Aktuaria Adalah, Program Studi Langka yang Jarang Diketahui

Aktuaria Adalah – Mungkin banyak yang belum tahu bahwa selain jurusan kuliah populer seperti manajemen, kedokteran, pertanian, pendidikan, maupun sastra, terdapat satu jurusan yang belum banyak diketahui orang. Jurusan tersebut adalah jurusan aktuaria yang berdasar pada ilmu matematika.

Jurusan ini memang belum banyak diketahui orang karena pada umumnya para pelajar akan mengambil jurusan yang sudah populer yang dinilai berpotensi terhadap masa depan yang cerah nantinya. Meskipun jurusan aktuaria tidak sepopuler jurusan lainnya dan masih asing di mata masyarakat, jurusan ini justru menjadi salah satu jurusan kuliah yang memiliki banyak peminat di luar negeri.

Hal ini dikarenakan jurusan ini memiliki prospek dan potensi yang bagus seteleh mahasiswanya lulus dari jurusan aktuaria. Bahkan setelah menjadi aktuaris nantinya, profesi ini menjadi profesi elit yang banyak dicari karena gajinya besar. Lalu, apa itu aktuaria?

Pengertian Aktuaria

Jurusan aktuaria ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan mata pelajaran matematika. Aktuaria adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan resiko keuangan di masa yang akan datang atau dikenal dengan asuransi. Sehingga ilmu aktuaria ini banyak disebut sebagai “Matematika Asuransi”.

Setelah lulus dari jurusan ini dan menjadi seorang aktuaris, diharapkan para lulusan dapat menjadi ahli madya asuransi yang ahli dalam bidang profesi perencanaan keuangan personal dan administrasi asuransi.

Para mahasiswa aktuaria akan mendapatkan ilmu kombinasi antara statistika, matematika, keuangan, peluang, dan pemrograman komputer. Berikut ini beberapa mata kuliah yang akan mahasiswa aktuaria dapatkan selama kuliah jurusan ini:

• Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria
• Demografi dan Penyajian Tabel Mortalita
• Dasar-dasar Kalkulus
• Manajemen Risiko dan Reasuransi
• Manajemen Klaim
• Manajemen Asuransi Jiwa
• Hukum Asuransi
• Matematika Keuangan
• Matematika Dana Pensiun
• Matematika Asuransi Jiwa
• SDM Dalam Industri Asuransi
• Probabilita Statistika
• Operasional Asuransi Jiwa dan Kesehatan
• Praktik dan Simulasi Aktuaria

Bagi Anda yang memiliki karakter pelajar yang tekun, teliti, detail, rasional, terstruktur, senang berhitung, senang menganalisis, dan senang memecahkan masalah, maka jurusan ini patut Anda perhitungkan untuk dipilih.

Prospek Karir Setelah Lulus Jurusan Aktuaria

Sesuai dengan bidang dan mata pelajaran yang ditekuni mahasiswa aktuaria, peluang karir seorang lulusan aktuaria adalah bekerja pada bidang asuransi dan keuangan. Seorang aktuaris akan banyak mengurus hal-hal atau pekerjaan yang berkaitan dengan manajemen resiko, bencana, kebakaran, tunjangan karyawan seperti tunjangan hari raya dan tunjangan anak, pesangon, tunjangan pendidikan, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa.

Jurusan aktuaria pun kini menjadi salah satu jurusan yang berprospek bagus di Indonesia karena pemerintah mulai kritis terhadap profesi aktuaris. Bahkan pemerintah pun mewajibkan agar setiap perusahaan asuransi memiliki paling tidak satu orang aktuaris. Faktanya, di lapangan justru lebih banyak bahkan hingga puluhan aktuaris yang dibutuhkan sebuah perusahaan asuransi.

Tidak hanya perusahaan asuransi yang membutuhkan jasa aktuaris, bahkan perusahaan non-asuransi pun tetap membutuhkannya khususnya untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan asuransi karyawan. Sayangnya, lulusan aktuaria di Indonesia masih tergolong sedikit dan bahkan terbilang kurang dari kebutuhan profesi aktuaris yang diperlukan perusahaan-perusahaan. Sehingga tidak menutup kemungkinan nantinya akan banyak aktuaris yang didatangkan dari luar negeri.

