertian search engine, beberapa fungsi dari search engine beserta search engine pling populer yang diakses hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu, search engine menjadi teknologi yang sangat berguna.

Tidak menutup kemungkinan, teknologi ini akan semakin berkembang dan menjadi lebih canggih ke depannya. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna hendaknya menggunakan teknologi pencarian ini dengan bijak dan sesuai kaidahnya.

Leave a comment