Apa Itu IGCSE? Inilah Tips Agar Sukses dalam Ujian IGCSE

Apa Itu IGCSE – Setiap orang tua tentu ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang bagus. Bahkan sebagian orang tua memilih menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah yang menawarkan kurikulum internasional. Kurikulum internasional dikenal dapat mengembangkan kreativitas siswa dan kemampuan untuk berpikir kritis.
Selain itu, kurikulum internasional juga dapat memudahkan siswa untuk melanjutkan pendidikan di universitas-universitas populer di dunia. Ada beragam jenis kurikulum internasional, salah satunya adalah IGCSE. Simak apa itu IGCSE dan kegunaan sertifikat IGCSE berikut ini.

Apa Itu IGCSE?

IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) adalah ijazah akademis internasional yang khusus menilai mata pelajaran tertentu yang diperoleh melalui ujian kualifikasi untuk siswa sekolah menengah yang berusia 14 hingga 16 tahun. Kurikulum IGCSE yang dikembangkan oleh Cambridge International Examination (CIE) ini, telah digunakan lebih dari 125 negara.

Sistem pembelajaran IGCSE mendorong siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu dan mengajarkan pengetahuan-pengetahuan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kurikulum IGCSE berfokus untuk menawarkan pilihan pada siswa dengan berbagai kemampuan, termasuk siswa yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris.

Kurikulum IGCSE menggunakan bahasa Inggris dalam aktivitas pembelajarannya. Ada lebih dari 70 subyek yang dapat dipilih siswa dan siswa dapat fokus ke subyek yang dipilih. Subyek yang paling wajib dipelajari adalah bahasa Inggris, matematika, dan sains. Kurikulum IGCSE memungkinkan siswa untuk mengambil 5 mata pelajaran hingga 14 mata pelajaran.

Kurikulum inti pada IGCSE umumnya terdiri dari bahasa pertama, bahasa kedua, matematika, sains atau siswa bisa memilih mata pelajaran ilmu sosial hingga seni dan teknologi. Ujian IGCSE umumnya digunakan sebagai prasyarat siswa dalam melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, seperti AS Level, A Level dan program diploma IB.

Kegunaan Sertifikat IGCSE

Sebagian sekolah internasional yang telah memiliki lisensi IGCSE di Indonesia, mengadakan ujian IGCSE dan memberikan sertifikat pada siswa yang lulus ujian tersebut. Sertifikat IGCSE dapat digunakan untuk memenuhi syarat masuk universitas di luar negeri. Berikut ini kegunaan sertifikat IGCSE lainnya:

• Mendapatkan peluang lebih baik untuk mendaftar di universitas di dalam negeri maupun di luar neger.
• Dapat memangkas waktu belajar di institusi pendidikan formal jika siswa ingin melanjutkan pendidikan di institusi luar negeri. Namun, jika siswa ingin melanjutkan pendidikan di institusi dalam negeri, siswa sebaiknya tetap memiliki ijazah nasional.
• Memberikan peluang karir yang lebih baik.
• Lulus tes bahasa Inggris untuk belajar di negara-negara yang berbahasa Inggris.
Siswa yang memiliki sertifikat IGCSE dengan nilai minimal B umumnya tidak perlu lagi mengikuti TOEFL/IELTS.

Sistem Ujian IGCSE

Ujian IGCSE diadakan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan November. Secara umum, peserta minimal mengambil 4 mata ujian yang diujikan dalam beberapa kategori:

• Paper 1
Tes ini berisi 40 soal pilihan ganda untuk tingkat dasar (core)

• Paper 2
Tes ini berisi 40 soal pilihan ganda untuk tingkat lanjutan (extended)

• Paper 3
Tes ini berisi 10-20 soal pertanyaan terstruktur yang bervariasi berdasarkan subyeknya, untuk tingkat dasar (core).

• Paper 4
Tes ini berisi 10-20 soal pertanyaan terstruktur yang bervariasi berdasarkan subyeknya, untuk tingkat lanjutan (extended).
Sementara paper tambahan hanya untuk mata ujian yang membutuhkan percobaan, misalnya subyek Sains.

Sistem Penilaian IGCSE

Sistem penilaian IGCSE menggunakan 8 skala poin, mulai dari A* hingga G, serta U yang artinya Ungraded atau tidak lulus. Berikut ini sistem penilaian IGCSE:
• A*= 90 – 100
• A = 80- 89
• B = 70-79
• C = 60-69
• D = 50-59
• E = 40 – 49
• F = 30-39
• G = 20-29

Tips Agar Sukses Ujian IGCSE

IGCSE memberikan kebebasan pada siswa untuk memilih subyek atau mata pelajaran yang diinginkan siswa. Siswa dapat memilih mata pelajaran yang sesuai dengan rencana pendidikan selanjutnya ataupun tujuan karir yang diinginkan.

Agar siswa dapat lulus ujian IGCSE dengan nilai yang bagus, siswa bisa mengikuti kursus persiapan IGCSE di Westwood Prep. Westwood Prep adalah tempat kursus yang cocok untuk persiapan IGCSE / O’LEVEL yang memberikan pemahaman lebih dari latihan standar.

Program persiapan IGCSE di Westwood Prep tidak hanya berfokus pada bagian akademis saja tetapi juga mengembangkan keterampilan belajar siswa dan berbagai trik yang spesifik untuk menghadapi ujian IGCSE.

Leave a comment