Jika Anda berminat mengambil jurusan aktuaria yang masih cukup asing namun berprospek bagus ini, Anda bisa mengambil beberapa pilihan profesi atau karir yang bisa Anda pilih seperti berikut ini:

• Surveyor risiko asuransi
• Penilai, pemeriksa, dan penyelidik klaim asuransi
• Aktuaris
• Agen penjualan asuransi
• Penaksir asuransi untuk kerusakan kendaraan
• Pemeriksa klaim, asuransi properti

Karena mahasiswa yang mengambil jurusan aktuaria ini masih terbilang langka, maka peluang Anda untuk bisa sukses berkarir di bidang ini tentu sangatlah besar. Hal ini mengingat belum banyak saingan yang bergerak dan terjun langsung di bidang aktuaria.

Selain itu, kampus yang menyediakan jurusan aktuaria pun sudah cukup banyak seperti President University, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Surya, dan Universitas Pelita Harapan

Persatuan Aktuaris Indonesia

Sama halnya dengan profesi lain seperti guru atau dokter yang memiliki persatuan, aktuaris pun memiliki persatuan yang dikenal dengan nama Persatuan Aktuaris Indonesia.

Aktuaris adalah seseorang yang berprofesi dan ahli dalam bidang probabilita dan statistika, teori matematika, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk diaplikasikan dalam penyelesaian perosanal aktual pada bisnis yang berhubungan dengan risiko. Hal-hal yang berkaitan dengan risiko bisnis seperti peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang, kapan peristiwa tersebut terjadi, dan berapa jumlah dana yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang mungkin bisa muncul tersebut.

Persatuan Aktuaris Indonesia atau PAI sendiri merupakan organisasi nasional yang menghimpun profesi aktuaris di seluruh Indonesia. PAI yang berdiri pada tanggal 19 Oktober 1964 ini kini telah memiliki 200 Ajun Aktuaris dan 180 Aktuaris.

PAI juga berperan sebagai organisasi yang menerbitkan pedoman untuk Standar Praktik Akuaria dan Kode Etik. Selain itu, PAI juga menerbitkan pedoman proses disiplin untuk menjamin pelaksanaan standar profesi dan kode etik yang telah dibuat.

Pada umumnya seorang aktuaris akan bekerja di perusahaan-perusahaan seperti konsultan aktuaria dan investasi, perusahaan asuransi, dan pengurusan dana pensiun. Selain itu, seorang aktuaris juga bisa merambah bidang lain yang berkaitan dengan pengelolaan resiko yang membutuhkan logika dan analisa yang kuat.

Selain mendalami ilmu aktuaria dengan berbagai bidang mata kuliah di jurusan aktuaria, seorang aktuaris juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini bertujuan agar aktuaris dapat membantu mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan ide aktuaria kepada non aktuaris.

Kebutuhan profesi aktuaris yang semakin meningkat mengkuti dinamika perekonomian global yang semakin memperhatikan unsur sosial, membuat jurusan aktuaria layak untuk diperhitungkan. Aktuaris harus banyak dilibatkan dalam pengelolaan resiko program untuk pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional dan pertumbuhan industri asuransi jiwa serta dana pensiun karyawan.

Contoh pekerjaan yang bisa dilakukan aktuaris seperti merancang produk asuransi, menghitung tingkat solvabilitas perusahaan, menentukan premi dan profitabilitas produk, menghitung nilai perusahaan, dan menjawab pertanyaan teknis Regulator.

Melihat prospek dan potensi masa depan jurusan aktuaria ini, sepertinya tidak salah jika nantinya Anda menjadikan jurusan ini sebagai jurusan kuliah. Asalkan karakter-karakter yang diperlukan oleh seorang aktuaris yang telah disebutkan di atas ada dalam diri Anda sehingga Anda pun tidak akan merasa salah jurusan.

Leave a comment