Apa Itu Copywriting? Copywriting Adalah Teknik Menulis yang Harus Kamu Tahu

Tahukah kamu apa itu copywriting? Copywriting memiliki peranan penting dalam kegiatan periklanan dan pemasaran suatu produk. Bahkan, kamu bisa menghasilkan uang dari hasil mengetik ini. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari copywriting. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seorang copywriter, pahami dulu apa itu copywriting dan contoh-contoh copywriting berikut ini.

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah sebuah teknik untuk menulis teks dengan tujuan membujuk pembaca untuk memberikan respon sesuai yang kamu inginkan. Copywriting menghasilkan produk yang disebut dengan ‘copy’ atau salinan. Copy ini berwujud tulisan yang berada di dalam website maupun iklan dan apapun yang menggunakan media tulisan, yang dibuat agar pembaca mulai melakukan sesuai yang kamu target.

Misalnya saja kamu menargetkan pembaca untuk membeli, mendaftar, mengingat atau melakukan tujuan lain yang kamu inginkan dari tulisan kamu. Copywriting menjadi bagian penting dari periklanan dan pemasaran karena copywriting dapat membantu meningkatkan kesadaran suatu merek.

Kebanyakan blogger, marketing, dan pemilik usaha menggunakan copywriting untuk menjangkau pembaca atau target pasar yang lebih luas. Peran copywriting dalam bisnis online ini sama halnya dengan salesman untuk menarik calon pembeli pada produk yang dijual.

Seseorang yang melakukan copywriting disebut sebagai copywriter. Saat ini copywriter menjadi salah satu profesi yang bisa menghasilkan banyak uang. Tugas-tugas copywriter mencakup membuat skrip untuk iklan radio atau televisi, katalog, brosur, jingle, iklan, slogan, postingan media sosial, serta copywriting yang berkaitan dengan periklanan dan pemasaran.

Jenis-Jenis Copywriting

Ada beberapa jenis copywriting berdasarkan media atau tempat mempublikasikan tulisan copywriting, diantaranya yaitu:

• Copywriting Internet

Semakin berkembangnya internet, mendorong perkembangan konten-konten copywriting dalam berbagai halaman website. Tulisan-tulisan copywriting tidak hanya digunakan pada blog dan web saja, tetapi juga pada email, media sosial, serta berbagai komunikasi elektronik lainnya.

• Copywriting Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau optimisasi mesin pencari bertujuan untuk menaikkan peringkat suatu situs agar bisa berada di halaman utama pencarian pada mesin pencari, salah satunya adalah Google. Optimisasi mesin pencari dengan copywriting ini meliputi pengulangan dan penempatan kata kunci atau keyword pada halaman situs web.

• Copywriting Buku

Tulisan copywriting pada buku biasanya berada sampul belakang sebelah luar buku yang berisi ringkasan singkat mengenai isi buku. Selain itu, copywriting buku juga dapat ditemukan pada katalog penerbit.

Teknik dan Contoh Copywriting

Di dalam periklanan, pemasaran, serta penjualan produk tentu saja diperlukan kata-kata yang dapat menarik konsumen. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan penjualan produk. Nah, untuk dapat membuat kalimat copywriting yang menarik, perhatikan beberapa teknik serta contoh copywriting berikut ini.

1. Copywriting dengan Storytelling

Storytelling atau cerita dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. Storytelling copywriting adalah teknik storytelling yang bertujuan untuk mengajak pembaca menyadari keberadaan produk dan memberikan perhatian lebih pada produk kamu.

Teknik copywriting ini bukan sekedar menjual suatu produk tetapi juga memberikan edukasi, membentuk crowd, serta melakukan publikasi. Sehingga bisa menarik perhatian pembaca, dan yang paling penting pembaca merasa tertarik dengan cerita yang dibuat oleh seorang copywriter.

Cerita yang bisa diterima bukan hanya karena topik menarik tetapi bahasa dan penyampaiannya harus juga lugas dan mudah dimengerti. Seorang copywriter harus memahami teknik storytelling yang baik agar dapat membuat konten yang bagus untuk memasarkan suatu produk.

Kamu dapat menemukan storytelling pada landing page, atau video-video pendek. Untuk dapat membuat storytelling yang bagus, cara-caranya yaitu:

• Menentukan tujuan dan target konsumen
• Menentukan tema yang dekat dengan konsumen
• Membuat struktur cerita yang dapat menggugah perasaan
• Menggunakan bahasa yang menarik
• Cerita yang dibuat mencerminkan permasalahan yang dialami pembaca
• Melengkapi dengan gambar ataupun video untuk mendukung cerita

Nah, berikut ini contoh copywriting storytelling:

“Di jaman sekarang perawatan wajah atau tubuh sudah menjadi bagian dari diri wanita, siapa sih yang nggak tau istilah skincare. Rata-rata semua wanita telah menggunakannya sebagai bentuk perawatan diri atau menjaga diri. Namun masalah tidak langsung hilang begitu saja, atau perawatan itu tidak berjalan mulus sesuai ekspetasi.

Banyak perawatan wajah yang disebut skincare itu mengandung alkohol yang berlebih dan ketergantungan sehingga jika kita tidak memakai produk itu lagi kulit kita akan kembali lagi dalam keadaan semula atau bahkan lebih buruk. Ada juga skincare yang tidak cocok untuk kulit sensitif.

Sudah banyak keluhan dari para konsumen atau wanita yang memakai skincare seperti ini, mereka bahkan trauma untuk mencoba memakai skincare lagi. Untuk mengatasi berbagai masalah yang dikeluhkan, kami menciptakan inovasi (sebut aja produk kamu). Nah, produk skincare kami ini bisa mengatasi semua masalah tersebut.

Bahan yang digunakan oleh skincare ini tidak mengandung alkohol, tidak menyebabkan ketergantungan, dan tentunya aman bagi semua jenis kulit. Produk ini sudah terdaftar di BPOM dan telah melalui sertifikasi halal. Sudah banyak orang membuktikan dan memberikan testimoni yang bagus. Bagi yang masih trauma dengan skincare-skincare lain, yuk waktunya move on. Cobain produk skincare kami dan buktikan sendiri hasilnya.”

2. Copywriting Sederhana

Teknik dasar dalam menulis copywriting yang efektif adalah memperkenalkan produk tanpa tipu muslihat. Umumnya copywriting ini lebih menekankan pada presentasi sederhana dari fakta dan manfaatnya. Contoh copywriting ini bisa kamu lihat pada halaman google analytic.

Copywriting semacam ini secara efektif menyampaikan pesan/ informasi dengan baik. Copy ini akan memberi informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat tentang suatu produk.

Masih banyak contoh copywriting yang belum dijabarkan tapi intinya sama, copywriting adalah sebuah karya yang membutuhkan kreatifitas, jiwa seni, dan penguasaan materi yang baik. Dengan begitu sesuatu yang kita targetkan terhadap pembaca bisa tercapai maksimal.

Leave a comment