5 Universitas Tertua di Inggris

Universitas Tertua di Inggris – Belajar di unversitas tertua di Inggris tentu akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Saat kamu memasuki kampus universitas di Inggris, kamu akan merasa telah memasuki dongeng. Mengapa demikian?

Di samping arsitektur mewah dan gedung – gedung tua yang dimiliki universitas tertua di Inggris, kampus yang memikat dan fasilitas – fasilitas mahasiswa sangat luar biasa, serta semua fitur modern dan unik dari universitas – universitas Inggris memungkinkan kamu untuk terlibat dalam penelitian dan pengalaman pengajaran dan pembelajaran berkualitas tinggi.

Ada banyak institusi akademik berperingkat tertinggi di Inggris, seperti Universitas Oxford, Universitas Cambridge, Universitas Leeds, Universitas Edinburgh, dan Universitas Lancaster, menawarkan program Sarjana, Master, dan Ph.D terbaik di dunia.

Selain itu, kualitas universitas diakui secara internasional karena membawa siswa terbaik dan tercerdas pada kuliah dan kursus bergengsi yang diakui secara global. Mau tahu kampus mana saja yang menjadi universitas tertua di Inggris? Yuk kita simak informasinya berikut ini.

Universitas Tertua di Inggris

1. Universitas Oxford berdiri pada tahun 1096

Universitas Oxford menjadi salah satu universitas tertua dengan tradisi lama dan sejarah yang berabad – abad. Universitas Oxford memiliki bangunan dan fasilitas yang tersebar di seluruh pusat kota. Meskipun tidak ada tanggal dasar yang diketahui, pengajaran di Oxford dapat ditelusuri kembali pada tahun 1096.

Tokoh – tokoh terkenal alumni Universitas Oxford diantaranya Adam Smith, Margaret Thatcher, Bill Clinton, Oscar Wilde, Hugh Grant, J.R.R. Tolkien, dan Amal Clooney.

2. Universitas Cambridge berdiri pada tahun 1209

Universitas Cambridge merupakan universitas tertua di Inggris yang juga menjadi universitas terbaik di Inggris. Universitas yang didirikan pada tahun 1209 ini menjadi salah satu universitas bergengsi di dunia dengan riset publik dan penerbitan tertua serta pers universitas terbesar kedua di dunia.

Tokoh – tokoh terkenal alumni Universitas Cambridge diantaranya Stephen Hawking, Charles Darwin HRH Charles, dan Prince of Wales.

3. Universitas St. Andrews berdiri pada tahun 1410

Universitas St. Andrews merupakan universitas tertua di Skotlandia yang berdiri antara tahun 1410 – 1413. Universitas tertua di Inggris ini secara konsisten masuk dalam peringkat 100 besar universitas terbaik di dunia.

Tokoh – tokoh terkenal alumni Universitas St. Andrews diantaranya B. C. Forbes (pendiri majalah Forbes) dan Pangeran William serta istrinya Kate Middleton. John Harvard, pendiri universitas tertua di AS, Universitas Harvard, juga merupakan lulusan Cambridge.

4. Universitas Glasgow berdiri pada tahun 1451

Universitas Glasgow merupakan universitas tertua di Inggris yang dibangun pada tahun yang sama ketika Christopher Columbus lahir, yaitu tahun 1451. Universitas ini dulunya dikenal sebagai universitas riset publik yang awalnya mendidik siswa yang kaya.

Namun seiring perkembangannya, Universitas Glasgow diperluas dengan memberikan pendidikan bagi siswa kalangan menengah. Tokoh – tokoh terkenal alumni Universitas Glasgow diantaranya Adam Smith, Gerard Butler, dan John Logie Baird.

5. Universitas Aberdeen berdiri pada tahun 1495

Universitas Aberdeen merupakan salah satu universitas tertua di Inggris yang berada di kota Aberdeen, Skotlandia. Pada awalnya, universitas tertua di Inggris ini didirikan pada tahun 1495 sebagai King’s College, dan kemudian universitas ini bergabung pada tahun 1860 dengan Marischal College.

Universitas ini juga dikenal dengan “EXPLORATHON”, sebuah acara yang mempertemukan para siswa, murid, peneliti, dan anggota masyarakat untuk merayakan inovasi, penelitian dan pengembangan terbaik dari universitas – universitas Skotlandia.

Tokoh – tokoh terkenal alumni Universitas Aberdeen diantaranya aktor Glen (Game of Thrones) dan penulis Ali Smith.

Leave a comment